Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta Destria

Official Writer
420


'Ih bintitan, pasti kamu abis ngintipin orang mandi, kan.' Kalimat ini sering kita dengar pada masa kanak-kanak dulu. Bintitan atau timbilan adalah kondisi ketika terdapat benjolan merah pada area sekitar mata. Layaknya sebuah bisul, bintitan memang sakitnya luar biasa. Pasalnya, benjolan tersebut membengkak dan membuat mata menjadi tidak nyaman. 

Ternyata, bintitan atau timbilan ini tidak ada kaitannya sama sekali dengan kebiasaan mengintip, lho. Jadi jangan lagi bercandain temanmu dengan kalimat ini, ya. Berikut adalah 5 penyebab yang dapat membuat mata bintitan atau timbilan. 

1. Mengucek mata 

Ketika tanpa sadar kita mengucek mata, kita sebenarnya sedang mentransfer sejumlah bakteri yang ada di tangan menuju mata kita. Hal ini lah yang menyebabkan mata kita menjadi iritasi dan mengakibatkan bintitan. Selain itu bintitan juga bisa terjadi dari gesekan antara tangan dan mata.

2. Infeksi pada pangkal bulu mata 

Setiap kita mencabut bulu dari bagian tubuh kita, bakteri berpotensi masuk ke pori-pori kulit yang terbuka tersebut, sehingga menimbulkan infeksi yang mirip dengan timbulnya jerawat. Begitu juga yang terjadi ketika tidak sengaja bulu mata kita tercabut. Biasanya, ketika hal ini sudah terjadi, maka area akar bulu mata kita menjadi sedikit gatal dan perih. 

3. Debu dan kotoran pada area mata yang dibiarkan menumpuk

Biasanya, mereka yang terkena bintitan adalah orang-orang yang jarang melindungi mata dari debu. Misalnya saja pengendara bermotor. Tumpukan debu yang menumpuk pada area sekitar mata dapat menyebabkan mata kita terkena bintitan, lho. Karenanya, usahakan untuk melindungi mata kita dari debu atau angin ketika berada di luar ruangan. 

Nah bagi wanita yang punya hobi make up, khususnya maskara atau eyeshadow yang digunakan di area mata, jika tidak dibersihkan dengan benar dapat membuat area wajah kita terinfeksi dan mudah terkena bintitan. 

Baca juga: Terlalu Kurus? Konsumsi 4 Buah Ini Bisa Bantu Naikan Berat Badan

4. Bakteri staphylococcus aureus 

Kalau kita tidak membersihkan area mata dengan benar, maka bateri staphylococcus aureus dapat menginfeksi bagian mata kita. Bakteri ini dapat dicegah dengan menjaga kesehatan mata dengan baik. Misalnya dengan mengonsumsi buah atau sayuran yang mengandung vitamin A. 

Kalau kamu sudah terlanjur terkena bintitan atau timbilan, cara menyembuhkannya sangat mudah, kok. Berdasarkan pengalaman pribadi, dengan cara ini akan membuat bintitan hilang dalam semalam :) 

Caranya adalah dengan cara membersihkan area mata dengan air bersih, kemudian kompres sedikit dengan menggunakan air hangat. Setelahnya, kita bisa mengambil satu siung bawang putih, lalu tumbuk sampai halus. Setelahnya, oleskan pada area mata yang terkena bintitan, namun hati-hati agar tidak masuk kedalam mata.

Menjaga kebersihan dan kesehatan mata adalah salah satu pencegahan agar kita tidak mengalami bintitan atau timbilan yang sangat membuat mata tidak nyaman ini. Untuk itu, biasakan untuk makan makanan yang cukup untuk memenuhi gizi kita. 


Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Michael Owen James Mayau 15 December 2017 - 21:06:49

PRAYER

0 Answer

Yuzin Mbem 15 December 2017 - 08:29:53

Tlong tegaskan lagi apa gunanya BPJS. Ibunda sya s.. more..

1 Answer

Yuzin Mbem 15 December 2017 - 08:24:26

Sya mnta bntuan buat ibunda q trsyang agar lepas d.. more..

1 Answer


Melva Sinurat 15 December 2017 - 18:33:02
Min aku mohon bantuan untuk mendoakan saya supaya ... more..

Fian Oh 15 December 2017 - 14:27:28
Saya seorang pecandu narkoba, dan saat ini hidup s... more..

Siska Agustina Parhusip 14 December 2017 - 09:40:49
Saya minta bantuan doa teman2 semua untuk mendoaka... more..

Lielie Love 13 December 2017 - 21:49:20
Sy ingin punya pasangan hidup yg bukan hanya cinta... more..

Banner Mitra Week 2


7335

advertise with us