Jangan Dibiarkan! Atasi Radang Tenggorokan Dengan 5 Cara Sederhana Ini

Jangan Dibiarkan! Atasi Radang Tenggorokan Dengan 5 Cara Sederhana Ini

Inta Official Writer
4444

Siapa sih yang tidak pernah mengalami sakit atau radang tenggorokan? Terlebih kita yang tinggal di iklim tropis begini. Karena cuaca yang panas, kita jadi terus-terusan minum air dingin. Nggak kerasa kebiasaan ini justru membuat tenggorokan kita jadi nggak nyaman, kemudian nggak jarang kita terkena radang tenggorokan. 

Radang tenggorokan memang bikin nggak nyaman. Apalagi kalau sampai bikin suara kita serak, bahkan hilang. Agar radang tenggorokan nggak betah lama-lama mampir di tubuh kita, kita bisa mencoba cara sederhana seperti yang ada di bawah ini. 

1. Minumlah minuman yang hangat 


Cara yang paling mudah untuk menghilangkan radang tenggorokan adalah dengan minum air hangat. Selain air biasa, kita juga bisa menggantinya dengan teh hangat. Walaupun terdengar sangat sederhana, tapi langkah ini sulit untuk dilakukan.

Pasalnya radang tenggorokan membuat mulut rasanya terasa hangat. Kondisi inilah yang kemudian mendorong kita untuk memilih air es untuk meredakan tenggorokan yang panas tersebut. Kalau minum air hangat bikin mulut tersiksa, cobalah untuk banyak minum air mineral biasa. 

2. Hindari asap rokok, debu dan polusi


Asap rokok, debu dan polusi hanya akan membuat tenggorokan semakin gatal dan menyiksa. Terutama zat kimia yang ada pada rokok yang masuk lewat hidung atau mulut otomatis akan lewat tenggorokan akan memicu peradangan bertaham lebih lama. Gunakanlah masker untuk menutupi bagian mulut dan hidung ketika keluar ruangan. 

Baca juga: Buat Kamu Yang Punya Kulit Kering, 5 Makanan Ini Akan Menjaga Kulit Agar Tetap Lembab

3. Perbanyak istirahat


Gangguan tenggorokan adalah tanda bahwa tubuh sedang terkena bakteri atau virus tertentu. Tentu dong, buat kita yang fit cenderung punya sistem imun yang kuat. Boleh jadi sistem imun kita menurun karena kelelahan. 

Hindarilah kegiatan yang menguras tenaga berlebihan. Kemudian, konsumsilah bubur hangat, sup hangat atau kuah kaldu yang hangat agar tenggorokan lebih terasa nyaman. 

4. Konsumsi madu 


Memang tidak banyak diketahui oleh orang, namun WHO atau world health organization menyatakan kalau madu bisa meredakan radang tenggorokan. Madu mengandung lebih dari 181 nutrisi dan zat antioksidan, sekaligus berkhasiat sebagai antimikroba. Wow. Kalau kita mengonsumsi madu, nggak cuma radang tenggorokan yang reda, madu juga bisa membuat tubuh kita menjadi lebih bugar.

5. Berkumur air garam 


Dilansir dari Health, berkumur dengan air garam saat mengalami radang tenggorokan dapat mengurangi bengkak dan mencairkan lendir. Air garam juga dianggap mampu membilas bakteri dan berbagai penyebab iritasi lain yang membuat kita tidak nyaman saat menelan. 

Caranya pun sangat mudah, cukup melarutkan satu sendok garam dengan air hangat, kemudian kumur selama beberapa detik. Ulangi selama beberapa kali. Buat kita yang kurang suka asin, kita bisa mencampur larutan air garam dengan sedikit madu.

Selain menggunakan cara di atas, kita juga harus menjaga pola makan kita. Hindari makanan yang mengandung minyak, junk food atau makanan cepat saji. 



Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami