Sok Sibuk Atau Sibuk Beneran? Inilah 4 Cara Pemulihan Buat Kita Yang Terlalu Sibuk
Sumber: https://media.licdn.com/mpr/mpr/AAEAAQAA

Finance / 12 December 2017

Kalangan Sendiri

Sok Sibuk Atau Sibuk Beneran? Inilah 4 Cara Pemulihan Buat Kita Yang Terlalu Sibuk

Inta Official Writer
3332

Apakah kamu merupakan salah satu dari mereka yang sering dikejar-kejar deadline? Apakah kita sering mendapati diri kamu kurang istirahat, stres atau terlalu lelah hingga lupa rasanya liburan. 

Sebagai murid Tuhan, bukankah dalih ‘sibuk’ pekerjaan menjadi akrab dengan kita? Ketika kita mulai menyibukkan diri dengan pekerjaan, maka tanpa sadar diri kita menjadi semakin jauh dengan Tuhan. Tuhan mau kita memiliki kehidupan yang damai dan tenang. Kalau kita sudah terlanjur berada dalam kehidupan tersebut, maka kita bisa memulihkan waktu kita dengan cara-cara dibawah ini. 

1. Mulai awas terhadap waktu 


Sebenarnya, bukan pekerjaan kita yang menjadi masalah. Namun motivasi kita melakukan pekerjaan tersebut. Hayo ngaku, bukannya kita lebih cenderung memilih untuk mengerjakan banyak hal hanya agar mendapatkan perhatian dari orang lain? Atau agar diakui oleh orang lain?  

Jika kita bekerja dengan motivasi diatas, maka kita harus menguranginya. Sisa waktu ketika kita bekerja adalah waktu untuk Tuhan. Mari mulai sekarang kita menjadi lebih bijak terhadap waktu yang diberikan terhadap kita. Mintalah pertolongan Roh Kudus agar kita bisa menjadi lebih dekat lagi dengan Tuhan. 

Baca juga: Mulai Meniti Karir, 4 Pelajaran Dari Stand Up Comedian Catherine Deveny Ini Patut Dicontoh

2. Bekerja sesuai dengan kehendak-Nya


Doakan dan pikir kembali mengenai apa yang membuat kita lebih menghargai kehidupan ini, baik secara fisik, secara mental, maupun secara spiritual setelah kita telah pulih dari pekerjaan yang menuntut kita menjadi orang yang lebih sibuk. 

Perlu diingat bahwa pekerjaan di dunia hanya bersifat sementara saja, bukankah hidup kita ini sebenarnya adalah untuk hidup sesuai dengan kehendak-Nya? 

3. Batasi semua gangguan dan alihkan pada kehadiran Tuhan dalam hidup kita


Mari kita sepakat kalau selain bekerja, ada hal lain yang menjauhkan kita dari Tuhan. Misalnya saja gadget, tv, atau ajakan untuk mengobrol berjam-jam dengan teman. Dalam 24 jam, coba biasakan untuk mendahulukan waktu dengan Tuhan sebelum memulai segalanya. Mintalah tuntunan Tuhan agar hadir atas kita ketika bekerja sehingga kita dapat bekerja dengan baik dan memberi kedamaian bagi kita. 

4. Menjadi diri sendiri


Kesibukan yang sedang kita jalani seringkali hanya dilakukan untuk menyenangkan orang lain. Jika saat ini kita sedang berada dalam situasi ini, kita harus berhenti. 

Ada orang yang bekerja hanya karena iri terhadap tetangga yang baru saja beli mobil atau rumah baru. Jika kita selalu membanding-bandingkan apa yang kita miliki terhadap orang lain, maka kita selamanya akan terbelenggu terhadap iri hati. 

Setiap orang memiliki jalannya masing-masing, minta kepada Tuhan untuk membantu agar bisa keluar dari masalah ini, dan mulai bersyukur terhadap apa yang kita miliki saat ini.

Tuhan tidak mau murid-Nya menjadi hamba uang yang bekerja terus menerus. Di dalam Dia, kita bisa memperoleh arti kehidupan yang damai. Kita harus mulai untuk menjadi sehati dengan Tuhan agar kita bisa tahu apa yang menjadi panggilan hidup kita lewat pekerjaan yang Tuhan berikan.  


Sumber : crosswalk
Halaman :
1

Ikuti Kami