Teruntuk Kamu yang Punya Anak Bayi, Berikut 3 Tips Buat Bayi Nyenyak dan Nggak Rewel

Parenting / 29 November 2017

Kalangan Sendiri

Teruntuk Kamu yang Punya Anak Bayi, Berikut 3 Tips Buat Bayi Nyenyak dan Nggak Rewel

Naomii Simbolon Official Writer
8692

Bayi yang baru lahir biasanya memiliki siklus tidur  yang masih kacau dan nggak teratur. Mereka bisa bangun tengah malam atau bahkan menangis tanpa sebab.

Orangtua yang baru memiliki bayi pasti membutuhkan perjuangan yang besar untuk melawan rasa kantuk dan mencari cara supaya bayi bisa diam dan tidur nyenyak lagi.

Dan ternyata ada beberapa tips dari para perawat di bagian kamar bayi untuk bikin bayi bisa cepat tidur dengan nyenyak.

Menurut pendiri Happinest Baby, Dr. Harvey Karp, menidurkan bayi baru lahir membutuhkan beberapa tahap yang sangat penting untuk siklus tidur bayi :

1. Bedong dan gendong  bayi terlebih dahulu


Biasanya bayi menangis karena ingin merasa baik. Salah satunya dengan cara menbedong lalu menggendongnya. Bayi bisa saja menangis karena lingkungan yang membuatnya stress dan merasa kaget karena berbeda dengan kehidupan di dalam janin.

Itu alasannya mengapa kamu perlu menggendongnya dan dan menimang pelan-pelan. Biarkan dia menangis dan melepaskan stresnya, dan episode tangisan itu pasti akan berkurang pelan-pelan.

2. Setelah suara itu sedikit reda, tidurkan bayi dengan posisi yang berbeda


Jangan melulu menggendong atau menidurkannya dengan posisi ke atas, namun cobalah untuk mengganti posisi seperti memiringkan bayi kesamping atau menggendong dengan menghadap ke bawah – kepala bayi di lengan dan tangan di perut bayi.

Tekanan pada perut bayi dapat mengurangi gas dan rasa nggak nyaman

3. Yang terakhir adalah mengayun-ayunkan bayi dalam posisi dibedong dalam gendongan


Ini akan bikin bayi jauh lebih nyaman. Ayun-ayunkan dia di gendongan kamu dan pastikan untuk menyanyikan lagu dengan lembut.

Selain ketiga hal di atas, perawat bayi di RS anak di Portland, Oregon yaitu Christy Brook mengatakan bahwa bagian yang paling penting saat bayi sedang menangis dan susah tidur adalah kita tetap tenang menghadapinya.

“Memang sulit untuk bersikap tenang saat bayi rewel, tetapi nggak ada cara yang berhasil jika orangtua nggak tenang,” jelasnya

Setelah bersikap tenang, orang tua akan gampang untuk fokus menenangkan bayi tanpa kuatir tetapi percaya diri. Dijamin saat orang tua tenang dalam mengurus bayi, ini akan mempermudah bayi tenang juga dan nggak menangis lagi.

(BACA JUGA: Merasa Pintar? Ini Kesalahan Orangtua Dalam Mendidik Anak)

Setelah bayi berhenti menangis, saatnya orangtua bertindak untuk memberikan kenyamanan kepada bayi supaya cepat tidur, misalnya:

1. Memberi minum susu atau empeng

2.  Menepuk-tepuk punggung bayi dengan pelan dan dengan irama tertentu agar menyerupai detak jantung

3. Menyentuh bayi berulang-ulang, seperti menggosok dahi ataupun ujung telinganya. Hal ini juga diungkapkan oleh Christy Brook, yang dikutip dari majalahkartini Menggosok lembut dahi mereka dan berulang-ulang membuat bayi langsung menutup mata. Makin muda usia bayi, makin efektif.”

Terima kasih sudah membaca , semoga dengan tips-tips dan penjelasan di atas, para orangtua mendapat inspirasi dan silahkan mempraktikkannya untuk bayimu.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami