7 Tips Aman Tinggalkan Rumah Selama Pulkam
Sumber: Daily Express

Marriage / 27 December 2017

Kalangan Sendiri

7 Tips Aman Tinggalkan Rumah Selama Pulkam

Lori Official Writer
3713
Pulang kampung (pulkam) sudah menjadi tradisi keluarga Indonesia selama libur akhir tahun. Pasalnya, saat pulkam selama liburan keluarga akan meninggalkan rumah, dan kemungkinan menjadi target empuk pelaku kriminalitas dan mungkin juga terjadinya kebakaran. Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, tips ini bisa membantu menenangkan hatimu selama meninggalkan rumah:

#1 Buat rumah seperti tidak sedang kosong

Selama pulkam, hindari hal-hal yang menunjukkan bahwa rumah tampak kosong, seperti lampu rumah yang terus menyala. Jadi, bila perlu pasang lampu otomatis menyala dan hidup dalam waktu yang diinginkan. Lalu, taruh sandal di luar rumah, agar pelaku kejahatan yakin rumah tidak kosong.

#2 Jangan tinggalkan barang-barang berharga

Saat pulkam, pastikan barang berharga tidak tersimpan di dalam rumah. Bila perlu bawa semua barang-barang mewahmu serta, seperti perhiasan emas dan uang kas. Sedang kendaraan yang kamu tinggalkan bisa dititip kepada tetangga atau orang terdekat yang tidak pulang kampung.

#3 Pastikan pintu dan jendela rumah tertutup rapat

Sebelum berangkat, pastikan kondisi setiap sudut rumah. Periksa jendela dan pintu-pintu yang ada, apakah sudah terkunci rapat atau belum. Jangan pernah menyimpan kunci cadangan di bawah keset atau pot bunga. Akan jauh lebih aman apabila dititipkan kepada tetangga.

Baca Juga : 5 Tips Ini Bantu Liburan Keluarga Anda Menjadi Lebih Berharga

#4 Matikan lampu-lampu yang tidak perlu

Jangan pernah lupa mematikan lampu atau aliran listrik yang mengalir di dalam rumah. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya arus pendek listrik penyebab kebakaran.

#5 Pasang CCTV kontrol di sekitar rumah

Kecanggihan teknologi bisa kamu manfaatkan untuk alat kontrol rumah. Pasanglah CCTV di sekitar pintu atau ruang tamu, bila perlu gunakan CCTV yang bisa dihubungkan dengan ponselmu. Alat ini bisa digunakan sebagai kontroler jarak jauh.

#6 Minta bantuan tetangga dan satpam kompleks

Beritahukan rencana keberangkatanmu ke tetangga, ketua RT, dan petugas keamanan komplek perumahanmu. Minta bantuan mereka menitipkan rumah dan memeriksa sekali-kali ke sekitar rumah.

#7 Tetap berdoa atas keamanan rumah

Bagaimanapun Tuhan adalah sumber perlindungan, jadi serahkan seluruh rencanamu dan bahkan juga rumah kepada Tuhan. Meminta agar menjauhkan niat-niat jahat orang lain terhadap rumah yang sedang kamu tinggalkan.

Baca Juga : Manfaat Liburan Keluarga Bagi Anak

Intinya, jangan pernah khawatir dengan apapun juga dan percayakan segala sesuatu ke dalam tangan Tuhan. Jangan biarkan rasa khawatir merengguk sukacita kamu selama liburan.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami