Jalan-jalan Sembari Ketemu Presiden? Ikutan Acara Natalan Lovely December Toraja Aja
Sumber: Tribunnews.com

Entertainment / 4 December 2017

Kalangan Sendiri

Jalan-jalan Sembari Ketemu Presiden? Ikutan Acara Natalan Lovely December Toraja Aja

Lori Official Writer
3804

Lovely December sudah jadi tradisi tahunan yang digelar Provinsi Sulawesi Selatan untuk memeriahkan Hari Natal dan Tahun Baru 2018.

Tahun ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Toraja Utara sebagai penyelenggara tengah sibuk mempersiapkan perhelatan acara Lovely December pada 27-29 Desember 2017 mendatang. Salah satu kejutan besar bahkan sudah dipersiapkan lewat ajang ini yaitu kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Toraja Utara Harli Patriatno pun sudah memastikan kehadiran sosok nomor satu tanah air itu di acara ini, terkhusus dengan digelarnya festival kopi dalam rangkaian acara Lovely December ini.


Buat kamu yang belum tahu tujuan liburan akhir tahun, Toraja bisa jadi pilihan. Datanglah ke objek wisata Kete Kesu dan Hotel Heritage, Rantepao karena disanalah acara Lovely December berlangsung. Kamu juga bisa terlibat dalam berbagai festivalnya diantaranya:

1. Festival Kopi dan kontes kerbau

2. Lomba paduan suara dan menghias pohon natal

3. Festival kuliner tradisional

4. Karnaval dan malam budaya Toraja

5. Perayaan Natal Oikumene

6. Show paralayang dan Toraja Ultra Scenic

7. Festival kembang api, dan

8. Pameran industri kreatif

Selain menikmati acara tahunan ini, kamu juga yang bisa menikmai beragam keunikan budaya dan keindahan alam Toraja Utara loh. Kalau beruntung, kamu bisa ikut menikmati perayaan besar seperti tradisi Ma’nene yaitu tradisi mengenang leluhur dengan cara membersihkan dan menggantikan baju mayat para leluhur masyarakat Toraja. Tradisi ini masih banyak dilakukan masyarakat Baruppu yang berlokasi di pedalaman Toraja Utara.

Kamu juga bisa menyaksikan upacara Rambu Solo atau ritual penguburan khusus buat orang-orang yang sudah meninggal. Biasanya upacara ini digelar begitu meriah karena pihak keluarga akan memotong kerbau dan babi sebanyak 24-100 ekor untuk disantap.


Selain itu, kamu juga bisa berkunjung ke desa wisata Toraja. Salah satunya adalah Kete Kesu yang menawarkan pemandangan indah dan menarik. Di sana kamu juga bisa berkunjung ke sebuah bukit yang dijadikan masyarakat Toraja Utara sebagai tempat penyimpanan benda-benda purbakala yang sudah berusia ratusan tahun. Ada juga goa-goa kecil yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan mayat dari keluarga tertentu.


Nggak ketinggalan, kamu juga bisa jalan-jalan menikmati keindahan wisata Batutumonga di Kabupaten Toraja Utara.

Minat buat jalan-jalan ke sana Natalan dan Tahun Baruan ini? Yuk mulai pesan tiket trus kemasin barang-barangmu dan cus deh!

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami