Di Bangladesh, Paus Fransiskus Minta Pengampunan Dari Pengungsi Rohingya Karena Hal Ini
Sumber: nytimes.com

Internasional / 5 December 2017

Kalangan Sendiri

Di Bangladesh, Paus Fransiskus Minta Pengampunan Dari Pengungsi Rohingya Karena Hal Ini

Puji Astuti Official Writer
3639

Setelah lawatannya ke Myanmar yang menuai banyak kritikan, Paus Fransiskus melanjutkan kunjungannya ke Bangladesh. Disana Paus bertemu langsung dengan para pengungsi dari etnis Rohingya. Yang cukup mengejutkan, Paus Fransiskus meminta maaf pada para pengungsi Rohingya dalam pertemuan tersebut. Kenapa? 

Ini yang dikatakan Paus, "Atas nama semua orang, mereka yang telah menganiaya kamu, mereka yang telah melukaimu, terutama karena ketidakpedulian dunia, saya minta pengampunan. Pengampunan."

Hal itu Paus ucapkan dengan penuh emosi saat dia berdiri dihadapan para korban selamat pengungsi Rohingya. Dihadapan 12 orang laki-laki, dua perempuan dan dua anak gadis rohingya, Paus berjanji, "Kami tidak akan menutup hati kami atau memalingkan wajah. Kehadiran Tuhan hasil ini juga disebut Rohingya."

Baca juga : Menyingkirkan Penghalang Doa Dengan Melepaskan Pengampunan


Dalam pertemuan di Dakha, Bangladesh pada Jumat, 1 Desember 2017 tersebut juga dihadiri tokoh-tokoh lintas agama Bangladesh, baik dari agama Kristen, Hindu, Budha dan lainnya. Paus Fransiskus juga menegaskan bahwa Rohingya sama seperti manusia lainnya, diciptakan serupa dan segambar dengan Allah dan dia berjanji akan terus membantu mereka sehingga hak-hak mereka diakui. 

Etnis Rohingya adalah suku bangsa yang mayoritas beragama Islam dan tidak memiliki kewarganegaraan. Mereka tinggal di bagian barat Myanmar dan juga diperbatasan Bangladesh. Baik Myanmar dan Bangladesh tidak bersedia menerima suku ini untuk menjadi bagian dari warga negara mereka, walau Bangladesh sendiri adalah sebuah negara dengan mayoritas penduduk muslim. 

Baca juga : Bagaimana Orang Berdosa Mendapat Pengampunan dari Tuhan?

Sumber : Nytimes.com
Halaman :
1

Ikuti Kami