Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
1215


Keluarga adalah lingkungan pertama yang kita kenal di dunia ini. Sejak kecil, keluarga memberikan banyak pengaruh yang menjadikan kita seperti sekarang ini. Selain papa dan mama, adik atau kakak kita juga turut andil berpengaruh terhadap pribadi kita. 

Semua orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Namun, nggak semua anak bisa paham akan hal itu. Terkadang kita ngerasa kalau papa atau mama kita justru lebih perhatian terhadap kakak atau adik kita. Kalau kita udah punya pikiran seperti itu, nggak jarang lho hal ini menjadikan hubungan keluarga kita jadi retak. Kalau kita udah ngerasa papa atau mama pilih kasih sama kita, ini dia empat kondisi yang bisa kita lakukan dengan bijak. 

1. Cobalah untuk mengerti 

Pemikiran kalau orang tua kita pilih kasih bisa jadi cuma ada di pikiran kita aja. Karenanya, coba deh untuk mengerti situasi yang sedang terjadi. Misalnya aja ternyata orang tua kasih perhatian lebih ke adik kita karena memang mereka percaya kalau kita sebagai kakak tertua bisa bersikap dewasa dan lebih mandiri. Bisa juga pemikiran tersebut timbul karena kita yang terlalu sensitif atau cemburuan. 

Tindakan orang tua pasti beralasan, kok. Sambil mikirin semuanya, coba berserah kepada Tuhan. Doakan nama orang tua, adik atau kakak kita. Minta kepada Tuhan agar Dia hadir di tengah-tengah keluarga kita supaya sukacita terus tercurah dalam rumah kita. 

2. Speak up!

Salah satu kunci dalam sebuah hubungan adalah adanya komunikasi yang baik. Kalau kita ngerasa ada yang ngeganjel karena sikap orang tua yang pilih kasih, yuk ajak mereka buat ngobrol. Utarakan pelan-pelan dan ingat kalau tujuan ngobrol ini adalah untuk memperbaiki, bukan merusak. 

Mintalah tuntunan Roh Kudus saat hendak berbicara dengan orang tua agar apa yang kita utarakan tidak menyakiti pihak mana pun. Penting buat kita ngasih tahu ke mereka mengenai sikap mereka. Namanya manusia pasti nggak sempurna, kok. Kita berharap supaya orang tua kita dan kita bisa introspeksi menjadi pribadi yang lebih baik lagi di kemudian hari. 

3. kamu adalah anak Tuhan yang terkasih 

Orang tua pilih kasih seringkali bikin kita berpikiran kalau kita adalah sosok yang tidak berharga di mata kita. Orang tua boleh punya salah dengan kita, tapi ingatlah selalu jati diri kita sebagai orang Kristen, yaitu kita adalah anak-anak Allah yang terkasih. 

Pada Roma 8:39, “atau kuasa-kuasa, baik yang di atas maupun yang di bawah, ataupun sesuatu makhluk lain, tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam Kristus Yesus.” Mungkin sikap orang tua yang terlalu membanggakan kakak atau adik kita karena mereka belum melihat potensi yang ada di dalam diri kita. Namun ingatlah kalau Tuhan mengasihi kita bahkan sebelum kita lahir ke dalam dunia ini. 

Baca juga: Jangan Lewati Natal Begitu Saja, Jadikan 3 Alasan ini Untuk Ajak Orang Lain ke Gereja

4. Mengasihi adik atau kakak kita 

Kondisi seperti ini nggak jarang bikin kita membenci adik atau kakak kita yang selalu diperhatikan, dipuji-puji, dibanggakan di depan orang lain. Tetapi, kita diminta oleh Tuhan untuk mengasihi sesama kita. 

Bukannya kita benci terhadap adik atau kakak, kita harus belajar untuk mengasihi mereka. Menyalahkan mereka bukanlah solusi, malah justru menjadi salah satu kunci retaknya hubungan kita dengan mereka.

Melihat orang tua yang selalu membanding-bandingkan kita dengan saudara yang lebih sukses memang nggak nyaman. Bikin kita ngerasa nggak diakui dalam keluarga. Cuma, percaya deh kalau kita terus mengasihi mereka, lama kelamaan mereka akan luluh. Ingat selalu kalau kita ini adalah anak Allah, maka kita harus membuat orang lain bisa merasakan kehadiran Allah dalam diri kita. 


Sumber : jawaban.com/gogirl

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Rinanda Damanik 20 September 2018 - 23:46:41

Syalom saat ini saya sangar butuh dukungan doa, Tu.. more..

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 19:10:16

dampak jika bertanggung jawab?

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 16:10:19

mufiz itu siapai

0 Answer


Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Banner Mitra Week  3


7195

advertise with us