Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
1684


Sebuah hubungan itu memang gampang-gampang sulit. Ibarat sebuah pasir yang ada dalam genggaman tangan kita, semakin erat kita menggenggam, semakin banyak pula jumlah pasir yang berjatuhan.

Kondisi inilah yang sering kita hadapi ketika menjalin sebuah hubungan. Karena sudah terlanjur sayang, nggak sadar kita jadi pribadi yang lebih posesif, bahkan nggak jarang kita ngerasa insecure atau nggak nyaman kalau si dia jauh dari kita. 

Contohnya, kita maksa pasangan kita buat terus-terusan nemenin kita lewat chat padahal kita sendiri tahu kalau dirinya sedang sibuk dengan pekerjaannya. Kalau sudah begini, perasaan ini yang sebenarnya bikin kita ngerasa kecanduan dan berasa nggak bisa ngapa-ngapain kalau nggak ada dia. 

Kalau udah ngerasa begini, coba deh jalani 5 cara ini agar kita nggak kehilangan kemandirian kita. 

1. Ubah pola pikir 


Pola pikir atau mindset adalah salah satu yang paling penting dalam kehidupan kita. Terkadang, ketakutan akan kehilangan seseorang bikin kita caper alias cari perhatian lebih dari pasangan kita. Kepercayaan adalah fondasi bagi setiap hubungan. Mulai sekarang, coba tentukan pola pikir menuju sebuah hubungan yang sehat. 

2. Beri ruang buat masing-masing pribadi


Guna mendapatkan hubungan yang sehat, kita perlu memberikan ruang baik untuk kita maupun pasangan kita. Sebuah hubungan haruslah dilandasi dengan rasa menghargai satu sama lain. Kalau berpikir terus-terusan mengenai hubungan, maka salah satu dari kita pasti akan ada yang picang. Karenanya, cobalah untuk mendorong satu sama lain namun tetap berpikir mengenai diri masing-masing. 

3. Mengerjakan hobi 


Biasanya, orang yang sibuk cenderung jarang memikirkan orang lain karena terlalu sibuk dengan uruannya sendiri. Agar kita tidak 'kecanduan' atau ketergantungan dengan pasangan kita, cobalah untuk menyibukkan diri dengan hobi yang kita miliki.

Selain kita akan merasa senang ketika menjalaninya, kita juga nggak perlu ngerasa insecure walaupun dia jauh dari kita. Nggak perlu deh kita posesif-posesif lagi sama dia karena kita nggak harus nunggu setiap waktu buat dia ngabarin kita. 

4. Jangan terlalu berekspektasi 


Memang sih, pacaran bertujuan untuk menikah. Tapi kita juga perlu realistis kalau dia bukanlah sepenuhnya milik kita. Kita nggak bisa mengharapkan dia untuk ngasih waktunya 100% buat kita. Tentu dong, setiap orang pasti punya prioritasnya masing-masing. Kita harus bisa menjadi pribadi yang lebih mandiri, sehingga kita tidak menjadi 'kecanduan' dengan pasangan kita. Selain itu, kemandirian akan membawa kita menjadi pribadi yang lebih percaya diri. 

Baca juga: Iri Tanda Tak Mampu, Tapi Kalau Sudah Terlanjur, 4 Cara Ini Bisa Menjadi Jawabannya

5. Ciptakan batasan 


Buatlah batasan ketika menjalin sebuah hubungan. Kita pantas untuk diperlakukan sesuai dengan apa yang kita mau. Menjadikan pasangan kita sebagai orang penting nggak berarti bikin kita harus melakukan segalanya untuk dia. 

Memiliki seorang pasangan yang mengerti kita memang bikin nyaman. Namun hal ini nggak berarti kita harus bergantung segalanya dengan dia. Ingat lho, kalau Tuhan memang berkehendak kalau dia nggak sama kita, mau se-posesif apapun kita, sebaik apapun kita jaga hati dengan dia, maka hubungan kita tidak akan berjalan dengan baik. 

Sebagai orang percaya, kita harusnya bergantung pada Tuhan, bukan kepada manusia. Kita harus berserah mengenai hidup kita agar bisa hidup sesuai dengan kehendak-Nya. 


Sumber : boldsky

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Fir Daus 11 December 2018 - 09:14:14

sebutkan ukuran kertas yang bisa digunakan dalam m.. more..

0 Answer

Nita 10 December 2018 - 01:44:48

Kenapa susah tidur

1 Answer

Marcelina Mega 6 December 2018 - 22:53:44

Pacaran dengan sepupu

0 Answer


chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Febe Widyawati 29 November 2018 - 22:08:03
Saya mohon bantuan doanya supaya pergumulan saya t... more..

Banner Mitra Week 2


7229

Superyouth