Kamu Harus Tahu, Inilah Makna Natal yang Sesungguhnya!
Kalangan Sendiri

Kamu Harus Tahu, Inilah Makna Natal yang Sesungguhnya!

Budhi Marpaung Official Writer
      6767

Lukas 2:11-12

Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud. Dan inilah tandanya bagimu: Kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan."

Bacaan Alkitab Setahun: [kitab]mazmu18[/kitab]; [kitab]ibran12[/kitab]; [kitab]0ayub13-14[/kitab]

Tidak ada lagu Natal yang lebih disukai daripada lagu "Away in a Manger." Dengan lirik yang mengungkapkan kasih yang sederhana untuk Tuhan Yesus dan percaya pada pemeliharaan setia-Nya, nyanyian pujian ini sangat menarik para orang muda dan yang tua. Lagu ini biasanya adalah salah satu lagu Natal pertama yang dipelajari di masa kanak-kanak; namun karena melodi yang menyenangkan dan pesan lembutnya, lagu ini terus diingat hingga sepanjang hidup orang-orang yang mendengarnya.


Untuk beberapa waktu judul lagu "Away in the Manger" ditulis menjadi "Himne Buaian Luther." Hal itu dianggap telah ditulis oleh Martin Luther untuk anak-anaknya dan kemudian diwariskan oleh ibu-ibu di Jerman. Namun, penelitian modern mengabaikan klaim ini. Stanza satu dan dua lagu ini pertama kali muncul di Buku Little Children yang diterbitkan di Philadelphia pada 1885. Sementara, stanza ketiga ditulis oleh seorang pendeta Methodist, John T. McFarland, pada awal 1900-an. Ketika itu gereja dimana McFarland melayani sedang membutuhkan stanza tambahan di lagu ini agar bisa digunakan pada suatu program sekolah minggu.

Betapa pentingnya kita meluangkan waktu untuk membantu anak-anak kita melihat melampaui gemerlapnya musim Natal dan mengajarkan mereka arti sebenarnya dari kelahiran Kristus. Cerita paling mendebarkan yang pernah diketahui manusia sesungguhnya dimulai di Bethlehem yakni pada hari Natal.

Baca Juga: Soal Natalan di Lapangan Monas, Pdt. Gomar Gultom: Nuansa Politik Sangat Kental

Untuk semakin meresapi pesan yang terkandung di lagu Away In Manger, berikut lirik lengkap lagu tersebut (menurut versi Nyanyikanlah Kidung Baru / NKB):

Di dalam palungan tiada yang lain,

terbaringlah Yesus berbalutkan kain.

Bintang-Nya di langit mengkilap terang

dan Yesus tertidur lelap dan tenang.

 

Ternak bersuara membangunkan-Nya,

tetapi Sang Bayi tiada resah.

Ya Yesus, sekarang hatiku tent'ram,

Engkaulah Temanku di malam kelam.

 

Ya Yesus, Tuhanku, dengar doaku:

Tetaplah sertaku dengan kasih-Mu.

Semua anak-Mu berilah berkat

dan hidup serta-Mu di sorga kelak.

 

Kutipan dari Amazing Grace: 366 Inspiring Hymn Stories for Daily Devotions, hak cipta © 1984 Kenneth W. Osbeck. Digunakan dengan izin.

 

Natal Ada Karena Allah Mengasihi Manusia. Ia Tidak Ingin Ada Satu pun Orang yang Percaya Kepada-Nya Binasa. Ia Mau Kita Semua Beroleh Hidup yang Kekal.

Ikuti Kami