Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta Destria

Official Writer
3540


Perkembangan jaman memang terlihat sangat pesat. Salah satu yang mulai terlihat adalah banyaknya orang yang mulai memilih untuk berinvestasi dibandingkan dengan menabung. Kalau dulu kita berpikir bahwa menabung hanya untuk mereka yang punya uang banyak, kini investasi bisa dibaarkan seharga uang makan siang, kok.

Ada banyak faktor mengapa orang-orang lebih memilih investasi dibandingkan dengan menabung. Salah satunya adalah jumlah bunga. Ketika kita menabung di bank, jumlah bunga bukannya memberi kita keuntungan, namun saldo kita justru terpotong setiap bulannya oleh biaya admin. Kemudian adanya resiko inflasi yang membuat nilai mata uang bisa menyusut. 

Secara singkat, investasi diartikan sebagai sebuah usaha untuk meningkatkan aset yang dimiliki yang diharapkan menghasilkan keuntungan berlipat di masa yang akan datang. Investasi cenderung menghasilkan keuntungan yang berlipat jika diprioritaskan untuk jangka panjang. Karenanya, kita perlu tahu waktu yang tepat untuk mencairkan uang yang terlah kita investasikan. 

Buat kamu yang nggak mau ketinggalan buat ikut berinvestasi, ini dia investasi yang bisa dimulai seharga uang makan siang alias tidak memerlukan uang yang besar. 

1. Valuta asing 

Mudah dan murah, itulah alasan mengapa orang memilih investasi dollar ini. Keuntungan yang kita dapat yaitu berdasarkan selisih antara harga beli dan harga jual dollar. Cara yang paling efektif untuk memperoleh keuntungan yang lumayan adalah dengan membeli dollar saat harga sedang turun dan menjualnya saat harga sedang naik. Kuncinya adalah kita harus lebih cermat dalam mengamati perkembangan nilai tukar dollar tersebut. 

2. Emas 

Investasi yang banyak digandrungi oleh kaum hawa, nih. Pasalnya, emas nggak cuma bikin wanita semakin terlihat cantik, namun harganya pun cenderung naik. Sejak jaman dahulu, investasi emas sudah banyak menjadi pilihan. Pasalnya, emas memiliki nilai yang lebih stabil dibandingan dengan jenis investasi lainnya jika ekonomi dunia sedang bergejolak. 

3. Reksadana 

Reksadana adalah investasi yang merupakan himpunan dana pemilik modal kemudian disalurkan ke berbagai instrumer investasi pasar modal. Investasi reksadana dikelola oleh manajer investasi. Sama seperti seorang investor, kita akan diberikan laporan investasi secara berkala. Cara untuk mendapatkan rekening pada investasi reksadana juga tergolong sangat mudah, cukup KTP dan rekening bank.

Sekarang giliran kita nih yang memilih mana jenis investasi yang cocok dengan pribadi kita. Kesimpulannya adalah nilai hasil dari investasi selain tergantung dari besarnya nilai investasi adalah panjangnya jangka waktu investasi. 

Baca juga: Stop Salahkan Diri Sendiri Terus! Ubah 4 Kebiasaan Ini Agar Kamu Bisa Nikmati Kesuksesan

Kesuksesan kita dalam berinvestasi juga sangat bergantung pada pengetahuan dan dasar-dasar investasi yang bisa mengarahkan kita pada jenis investasi yang tepat. 

Mulai sekarang Anda sudah mulai bisa merencanakan dan pilih investasi yang sesuai. Jangan terlena dengan pemasukan bulanan, alangkah lebih baik bila Anda bersiap sejak dini untuk menghadapi masalah keuangan yang mungkin terjadi di masa depan.


Sumber : dokudoku

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Bagus Prastio 19 January 2018 - 11:55:57

apakah karyawan wajib mengeluarkan iuran yg di min.. more..

1 Answer

Theresia Prichilia O. Kaurow 18 January 2018 - 22:55:27

Kenapa kok kita harus mengaku dosa kepada manusia?

1 Answer

Fall Rori 17 January 2018 - 19:48:30

Pengertian roh kudus

1 Answer


Seprina R.S.Aritonang 18 January 2018 - 21:47:05
Aku ingin berdoa supaya Tuhan jamah hatiku untuk s... more..

Jayesthu Julianto Basar 18 January 2018 - 20:28:33
Doakan keluarga kami (chairul sekeluarga, yeti se... more..

irene gunawan 18 January 2018 - 01:23:40
Mohon bantuan doanya.. Dulu saya pernah mengalami... more..

Eliseo hizkia 9 January 2018 - 20:09:12
Saya Pribadi sudah merasa begitu lelah menghadapi ... more..

Banner Mitra Week 2


7358

advertise with us