Jika Kamu Sungguh Sayang Ibu, Kamu Pasti Akan Perlakukan Istrimu Seperti 3 Hal Ini!
Sumber: detik.com

Marriage / 22 December 2017

Kalangan Sendiri

Jika Kamu Sungguh Sayang Ibu, Kamu Pasti Akan Perlakukan Istrimu Seperti 3 Hal Ini!

Budhi Marpaung Official Writer
3032

Selain Natal, ada satu peristiwa penting lain yang diperingati tidak hanya orang Kristen tetapi penganut setiap agama di Indonesia pada Desember ini. Apa itu? Iya, betul sekali peringatan yang dimaksud adalah Hari Ibu.

Dalam momen ini biasanya seorang anak akan menunjukkan rasa terima kasihnya kepada ibu, mama yang telah melahirkan, merawat dan membesarkannya. Ada yang memberikan coklat, bunga, atau pun pesan singkat sarat makna. Intinya pemberian kita ini adalah tanda kasih sayang kepada sang ibu.

Sesungguhnya perlakuan yang kita tunjukkan kepada ibu atau pun ibu mertua kita, layak juga diterima oleh pasangan kita. Bukan barang atau hadiah-hadiah, tetapi 3 hal berikut sudah lebih dari cukup untuk menunjukkan betapa kita mengasihi istri kita.

1. Menghargai Pendapatnya


Suami memang adalah pemimpin di dalam rumah tangga. Alkitab pun dengan jelas mencatatkan hal ini.

“Tetapi aku mau, supaya kamu mengetahui hal ini, yaitu Kepala dari tiap-tiap laki-laki ialah Kristus, kepala dari perempuan ialah laki-laki dan Kepala dari Kristus ialah Allah.” (1 Korintus 11:3)

Meski mendapatkan amanat menjadi pemimpin, bukan berarti suami boleh berlaku otoriter (egois) dimana segala yang ada di rumah haruslah berdasarkan keinginan dan perintahnya. Sebagai pendamping, istri tetaplah punya hak untuk menyampaikan pendapatnya, usulannya.

Jika kita memang mengasihi istri, kita tidak bisa langsung mematahkan masukan yang diberikan, apalagi menyepelekan. Bisa saja, inputan yang diberikan tepat dan patut dilaksanakan.

Membantah, mengolok-olok, merendahkan pendapat istri hanya akan justru melukai hatinya. Alkitab bahkan mencatat jika para suami tidak menghargai istri sebagaimana mestinya maka Tuhan memberikan ganjarannya.

“Demikian juga kamu, hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan isterimu, sebagai kaum yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu jangan terhalang.” (1 Petrus 3:7)

 

2. Membantunya Mengerjakan Pekerjaan Rumah Dengan Sukacita dan Tulus


(Sumber: drlinaman.com)

Seringkali karena melihat pengalaman-pengalaman di rumah kita saat bersama orangtua, kita menganggap bahwa segala hal yang berkaitan dengan kebersihan dan pemenuhan kebutuhan para anggota di rumah seperti makan dan minum adalah pekerjaan dari seorang istri/ibu. Padahal, itu tidak harus kaku seperti itu.

Apabila memungkinan untuk melakukan pekerjaan rumah setiap harinya maka lakukanlah. Tidak perlu merasa malu untuk mengepel, mencuci piring, ataupun menyapu. Justru dengan melakukannya maka istri merasa bahwa ia mendapatkan dukungan dari sang suami.

Ingat, bahwa mengasihi itu adalah kata kerja bukan kata sifat. Tindakan nyata kepada pasangan justru semakin menguatkan kata-kata kasih yang kita ungkapkan kepadanya. Pasangan kita pun akan meyakini hal itu.

“Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik.” (Ibrani 10:24)

 

3. Memujinya

Jika kita membaca kitab Kidung Agung maka sesungguhnya kita ditunjukkan bagaimana memuji itu sangat penting di dalam mengasihi. Sungguh aneh jika kita mengasihi tetapi kita tidak pernah memberikan kata-kata yang membuat pasangan berbunga-bunga.

Jangan takut bahwa pujian yang kamu senantiasa berikan nanti justru menjadi membosankan. Justru ketulusan yang kita tunjukkan dalam ucapan akan membuatnya merasa spesial bagi hidup kita.

Berikut adalah salah satu contoh kata pujian kepada istri sebagaimana ditulis kitab Kidung Agung:

“--Lihatlah, cantik engkau, manisku, sungguh cantik engkau, bagaikan merpati matamu.“ (Kidung Agung 1:15)

Baca juga: Esther Silalahi, Ibu yang Setia Rawat Dua Anaknya yang Derita Penyakit Mematikan

Dengan kita menyatakan kasih kita secara nyata kepada istri sesungguhnya kita menaati Tuhan. Kita mengikuti apa yang memang Tuhan perintahkan. Yakinlah, perintah-perintah-Nya adalah pasti baik untuk kehidupan kita.

Selamat memperingati Hari Ibu dan selamat mempraktikkan kasih kepada istri tercinta. Tuhan memberkati!

Sumber : Jawaban.Com
Halaman :
1

Ikuti Kami