Bukan Cuma Penghias Makanan Aja, Ternyata Makan Keju Tiap Hari Punya 5 Manfaat Ini Loh…
Sumber: Daily Mail

Health / 12 December 2017

Kalangan Sendiri

Bukan Cuma Penghias Makanan Aja, Ternyata Makan Keju Tiap Hari Punya 5 Manfaat Ini Loh…

Lori Official Writer
3629

Saat makan sandwich atau pasta, kita kerap menambahkan keju sebagai penambah rasa atau hiasan di atasnya. Kita juga bahkan kerap meminimalkan jumlahnya karena berpikiran kalau keju itu mengandung banyak lemak yang hanya akan merusak dietmu.

Tahukah kamu kalau ternyata ada banyak manfaat atau kebaikan kesehatan yang terkandung dalam keju. Apalagi saat kita mengkonsumsinya setiap hari secara rutin. Penelitian terbaru yang dilakukan ilmuwan China salaam 10 tahun mengungkapkan bahwa mereka yang mengkonsumsi keju setiap hari mengalami penurunan risiko penyakit jantung dan stroke sebesar 10 persen.

Hasil penelitian ini memang kedengaran tampak bertentangan dengan fakta kandungan lemak yang terdapat di dalam sepotong keju. Tapi penelitian ini terbukti mengungkapkan fakta bahwa keju sangat bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit mematikan di dalam tubuh.

Nutrisi yang terkandung dalam keju


Salah satu kandungan terbesar dalam keju adalah kalsiumnya yang tinggi. Satu ons keju Swiss, cheddar atau mozzarella saja bisa mengandung sekitar 200 miligram kalsium. Atau seperlima dari asupan diet kalsium yang direkomendasikan.

Keju juga mengandung protein. Yogurt Yunani adalah produk susu mengandung protein paling tinggi dari semua susu. Sementara untuk keju biasa saja kamu sudah mendapat sekitar 8 gram protein. Selain itu, keju juga kaya akan vitamin B12, A dan K2, lemak jenuh, laktosa, zat besi, selenium, fosfor, sodium dan riboflavin.

Kandungan probiotik atau bakteri baiknya juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus. Jadi makanlah keju sebagai sumber terbaik untuk menjaga kesehatan ususmu.

Jadi sebelum kamu menyingkirkan keju dari makananmu atau hidangan kuemu, ada baiknya mengetahui 5 manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan jika kamu mengkonsumsinya setiap hari.

1. Menyehatkan Tulang


Mengkonsumsi keju ternyata sangat baik bagi kesehatan tulang. Kandungan kalsiumnya yang tinggi jadi sumber makanan bagi tulang dan mencegahnya dari risiko osteoporosis atau kondisi kerapuhan tulang akibat penurunan massa tulang dan masalah tulang lainnya.

Seiring bertambahnya usia, jumlah kalsium yang dibutuhkan tulang juga akan meningkat. Itu sebabnya mengkonsumsi keju bisa jadi salah satu cara untuk bisa mencukupi kebutuhan kalsiummu.

2. Meningkatkan sistem imun


Sebuah penelitian di tahun 2010 menemukankalau mengkonsumsi sepotong keju setiap hari bermanfaat meningkatkan sistem imun pada orang-orang berusia lanjut.

Para peneliti mengklaim bahwa kandungan probiotik di dalam keju memiliki manfaat untuk mencegah kerusakan dalam sistem kekebalan tubuh seiring bertambahnya usia.

“Asupan bakteri probiotik dilaporkan bisa meningkatkan respon kekebalan tubuh melalui produk lain dan sekarang kami sudah menemukan bahwa keju mengandung bakteri yang sama. Kami sudah menyampaikan bahwa mengkonsumsi keju berprobiotik secara teratur bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan termasuk dalam jenis makanan yang bisa membantu memperbaiki kekebalan tubuh pada usia lanjut usia,” ucap penulis penelitian ini, Dr. Fandi Ibrahim.

3. Menguatkan gigi


Selain menyikat gigi secara teratur, mengkonsumsi keju setiap hari ternyata bisa membuat gigi lebih kuat.

Studi yang dilakukan tahun 2013 dari Akademi Kedokteran Gigi Umum di Amerika menemukan bahwa keju tidak hanya membuat mulut lebih basa tetapi juga bisa jadi pelindung bagi sekitar gigi.

4. Bikin lebih cerdas


Beberapa penelitian mmenemukan kalau keju ternyata bermanfaat bagi kecerdasan.

Sebuah studi pada tahun 2012 yang dilakukan periset Amerika dan Australia menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi produk susu termasuk keju, susu dan yoghurt mendapat nilai lebih tinggi daripada mereka yang tidak pernah mengkonsumsi produk susu.

5. Menyehatkan jantung


Seperti sudah disampaikan di awal artikel ini, bahwa penelitian menemukan manfaat besar keju bagi kesehatan jantung. Kandungan protein dan lemak pada keju membantu melancarkan peredaran aliran darah. Nggak cuma itu, para peneliti juga memastikan bahwa kadar sodium yang terkandung pada keju tidak akan hilang sehingga tekanan darah pada mereka yang sering mengkonsumsi keju jauh lebih normal.

Untuk mendapatkan semua manfaat kesehatan ini, kamu tentu saja perlu mengkonsumsi keju secara teratur. Kalau kamu biasanya hanya mengkonsumsi keju untuk taburan di bagian pastamu, sudah waktunya menjadikan keju sebagai bahan utama atau tambahan untuk menu-menu hidangan terbaikmu setiap hari.

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami