Buat Moms, Asah Kecerdasan Anak Sejak Bayi Dengan 4 Tips Dibawah Ini Yuk!
Sumber: molto

Parenting / 13 December 2017

Kalangan Sendiri

Buat Moms, Asah Kecerdasan Anak Sejak Bayi Dengan 4 Tips Dibawah Ini Yuk!

Naomii Simbolon Official Writer
7439

Siapa sih yang nggak mau memiliki anak yang cerdas ? Tentu semua orang tua menginginkan hal ini bukan?

Ternyata kecerdasan anak bisa diasah sejak masih bayi lho. Jadi orangtua nggak usah menunggu sampai dia besar dulu. Lalu gimana sih caranya? Berikut beberapa tips yang dilansir dari family.com :

1.   Habiskan waktu bersama sang anak


Kadang kesibukan bikin orangtua jarang habiskan waktu dengan sang bayi. Dan nggak jarang orangtua menyewa baby sitter untuk membantunya untuk mengurus bayi. Kalau kamu salah satu orangtua yang demikian, kamu harus berani berkorban untuk mengasah anak menjadi cerdas kedepannya, salah satunya adalah dengan meninggalkan kesibukan kamu dan menghabiskan waktu yang banyak bersama sang bayi.

Habiskan waktunya dengannya, mulai dari mengganti popok hingga sering melakukan kontak mata yang akan membuat buah hati merasakan kontak dan aspek sosial.

2.  Jangan kira anak bayi belum bisa mengerti ceritamu


Yap! Ceritakanlah kegiatanmu sehari-hari kepada bayimu. Menurut beberapa ahli, menceritakan segala hal pada bayi dapat memicu proses dia belajar dan meningkatkan IQ nya, seperti membaca lho. Bahkan saat bayi, otak bayi juga bekerja untuk merekam cerita kamu sehingga nggak heran jika anak usia 6 bulan sangat mudah menangkap apa yang orangtuanya lakukan dan ucapkan.

3.   Tunjukkan ekspersi wajah dan suara-suara lucu


Yap! Dengan membuat dan menunjukkan ekspresi wajah yang lucu , kamu dapat membantu bayi untuk belajar berkomunikasi dan membaca emosi di wajah orang lain. Selain itu, suara tertawa juga merupakan salah satu langkah untuk menggembangkan rasa humor buat sang bayi.

4.   Keluarkan anak dari stroller


Ternyata terlalu sering menempatkan anak didalam stroller nggak baik lho.  Sebisa mungkin keluarkan bayi dari stroller, hal ini bertujuan supaya sang bayi bisa berjalan-jalan sambil mengeksplor sekitarnya. Misalnya menyentuh benda-benda disekitarnya.

Kamu juga bisa membawanya keluar sambil camping didepan rumah, diatas rumput-rumput. Hal ini bisa meningkatkan fungsi otak anak, terutama sikap perhatian terhadap rumput, binatang-binatang kecil dirumput, bahkan  meningkatkan daya konsentrasi serta kontrol impuls dan memori anak.

BACA JUGA: Nggak Usah Panik. Ini Nih Cara Bikin Anak Terhindar Dari Pengaruh Buruk Gadget

Selain 4 tips diatas, hal yang paling penting untuk diingat oleh orangtua adalah berdoa. Tanpa pertolongan Tuhan, anak kamu nggak akan bisa bertumbuh dengan baik. Dia yang memberi, tentu Dia yang mengetahui apa yang terbaik baginya dibanding kamu. Biarkan Roh Kudus menyertai dan memberi hikmat kepadamu sebagai orangtua dalam mengurus bayimu sehingga menjadi besar dan bahkan menjadi berkat bagi bangsa-bangsa. Biarlah nama Tuhan dipermuliakan. Semoga tips ini menginspirasi para ibu dan ayah. Tuhan Yesus memberkati!

Sumber : family.com
Halaman :
1

Ikuti Kami