Sebelum Bikin Kartu Kredit, Kamu Harus Tahu 3 Hal Ini Dulu.
Sumber: pixabay.com

Finance / 1 December 2017

Kalangan Sendiri

Sebelum Bikin Kartu Kredit, Kamu Harus Tahu 3 Hal Ini Dulu.

Naomii Simbolon Official Writer
1736

Bagi perempuan yang sangat menyukai kegiatan berbelanja, tentu saja rata-rata memiliki kartu kredit. Memang sih dengan memegang kartu kredit, membayar tagihan terasa mudah dan tidak memberatkan kantong kamu. Tapi tentu saja ada beberapa hal negatif bagi kamu para pemegang kartu kredit.

Nah bagi kamu yang ingin kartu kredit, berikut hal negatif yang perlu kamu ketahui mengenai kartu kredit, yaitu:

1. Membuat konsumtif

Bagi kamu yang nggak bisa mengontrol diri, karena seringkali membuat kamu lupa diri akan kemampuan finansialmu, hal ini bisa memicu pola konsumtif dalam diri. Kamu  dengan mudah selalu menggesek kartu kredit kamu tanpa mengingat kemampuan membayarmu. Akibatnya, kamu nggak bisa memperhitungkan keuanganmu dan kamu jadi nggak bisa membedakan mana yang kebutuhan dan keinginan. Sebaiknya kamu nggak lagi memikirkan fungsi kartu kredit sebenarnya, apakah sebagai sarana pembayaran atau sebagai tambahan income kamu?

2. Membuat utang

Kondisi kamu yang sudah konsumtif seperti di atas, tentu akan berdampak pula pada keuangan kamu. Mulai dari tagihan kartu kredit yang sudah nggak bisa kamu bayar sepenuhnya, sampai kamu mulai mencari pinjaman lain. Nantinya nama kamu masuk kategori kurang layak diberikan kredit, sehingga pengajuan untuk kredit lainnya seperti rumah dan mobil akan terasa sulit.

3. Membuat peluang kejahatan

Dengan berkembangnya teknologi, kamu bisa melakukan transaksi secara online darimana saja dan kapan saja. Tapi kamu perlu memberikan perhatian khusus ketika kamu bertransaksi online menggunakan kartu kredit. Beberapa minggu ini kita sering membaca berita kartu kredit yang nggak boleh digesek dua kali karena bocornya data-data nasabah. Kamu harus mulai berhati-hati sehingga kemungkinan kartu kredit kamu dibobol oleh penjahat menjadi berkurang.

Nah, demikian ada 3 dampak negatif yang akan kamu alami jika nggak menggunakan kartu kredit dengan bijak. Berhati-hatilah menggunakan segala sesuatu dan menerima tawaran dunia. Jangan izinkan dirimu masuk perangkap si jahat lewat kepraktisan dan kenikmatan dunia ini ya. Semoga artikel ini bermanfaat!

 

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami