Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
156


Rencana pengen liburan, eh malah jatuh sakit. Pastinya ndak enak banget kan ya liburan yang beginian. So, supaya liburan kamu lancar jaya tanpa ada halangan sakit-sakitan, ya kudu lakuin 7 hal ini:

1. Konsumsi banyak air mineral sebelum dan selama perjalanan

Air adalah kebutuhan yang paling penting bagi tubuh. Kekurangan air, bisa membuat tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Kalau udah begini, tubuh bakal lemas dan nggak kuat mau ngapa-ngapain. So, sebelum liburan mulailah mengkonsumsi air lebih banyak (setidaknya sesuai anjuran kesehatan). Apalagi bagi kamu yang pengen liburan ke luar negeri, harus lebih fit deh karena perbedaan suhu dan cuaca bisa aja bikin tubuh kamu jadi nggak kuat.

2. Penuhi asupan vitamin C

Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Saat tubuh kekurangan vitamin C maka sistem tubuh bakal lemah dan menyebabkan beragam penyakit mudah masuk. Jadi jangan mengambil risiko kehilangan waktu liburan berhargamu karena sakit. Minumlah vitamin C setiap hari untuk memerangi kuman yang hendak menyerang.

3. Bawalah anti bakteri atau hand sanitizer setiap waktu

Ada banyak kondisi yang mungkin membuatmu tak bisa mencuci tangan sesuka hati saat dalam perjalanan liburan. Daripada terserang penyakit lewat tangan yang terkontaminasi kuman dari sekitar, lebih baik membawa anti bakteri atau hand sanitizer setiap hendak liburan.

4. Jangan menggigit kuku atau menyentuh wajah dengan tangan

Hal ini penting kamu lakukan terutama saat berada di pesawat atau angkutan umum. Alat transportasi biasanya membawa puluhan sampai ratusan orang. Dan kita tidak tahu siapa yang sebelumnya duduk di kursi yang sedang kamu duduki. Jadi saat berada di pesawat, sebelum mencuci tangan lebih mau jangan menyentuh wajahmu dengan tangan atau mengigit kukumu.

5. Istirahat yang cukup

Memang saat liburan, kita pasti bakal merasa sayang kalau harus menyisakan waktu hanya untuk tidur saja. Karena itu kita memilih untuk menjelajahi semua tempat sampai kita merasa kelelahan dan kurang tidur. Sayangnya, tubuh kita tetap saja butuh waktu istirahat yang cukup. Dan saat tubuh harus dipaksa terus melek tanpa istirahat, saat itulah sistem kekebalannya akan menurun dan kuman penyakitpun akan mudah masuk.

6. Jagalah makanan dan minuman yang kamu konsumsi selama liburan

Saat kita datang ke suatu tempat yang belum pernah kita kunjungi, pastinya kita juga pengen ngecicipin semua jenis makanan yang dijajain di sana. Tanpa pikir panjang, kita mulai jajan sembarangan. Alhasil, berbagai masalah kesehatan pun muncul mulai dari diare, sakit perut, pusing dan sebagainya.

Seorang dokter bernama Kozarsky menyarankan supaya saat liburan ada baiknya menghindari makanan-makanan mentah, buah-buahan dan sayuran yang dicuci dengan air keran dan juga jajanan kaki lima. Hindari juga meminum es batu yang dibuat dari air mentah.

7. Tetap jaga kesehatan sebagaimana kamu di rumah

Para ahli menyarankan supaya tetap menjaga kesehatan selama liburan sebagaimana di rumah. Misalnya, dalam hal sederhana seperti mencuci tangan sebelum makan atau membersihkan sesuatu yang tampak kotor di sekitarnya. Meskipun sedikit lebih rumit tapi hal ini sangat memungkinkanmu untuk terhindar dari penyakit.

Bentar lagi kan bakal libur panjang nih. Mungkin kamu sudah rencanain liburan ke suatu tempat. Nah, supaya libur panjang kamu lancar jaya mendingan ikutin cara-cara di atas deh.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Tomy Cimot 16 December 2017 - 21:44:40

paus

0 Answer

Muhammad Ammar 16 December 2017 - 11:46:15

Hasil pembongkaran protein di hati yang selalu di .. more..

0 Answer

???? ???? 15 December 2017 - 23:30:36

gimana cara kurangi like

0 Answer


Emille Paulus Lumena 16 December 2017 - 09:08:00
Ya Tuhan Yesus Kristus Tuhan dan Raja diatas segal... more..

Melva Sinurat 15 December 2017 - 18:33:02
Min aku mohon bantuan untuk mendoakan saya supaya ... more..

Fian Oh 15 December 2017 - 14:27:28
Saya seorang pecandu narkoba, dan saat ini hidup s... more..

Siska Agustina Parhusip 14 December 2017 - 09:40:49
Saya minta bantuan doa teman2 semua untuk mendoaka... more..

Banner Mitra Week 2


7335

advertise with us