Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
201


Saat gajian tiba, kadang kala kita suka terlena. Tagihan-tagihan harus dibayar tepat waktu, tetapi keinginan untuk belanja sering sekali nggak dapat ditahan. Pada ujungnya, kita sudah kehabisan uang di pertengahan bulan.

Kesulitan mengatur keuangan nggak hanya dialami oleh ibu rumah tangga, namun para karyawan juga demikian. Bahkan banyak masyarakat modern di dunia sekarang ini mengatur gaji yang diterima setiap bulannya. Nggak jarang, malah pas pertengahan bulan kita kehabisan uang dan pada akhirnya mengutang. Hm, padahal mengutang itu sama sekali nggak baik dalam kekristenan.

Hal tersebut biasanya terjadi karena kamu tidak mengelola gaji dengan baik. Nah, berhubung sebentar lagi tahun 2018, kamu harus mencoba cara yang berbeda supaya aliran keuangan kamu nggak melulu seperti di tahun 2017. Mulai sekarang belajar lah dengan mengikuti cara jitu bagaimana mengelola gaji bulanan kamu dengan bijak berikut ini:

1. Buat anggaran bulanan


Dipostingan sebelumnya, saya selalu menuliskan mengenai hal ini.

Apakah kamu ibu rumah tangga ataupun anak kosan, kamu haruslah membuat daftar pengeluaran kamu per bulan. Buatlah menjadi dua bagian. Misalnya, untuk kebutuhan primer seperti makan, ongkos pergi kerja, tagihan listrik, cicilan rumah, cicilan motor dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk kebutuhan tersier, buatlah anggaran untuk shopping, traveling, hingga anggaran hangout denga teman-teman, keuarga, bahkan rekan kerja kamu.

2. Miliki dua atau lebih rekening bank kamu

Gunakan satu rekening untuk kebutuhan sehari-hari kamu, misalnya untuk menerima gaji, membayar tagihan, dan belanja. Dan untuk rekening lain, kamu dapat gunakan khusus untuk menabung. Buatlah jumlah minimal berapa persen yang harus kamu tabung dari gaji bulanan kamu. Lakukan lah itu seperti kewajiban yang harus kakmu penuhi setiap bulannya.

3. Segera bayar tagihan dan jangan menunggu lama


Saat mendapat gaji, hal yang pertama yang kamu lakukan adalah membayar semua tagihan kamu dari awal sampai semuanya. Mulai dari tagihan listri, telepon, cicilan, dan lain sebagainya. Hal ini penting, agar tidak mengganggu biaya kebutuhan kamu sehari-hari. Dengan memisahkan atau membayarkannya terlebih dahulu tentu akan bikin kamu jauh lebih tenang untuk mengatur pengeluaran bulanan lainnya.

4. Sisihkan untuk tabungan


Cobalah untuk menyisihkan untuk tabungan sebelum kamu menggunakannya untuk keperluan sehari-hari.

Hal ini berguna, supaya kamu bisa menekan pengeluaran-pengeluaran kakmu yang nggak penting.

5.  Buatlah laporan pengeluaran harianmu dan pada akhir bulan, cobalah bikin perbandingan antara pengeluaran dan anggaran.


Langkah selanjutnya adalah buatlah laporan harian yang berisi catatan pengeluaran dan pemasukan kamu selama sebulan.

Kamu bisa mencatat barang atau jasa yang dibeli, berapa nominal transaksi, waktu pembelian dan tempat.

Setelah itu, coba bandingkan buku harian pengeluaran kamu tersebut dengan rencana anggaran kamu.  Kalau rencanan anggaran kamu berbeda dengan pengeluaran yang nyata, maka kamu perlu melakukan revisi terhadap anggaran tersebut. Periksa kembali, pengeluaran terbesar kamu apa dan apakah masih bisa dikurangi?

BACA JUGA : Ajarkan Anak Menabung Sejak Dini Dengan Cara Ini

Memang tidak mudah, untuk sukses melakukan cara diatas, kamu memerlukan ketekunan tentunya. Kamu harus membiasakan diri mematuhi peraturan keuangan yang sudah dibuat dengan bijak. Dengan hal itu, kamu sedang berupaya menghargai usaha dan kerja keras yang sudah kamu lakukan setiap bulan. Cobalah, karena ini juga sangat penting buat masa depan kamu kelak.

 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Yuzin Mbem 15 December 2017 - 08:29:53

Tlong tegaskan lagi apa gunanya BPJS. Ibunda sya s.. more..

1 Answer

Yuzin Mbem 15 December 2017 - 08:24:26

Sya mnta bntuan buat ibunda q trsyang agar lepas d.. more..

1 Answer

Yuzin Mbem 15 December 2017 - 08:21:36

Apa gunanya bpjs. Gak ada gunanya. Jika bpjs meri.. more..

1 Answer


Melva Sinurat 15 December 2017 - 18:33:02
Min aku mohon bantuan untuk mendoakan saya supaya ... more..

Fian Oh 15 December 2017 - 14:27:28
Saya seorang pecandu narkoba, dan saat ini hidup s... more..

Siska Agustina Parhusip 14 December 2017 - 09:40:49
Saya minta bantuan doa teman2 semua untuk mendoaka... more..

Lielie Love 13 December 2017 - 21:49:20
Sy ingin punya pasangan hidup yg bukan hanya cinta... more..

Banner Mitra Week 2


7335

advertise with us