Karena Pernikahan Bukan Ajang Pertunjukan, 5 Tips Ini Bisa Menghemat Budget Untuk NIkahmu
Sumber: health.liputan6.com

Single / 29 November 2017

Kalangan Sendiri

Karena Pernikahan Bukan Ajang Pertunjukan, 5 Tips Ini Bisa Menghemat Budget Untuk NIkahmu

Naomii Simbolon Official Writer
2975

Semua orang tentu tahu kalau tujuan pacaran adalah menuju pernikahan, dan rata-rata pasangan menunggu moment tersebut.

Karena pernikahan merupakan momen yang dilakukan sekali seumur hidup, kamu dan pasangan tentunya nggak ingin merayakan dengan biasa saja. Untuk merayakan pesta tersebut, tentu dibutuhkan biaya yang cukup besar. Nggak masalah jika kamu berdua memiliki keuangan yang cukup, keluarga yang kaya raya dan siap mendukung.

Lalu gimana jika kamu dan pasangan justru harus mempersiapkannya benar-benar berdua dan berusaha mengumpulkan uang untuk pesta pernikahan? 

Nah, buat kamu yang ingin menikah dan sedang mengumpulkan uang untuk pernikahan, berikut ada beberapa tips untuk menghemat budget pernikahan kamu :

1.     Mulai dari sekarang, coba bangun kembali komunikasi yang sempat terputus dengan teman-teman kamu di luaran sana. Lumayan kan kalau dia bisa membantu.

 Yap! Manfaatkan jejaring pertemanan supaya biaya pernikahan kamu bisa tertolong.

Misalnya kamu memiliki teman seorang videografer, fotografer, atau make up artist, mintalah kepada mereka diskon. Tentu mereka nggak akan berat hati. Selain itu kamu juga nggak canggung meminta penyesuaian yang kamu inginkan kepada mereka.

2.  Sering-sering ajak pasangan kamu melihat pameran-pameran pernikahan. Siapa tahu ada diskon yang bagus dan murah.


Yang namanya pameran biasanya akan menawarkan banyak diskon. Makanya kamu harus rajin-rajin mengunjungi pameran pernikahan dengan pasangan kamu. Tapi jangan salah memilih pameran ya. Pergilah ke pameran pernikahan yang menghadirkan vendor dengan biaya yang lebih cocok untuk budget pernikahan kalian.

3. Belajar alokasikan dana dengan tepat, jangan bikin sesuatu yang murah menjadi mahal.


Iya, kalau bisa menghemat dan menekan beberapa pengeluaran seperti kartu undangan, kenapa nggak?

Nggak perlu bikin undangan yang mahal dan pada akhirnya dibuang ke tong sampah. Lebih baik cari undangan yang murah dan dananya bisa dialokasikan ke hal yang penting seperti  catering ataupun vanue

4.      Tetap bisa tampak kekinian kok, lakukan foto pre-wedding di dalam kota

Semakin canggihnya teknologi, orang-orang berlomba-lomba menyewa fotografer mahal supaya bisa memamerkan foto pra-wedding di media sosial. Nggak hanya itu, beberapa pasangan memutuskan untuk pergi keluar negeri untuk foto.

Daripada keluar negeri dengan uang pas-pasan, lebih baik berfoto di dalam kota saja dan ditempat yang lebih murah.

5. Paket pernikahan emang solusi terbaik biar nggak repot. Tapi jangan lupa memilih paket dengan teliti ya!


Banyak para pasangan memilih untuk mempercayakan pernikahan mereka kepada EO dengan paket pernikahan sekaligus.

Nggak masalahh namun kamu harus mempeerhatikan secara teliti apa saja yang ditawarkan dari paket itu, seperti pilihan gaun yang terbatas atau jumlah foto yang dicetak terlalu sedikit. Jangan sampai setelah kamu memilih dan membayar paket, kamu baru sadar bahwa ternyata gaunnya kurang sesuai dan foto yang dicetak kurang banyak.

6. Atur catering sebijak mungkin supaya lebih murah


Pesta pernikahan biasanya akan menyediakan banyak gubuk-gubuk makanan dengan beragam hidangan lezat, kesan mewah tersebut bisa dilakukan dengan dana terbatas asalkan bisa memutar otak. Beberapa jenis makanan dari prasmanan bisa dipisahkan menjadi gubuk makanan sendiri, sehingga terkesan lebih banyak. Menu tambahan dari paket prasmanan seperti lasagna, gado-gado dan lain-lain juga bisa dijadikan gubuk sendiri. Kamu  bisa mendapatkan tiga menu tambahan untuk gubuk makanan tanpa mengeluarkan uang tambahan karena makanan tersebut sudah satu paket dengan katering yang di pesan.

BACA JUGA: Kalau Nggak Mau Kehilangan Si Dia, Jangan Lakukan Kebiasaan Ini Deh!

Dan buat para pasangan yang mau menikah, semoga tips diatas bisa menginspirasi kamu ya!

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami