Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Budhi Marpaung

Official Writer
948


Seorang pelatih American Football tingkat sekolah menengah atas di Amerika Serikat mendapatkan kecaman setelah fotonya sedang berdoa dengan anak-anak didiknya terpampang di sebuah surat kabar setempat. Andy Hape dituduh The Freedom From Religion Foundation telah melakukan pelanggaran serius dan mencolok terhadap The First Amandment (sebuah amandemen tentang hal-hal menyuarakan kebebasan berpendapat, red).

FFRF pun mendesak Evansville Vanderburgh School Corp. (EVSC) selaku induk dimana klub sekolah American Football itu bernaung untuk menyelidiki sang pelatih.


FFRF mengaku bertindak setelah pihaknya menerima laporan seorang penduduk lokal yang merasa tersinggung dengan foto di dalam surat kabar Courier & Press Westside. Sebagai keseriusan, pihak pengacara dari pihak mereka telah menyampaikan tuntutan agar Hape berhenti berdoa bersama murid-muridnya.

"Adalah ilegal bagi pelatih atletik sekolah umum untuk memimpin tim mereka di dalam doa, berpartisipasi dalam doa siswa, atau untuk mempromosikan agama kepada siswa," ungkap pengacara FFRF, Ryan Jayne di dalam sebuah surat yang dikirimkan ke EVSC minggu lalu.

"Ketika pegawai sekolah negeri bertindak dalam kapasitas resmi mereka mengatur dan menganjurkan doa tim, mereka secara efektif mendukung agama atas nama distrik," sambung Ryan.

Namun, juru bicara EVSC Jason Woebkenberg membantah jika doa dilakukan oleh pelatih Andy Hape.

"Tolong ketahui doa yang dipimpin oleh siswa dapat diterima di sekolah kami, dan kami turut menunggu selama kegiatan doa yang dipimpin oleh siswa kami tersebut berlangsung," ujar Woebkenberg kepada Courier & Press.

Meskipun demikian, Woebkenberg menegaskan para pengajar di EVSC memang harus mematuhi beberapa peraturan dalam hal mengekspresikan keimanan mereka. Salah satu kebijakan EVSC adalah pihak pengajar maupun staf dilarang menggunakan doa, bacaan keagamaan, atau pun simbol-simbol keagamaan selama kegiatan yang berkaitan urusan sekolah.

Baca Juga: Kamu Bukan Pahlawan Kesiangan! Doamu Sungguh Dapat Pulihkan Rumah Tanggamu

Sementara itu, pelatih Basket era-90an Mount Vernon High School, Tom Kopatich menyesalkan adanya kasus yang menimpa Andy Hape dan EVSC. Menurut Kopatich, pihak-pihak yang tidak setuju tidak perlu untuk mengeleminasi apa yang dilakukan pelatih Hape beserta anak didiknya.

"Orang harus menyadari, jika kamu tidak ingin berada di sana atau kamu tidak ingin berpartisipasi dalam hal semacam itu, kamu tidak perlu berada di sana atau berpartisipasi. Itu kan pilihan," pungkas Kopatich.

Sumber : cbn.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Tomy Cimot 16 December 2017 - 21:44:40

paus

0 Answer

Muhammad Ammar 16 December 2017 - 11:46:15

Hasil pembongkaran protein di hati yang selalu di .. more..

0 Answer

???? ???? 15 December 2017 - 23:30:36

gimana cara kurangi like

0 Answer


Emille Paulus Lumena 16 December 2017 - 09:08:00
Ya Tuhan Yesus Kristus Tuhan dan Raja diatas segal... more..

Melva Sinurat 15 December 2017 - 18:33:02
Min aku mohon bantuan untuk mendoakan saya supaya ... more..

Fian Oh 15 December 2017 - 14:27:28
Saya seorang pecandu narkoba, dan saat ini hidup s... more..

Siska Agustina Parhusip 14 December 2017 - 09:40:49
Saya minta bantuan doa teman2 semua untuk mendoaka... more..

Banner Mitra Week 2


7335

advertise with us