Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
534


Meskipun  kedengarannya sangat sepele, tapi faktanya telah banyak kasus bully terjadi pada anak-anak di lingkungan sekolah, tempat umum bahkan di lingkungan rumah, baik anak sebagai korban atau bahkan sebagai pelaku. Kasus bullying terberat bisa menganggu psikolog anak bahkan bisa berujung pada kematian lho.

Sebagai orang tua, kita harus mengetahui hal ini sejak dini dan mengatasinya. Tentu nggak satupun orangtua menginginkan jika anak-anaknya sampai mengalaminya bukan? Namun jika itu sudah terjadi, para orang tua sebaiknya mengambil cara untuk mengantisipasi supaya nggak terlalu berat bahkan sampai mengganggu psikologis sang anak.

Nah kami menuliskan beberapa langkah antisipasi jika bully menimpa anak kamu:

Dengarkan cerita anak dan percaya padanya


Jangan hanya sekedar mendengarkan, namun kamu harus benar-benar memerhatikan anak dengan seksama dan percayalah kepadanya. Hal itu baik dan juga membangun kepercayaan anak dan hubungan yang dekat dengan kamu sebagai orangtuanya.

Berterima kasihlah kepada anak karena telah memberitahukanya kepada kamu


Setelah mendengarkan anak dan memercayai apa yang dikatakannya, ucapkanlah terima kasih karena telah mempercayaimu dan memberitahukannya kepadamu. Kebanyakan anak-anak, takut memberitahukan kepada orangtua bahwa mereka dibully dengan alasan tertentu, misalnya takut dimarahi oleh orang tua.

Jangan lakukan hal demikian namun sebaliknya berterimakasih lah padanya.

Yakinkan kepada anak bahwa hal tersebut bukan kesalahannya dan katakan bahwa kamu akan menindaklanjuti jika anak sudah bercerita kepadamu.


Yap Ada banyak alasan mengapa anak kamu jadi korban bully-an Mungkin karena penampilan sang anak, karakter cupu sang anak, gaya rambut dan hal-hal lainnya. Biasanya bully-an terjadi karena hal-hal kecil yang nggak sesuai di mata teman-temannya.

Yakinkan anakmu bahwa dia nggak bersalah, tapi jangan juga menyalahkan para pelaku. Sebaiknya katakan saja bahwa anak kamu nggak salah, ajar dia merespon dengan kasih dan kamu juga akan menindak lanjuti setelah anak bicara kepada kamu kronologisnya.

Jika hal ini semakin parah, bicaralah kepada pihak sekolah dan cari tahu apa yang bisa mereka lakukan untuk membantu.

Cara ini akan membantu anak untuk terhindar dari pembully-an Sebaiknya lakukan ini sedini mungkin, supaya pihak sekolah bisa melakukan sesuatu untuk mengurangi bully sehingga nggak ada lagi korban yang sama di sekolah.

Teraturlah memeriksa keadaan anak, apakah yang sedang dia lakukan dan dukunglah aktivitas serta pertemanan anak.

Bukan berarti kamu harus berada di sampingnya 24 jam dan menyewa seseorang untuk memantau aktivitas anak kamu, tetapi teraturlah bertanya kepadanya dan berikan perhatian yang lebih. Seperti menanyakan kondisi belajarnya di sekolah, atau PR-nya. Dukunglah dia jika ingin hangout dengan teman-temannya dan jangan lupa pantau dengan bertanya ‘kemana’ dan beritahukan ‘pulangnya jam sekian.’

Nah demikian 5 langkah yang bisa kamu lakukan supaya anak kamu terhindar dari bully. Semoga artikel ini menginspirasi ya!

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nita 10 December 2018 - 01:44:48

Kenapa susah tidur

0 Answer

Marcelina Mega 6 December 2018 - 22:53:44

Pacaran dengan sepupu

0 Answer

Roy Hendrawanto 4 December 2018 - 00:01:52

Solusi terbebas dari hutang kartu kredit

1 Answer


sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Febe Widyawati 29 November 2018 - 22:08:03
Saya mohon bantuan doanya supaya pergumulan saya t... more..

Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Banner Mitra Week 2


7226

Superyouth