Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
326


Kebanyakan orang yang terkena PHK nggak akan bisa berbuat apa-apa kecuali mereka cari tempat kerja yang baru supaya kondisi keuangannya bisa kembali stabil.

Lalu gimana kalau misalkan mereka nggak mendapat pekerjaan secepat yang mereka pikirkan? Jangan sampai berhutang, berikut tips gimana caranya mengatur keuangan ketika terkena PHK yang bisa kamu coba terapkan:

1.    Gunakan dana pesangon sebijak mungkin


Ketika kamu terkena PHK, untuk memenuhi kebutuhan hidup mungkin kamu akan bergantung kepada dana pesangon. Jumlah pesangon yang diterima karyawan PHK tentu berbeda-beda karena itu tergantung dari jumlah gaji dan masa waktu kamu di perusahaan tersebut.

Agar dana ini nggak habis gitu saja, sebaiknya kamu harus menggunakan sebijak mungkin. Gunakan dana tersebut tepat guna dan nggak boleh sembarangan. Agar lebih berkualitas, kamu bisa bikin daftar prioritas ketika kamu ingin berbelanja.

2. Utamakan bayar hutang


Dana pesangon memiliki prioritas utama yaitu memenuhi kebutuhan sehari-hari dan yang kedua adalah kewajiban bayar hutang. Kalau dana pesangon yang kamu dapat berjumlah besar, sebaiknya segera lunasi hutang lebih dulu. Kalau nggak, silahkan jual asset yang kamu miliki. Tetapi pastikan agar asset yang kamu jual nggak menganggu kehidupan keluarga kamu.

3.  Proteksi dana dan investasi



Kalau semua biaya sudah terlunasi dan terpenuhi maka sebaiknya sisa dana pesangon tersebut alokasikan ke investasi atau dibelikan asuransi. Memproteksi dana bisa dengan membeli asuransi kematian, sehingga ketika kamu meninggal, dana kamu masih bisa terlindungi dan bisa dinikmati oleh keluarga.

4.  Siapkan dana darurat


Menyiapkan dana darurat bisa dilakukan sebelum atau sesudah PHK. Tapi lebih baik usahakan sedini mungkin untuk menyiapkan dana darurat ini. Dana ini sangat membantu kamu ketika kamu ada masalah yang nggak diinginkaan dan benar-benar membutuhkan uang. Caranya sangat mudah, kamu cukup menabung atau menyisihkan dari pedapatan kamu.

5.   Mengubah gaya hidup


Ketika kamu di PHK, konsekuensinya adalah keluarga kamu harus rela mengubah gaya hidup dari biasanya. Jika biasanya sering pergi ke mall untuk berbelanja atau sekedar makan siang di restoran mahal, ke salon mahal untuk perawatan, dan lain sebagainya sebaiknya ubahlah kebiasaan tersebut ke sesuatu yang sederhana.

Misalnya makan siang dengan bekal dan memasak dirumah, kalau biasa pergi ke mall carilah harga yang diskonan, jika biasanya ke salon atau ke dokter mahal untuk perawatan cobalah untuk perawatan dirumah saja, kamu bisa kok menemukan produk-produk bagus dan nggak terlalu mahal untuk wajah kamu dan rambut kamu.

BACA JUGA :JIka Hal Ini Kamu Coba, Dijamin THRmu Nggak Akan Ludes Tanpa Makna

Nah, demikian 5 tips supaya nggak ngutang ketika di PHK. Bijaklah mengatur penghasilanmu dan tetaplah percaya bahwa sesulit apapun kondisi keuanganmu sekarang, Tuhan akan menolong karena Dia mengetahui segala keperluanmu.

Filipi 4:19: “ Dan Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaanNya dalam Kristus Yesus.”

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Bagus Prastio 19 January 2018 - 11:55:57

apakah karyawan wajib mengeluarkan iuran yg di min.. more..

1 Answer

Theresia Prichilia O. Kaurow 18 January 2018 - 22:55:27

Kenapa kok kita harus mengaku dosa kepada manusia?

1 Answer

Fall Rori 17 January 2018 - 19:48:30

Pengertian roh kudus

1 Answer


Seprina R.S.Aritonang 18 January 2018 - 21:47:05
Aku ingin berdoa supaya Tuhan jamah hatiku untuk s... more..

Jayesthu Julianto Basar 18 January 2018 - 20:28:33
Doakan keluarga kami (chairul sekeluarga, yeti se... more..

irene gunawan 18 January 2018 - 01:23:40
Mohon bantuan doanya.. Dulu saya pernah mengalami... more..

Eliseo hizkia 9 January 2018 - 20:09:12
Saya Pribadi sudah merasa begitu lelah menghadapi ... more..

Banner Mitra Week 2


7358

advertise with us