Serba Salah! Ternyata Keseringan Olahraga Bisa Berakibat Buruk Buat Kesehatan Tubuh
Sumber: http://0e2b22ab69b3b9bf3da1-5a8636e5490f

Health / 11 December 2017

Kalangan Sendiri

Serba Salah! Ternyata Keseringan Olahraga Bisa Berakibat Buruk Buat Kesehatan Tubuh

Naomii Simbolon Official Writer
1809

Olahraga rutin memang bisa bikin tubuh sehat sekaligus memperbaiki mood. Tapi, nggak berarti kamu bisa melakukannya setiap waktu. Ternyata ada saatnya kamu harus berhenti olahraga, jangan terlalu memaksakan diri. Karena jika iya, percaya deh bahwa itu akan berujung pada sakit yang makin parah.

Nah, berikut ada beberapa tanda yang patut kamu ketahui, yang jika kamu sedang alami sebaiknya nggak usah olahraga dulu. Istarahat lah dan lanjutkan beberapa hari kedepan.

1.  Terkena Flu


Salah satu keuntungan dari berolahraga adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Tapi, nggak berarti ketika kamu flu, kamu harus tetap olahraga dan pasti segera sembuh.

Jika penyakit flu yang kamu derita masih baru di tahap bersin dan pilek, itu artinya kamu masih bisa olahraga. Tapi kalau sudah ditahap demam, sakit kepala, dan sakit pada persendian sebaiknya olahraga dihentikan dulu. Jangan menghukum diri sendiri

2.  Kurang Tidur

Tau nggak sih, kalau olahraga berlebihan bisa bikin kamu susah untuk tidur. Itu terjadi karena tubuh kamu menjadi segar karena temperature tubuh dan kadar adrenalin kamu meningkat. Kalau pola tidur kamu berantakan, sebaiknya kamu istrahat dulu dan kembalikan jam tidurmu seperti semula.

3.  Nyeri otot

Nah, kemungkinan masalah mengapa kamu nyeri otot setelah olahraga adalah adanya kesalahan gerakan yang kamu lakukan. Sebelum rasa nyeri benar-benar hilang, berhentilah olahraga supaya nggak semakin parah, kecuali kamu didampingi oleh personal trainer yang berpengalaman. Lagi pula, terlalu sering berolahraga bisa bikin tubuh kamu rentan cedera karena ligamen menjadi tegang.

4.   Mengalami diare


Ketika diare, tubuh tentu akan kekurangan cairan, sehingga mudah dehidrasi. Kalau kamu memaksakan diri untuk olahraga, gejala dehidrasi bisa makin parah. Lagi pula, nggak mau kan kalau olahraganya kamu terganggu karena bolak balik ke toilet?

5.  Siklus mentruasi terganggu

Wanita yang terlalu sering olahraga bisa mengalami gangguan siklus menstruasi lho. Sebaiknya kamu mengentikan olahraga kalau mulai mengalami  keterlambatan menstruasi sampai siklus kamu kembali normal.

BACA JUGA:Manfaat AIr Hangat Yang Penting Kamu Ketahui

6.   Rasa nggak nyaman di dada

Bukan berarti kamu harus alami nyeri dada. Kalau kamu merasakan tekanan atau ketidaknyamanan pada bagian dada, berhentilah olahraga. Jika gejala termasuk mual atau berkeringan berlebihan melampaui tingkat yang normal ketika kamu sedang olahraga, kamu mungkin berada pada tahap awal serangan jantung. Apabila jantung kamu terasa berdetak cepat, kamu mungkin memiliki fibrilasi atrium alias denyut jantung yang nggak teratur.

Demikian 6 hal yang perlu kamu perhatikan sebelum bahkan setelah melakukan olahraga. Segala sesuatu yang berlebihan memang bisa mengakibatkan penyakit. Firman Allah juga mengajarkan kita untuk meminta dengan cukup, itu artinya kita harus hidup dengan cukup. Nggak kekurangan bahkan kelebihan. Baik itu dalam makanan, uang dan nggak terkecuali olahraga. 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami