Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta Destria

Official Writer
968


Ada banyak orang yang mengatakan bahwa Natal adalah bulan sukacita karena kita merayakan kelahiran Sang Penebus. Perayaan Natal rasanya nggak lengkap kalau belum mendekor ruangan dengan warna khas Natal merah atau hijau. Selanjutnya, menghias pohon Natal adalah kegiatan yang paling ditunggu-tunggu. 

Ketika masih kecil, saya dan adik sering berebutan untuk bisa menaruh bintang yang ditempatkan di paling atas pohon Natal atau dikenal dengan bintang timur. Suatu hari adik saya bertanya, “kenapa sih harus ada pohon Natal? Darimana datangnya pohon Natal?” Satu keluarga terdiam. Saya mencoba untuk mencari tahu sedikit mengenai pohon Natal. 

Mungkin ada banyak orang juga yang bertanya mengenai kenapa harus ada pohon Natal yang ikut memeriahkan Natal. Namun, sejarah tidak mencatat persisnya kapan pohon Natal mulai dikenal. Pohon Natal adalah jenis pohon Den yang melambangkan kekekalan atau keabadian. 

Di Eropa, pohon Den dapat bertahan di empat musim, yaitu musim semi, musim panas, musim gugur hingga musim dingin. Ketika pohon lain mengalami perubahan sesuai dengan iklim seperti tidak berdaun ketika musim dingin tiba, mulai bertunas ketika musim semi, mulai berbunga pada musim panas, atau daunnya berguguran ketika musim gugur tiba. 

Pohon Den tetap hijau selama empat musim tersebut. Karenanya pohon Natal adalah simbol kekekalan di tengah tidak kekalnya pohon-pohon lain yang mengalami perubahan pada musim-musim tertentu. Kemudian inilah yang membawa pohon ini sebagai lambang bahwa kebenaran yang Tuhan Yesus ajarkan adalah kekal dan abadi di tengah-tengah dunia yang tidak kekal dan berubah-ubah. 

Sebagai manusia, kita juga sering diterpa oleh berbagai musim ekstrim, yaitu masalah. Entah itu jeratan hutang, pendidikan yang terhenti karena biaya, sakit penyakit, iri, dengki, dan lain sebagainya. Kita merasa bahwa kita tidak bisa berbuat apa-apa. Namun, Tuhan meminta kita untuk menjadi pribadi yang kokoh. 

Kita semua tahu kalau hal memikul salib bukanlah perkara yang mudah. Setiap musim yang dialami oleh pohon Den, sama seperti kita menghadapi kesukaran. Namun, kita diajarkan oleh Yesus bagaimana kita bisa tetap bertekun dalam doa dan memperoleh keberanian melalui kesukaran. 

Baca juga: Kayak Pegawai Yang menerapkan Nilai Customer Fokus, Tuhan Mau Kita Melayani Tanpa Pamrih

Lalu, bagaimanakah sikap kita untuk tetap kuat berdiri di tengah ekstrimnya musim-musim yang berganti? Pada 1 Petrus 21-24 memberikan teladan mengenai bagaimana Tuhan Yesus memberikan teladan untuk kita semua. 

Untuk menjadi seorang Kristen, kita perlu tahu sikap dan teladan Yesus. Bagaimanakah Yesus mengatasi pencobaan dalam hidupnya? Ayat 23: “… tetapi Ia menyerahkannya kepada Dia, yang menghakimi dengan adil.” Bahkan Yesus yang adalah Anak Allah, berserah kepada Allah Bapa atas segala yang terjadi dalam hidupnya. 

Yesus percaya bahwa Allah Bapa memiliki rencana untuk semua kesukaran yang Ia alami. Jika dibandingkan dengan janji Tuhan yang indah di surga nanti, maka musim-musim yang kita hadapi saat ini tidaklah berarti apapun. 


Sumber : jawaban.com/kristenalkitabiah

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Bagus Prastio 19 January 2018 - 11:55:57

apakah karyawan wajib mengeluarkan iuran yg di min.. more..

1 Answer

Theresia Prichilia O. Kaurow 18 January 2018 - 22:55:27

Kenapa kok kita harus mengaku dosa kepada manusia?

1 Answer

Fall Rori 17 January 2018 - 19:48:30

Pengertian roh kudus

1 Answer


Seprina R.S.Aritonang 18 January 2018 - 21:47:05
Aku ingin berdoa supaya Tuhan jamah hatiku untuk s... more..

Jayesthu Julianto Basar 18 January 2018 - 20:28:33
Doakan keluarga kami (chairul sekeluarga, yeti se... more..

irene gunawan 18 January 2018 - 01:23:40
Mohon bantuan doanya.. Dulu saya pernah mengalami... more..

Eliseo hizkia 9 January 2018 - 20:09:12
Saya Pribadi sudah merasa begitu lelah menghadapi ... more..

Banner Mitra Week 2


7358

advertise with us