Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Contributor
3808


Sebagaimana dirangkum oleh Jawaban.com, ada begitu banyak peristiwa seputar persoalan kerukunan umat beragama yang terjadi sepanjang tahun 2017. Tapi dari sekian banyak persoalan itu, kita patut bersyukur karena diantaranya ada juga orang-orang yang tergerak melakukan aksi-aksi terpuji untuk merajut kembali hubungan yang sempat terkoyak antar umat beragama di Indonesia.

Aksi-aksi ini juga dianggap sebagai bagian dari dukungan masyarakat kepada program kerja Presiden Joko Widodo untuk menegakkan ideologi bangsa yang ber-Bhineka Tunggal Ika.

Berikut 4 aksi toleransi umat Beragama yang dihimpun dari berita nasional  Jawaban.com sepanjang tahun 2017.

1. Idul Fitri Jatuh di Hari Minggu, Gereja Ini Rela Tukar Jadwal Ibadah Minggunya


Bertepatan dengan perayaan hari besar keagamaan umat Muslim yang jatuh pada Minggu, 25 Juni 2017 lalu, Gereja Katedral Jakarta yang berseberangan dengan masjid Istiqlal memutuskan untuk mengganti jadwal ibadahnya. Kebijakan itu pun diambil sebagai bentuk sikap saling menghormati antar pemeluk agama yang merayakan hari kebesarannya.

Sementara pihak gereja pun memperbolehkan halamannya dipakai sebagai tempat parkir bagi jemaat yang akan menunaikan ibadah shalat Idul Fitri.

2. Ini Sungguh Meneduhkan Hati, Pemuda Lintas Agama di Cirebon Adakan Buka Puasa Bersama


Siapa kira kalau ternyata masih ada warga yang terdorong untuk menciptakan keharmonisan yang indah antarumat beragama. Momen puasa selama sebulan penuh bagi umat Muslim pun menjadi kenangan manis bagi pemuda lintas agama di Cirebon. Seperti diberitakan, saat bulan puasa tahun ini puluhan pemuda dari berbagai agama tampak berkumpul bersama untuk momen berbuka puasa di Gereja Kristen Protestan Baru Fajar Keagungan, Cirebon. Acara ini ternyata dihelat oleh Pemuda Perdamaian Cirebon. Mereka menyampaikan bahwa tujuan acara ini adalah untuk menyebarkan sikap toleran antarumat beragama dan mencegah radikalisasi di kalangan pelajar di Cirebon.

3. So Sweet! Biar Beda Agama Warga di Daerah Ini Ikut Bantu Evakuasi Gereja yang Roboh


Warga di sebuah kampung di Cilacap, Tasikmalaya juga menunjukkan contoh toleransi yang indah pasca bencana alam yang terjadi dan merobohkan gedung Gereja Kristus Rohani Indonesia (GKRI). Tanpa memandang agama, warga berbeda agama di sekitar gereja itu pun segera turun tangan membantu pihak gereja menyelamatkan barang-barang berharga yang tertindih reruntuhan gedung.

Rupanya, sikap gotong royong semacam ini memang sudah jadi tradisi di daerah tersebut. Warga mengaku bahwa biarpun berasal dari agama yang berbeda, tapi mereka tetap saling menghormati sebagai saudara.

4. Demi Perdamaian di Indonesia, Mahasiswa Kristen Sambangi Pondok Pesantren di Jawa Timur


Pada bulan Agustus silam, Gerekan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) melakukan Parade Kebangsaan yaitu semacam kunjungan kasih ke berbagai pondok pesantren yang ada di Jawa Timur. Salah satu pondok pesantren yang mereka sambangi adalah Pondok Pesantren Ngalah, K.H.M. Sholeh Bahruddin. Kegiatan ini pun dilakukan dengan tujuan untuk mendobrak sekat di dalam keberagaman agama di Indonesia dan berharap umat beragama bisa hidup dengan harmonis dan saling terbuka.

Ini mungkin adalah sebagian kecil aksi toleransi yang baru kita ketahui terjadi sepanjang tahun 2017 ini. Ada banyak aksi serupa yang mungkin dilakukan oleh sejumlah lembaga atau kelompok. Tentunya, kita patut bersyukur karena dengan aksi-aksi ini, perbedaan yang ada di Indonesia bisa dipandang sebagai sebuah keindahan yang tak seharusnya dicemari. 

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nita 10 December 2018 - 01:44:48

Kenapa susah tidur

0 Answer

Marcelina Mega 6 December 2018 - 22:53:44

Pacaran dengan sepupu

0 Answer

Roy Hendrawanto 4 December 2018 - 00:01:52

Solusi terbebas dari hutang kartu kredit

1 Answer


sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Febe Widyawati 29 November 2018 - 22:08:03
Saya mohon bantuan doanya supaya pergumulan saya t... more..

Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Banner Mitra Week 2


7226

advertise with us