Wow! Nggak Banyak Yang Tahu, 3 Manfaat Jeruk Nipis Ini Bikin Geleng-geleng
Sumber: https://2.bp.blogspot.com/--EAcSgd94Jg/V

Health / 24 December 2017

Kalangan Sendiri

Wow! Nggak Banyak Yang Tahu, 3 Manfaat Jeruk Nipis Ini Bikin Geleng-geleng

Inta Official Writer
41327

Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang mudah ditemukan di sekitar kita. Selama ini kita tahu kalau jeruk nipis merupakan bahan pelengkap yang ada di soto, rawon, atau campuran sambal. Ada juga sih yang memilih mengonsumsi jeruk nipis dengan cara diperas dan diminum. 

Jeruk nipis mengandung banyak manfaat, seperti mengurangi resiko kanker karena kandungan zat antioksidan yang terkandung di dalamnya. Kandungan vitamin C yang melimpah pada jeruk nipis juga membuat tubuh dapat meningkatkan sistem imun tubuh. 

Dibalik banyaknya manfaat jeruk nipis, ada satu manfaat yang belum banyak diketahui orang lain, yaitu jeruk nipis dapat membantu kita dalam menurunkan berat badan. Yuk simak ulasannya di bawah ini. 

1. Membantu proses pembakaran lemak 


Menurut Journal of American College of Nutrition, mereka yang mengonsumsi banyak vitamin C mampu membakar lemak hingga 30% lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang membatasi asupan kalori setiap hari. Vitamin C memiliki peran penting untuk membantu tubuh dalam memecah lemak. 

Ketika kita berolahraga, tubuh akan kehilangan banyak cairan. Air yang telah tercampur dengan perasan jeruk nipis akan mengembalikan cairan dalam tubuh dibandingkan jika kita hanya minum air putih. 

Karena itu, cobalah untuk membekali diri dengan perasan jeruk nipis yang sudah dilarutkan dengan air dingin. Air dingin dapat dengan mudah diserap oleh tubuh sehingga dapat mengatasi dehidrasi lebih cepat. Jika dikonsumsi tanpa pemanis, segelas air jeruk nipis hanya mengandung 22 kalori.

Baca juga: Buat Kamu Yang Punya Kulit Kering, 5 Makanan Ini Akan Menjaga Kulit Agar Tetap Lembab

2. Mempercepat metabolisme tubuh 


Buat kamu yang sedang menjaga pola makan karena menginginkan bentuk tubuh yang proporsional, maka jeruk nipis menjadi pilihan yang tepat. Hal ini disebabkan karena jeruk nipis dapat mempercepat metabolisme tubuh ketika dikonsumsi. Hal ini disebabkan karena jeruk nipis memiliki kandungan asam yang dapat memperlancar proses pencernaan di perut, memperlancar metabolisme tubuh dan sebagai detoksifikasi. 

3. Mengurangi penyerapan gula dalam tubuh 


Seperti yang kita tahu, kandungan gula berlebih pada tubuh dapat membuat berat badan naik dengan cepat. Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang membantu mengurangi penyerapan gula dari makanan yang kita konsumsi. Darah yang mengandung kadar gula yang terlalu tinggi dapat menyebabkan rasa lapar yang berlebih. Hal inilah yang membuat kita kesulitan dalam mengontrol nafsu makan kita. 

Penting untuk diketahui bahwa walaupun jeruk nipis dapat membantu kita untuk menurunkan berat badan, namun jika tidak dipadukan dengan makanan sehat lainnya, maka hasilnya akan sama saja. Jika kita adalah seorang yang memiliki riwayat penyakit maag, ada baiknya untuk menghindari minum perasan jeruk nipis dalam keadaan perut kosong karena jeruk nipis mengandung asam yang cukup tinggi. 


Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami