Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
499


Berdasarkan data International Diabetes Federation 2015, penyandang diabetes di Indonesia pada tahun 2015 sudah mencapai 10 juta orang. Selain itu, Indonesia juga menempati urutan ke tujuh di dunia sebagai negara penyandang  diabetes tertinggi. Lalu data dari Sample Registration Survey tahun 2014, diabetes dengan komplikasi menjadi penyebab kematian ketiga terbesar di Indonesia setelah stroke dan jantung.

Menurut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Penyakit Tidak Menular Kementrian Republik Indonesia yaitu Dr. Lily Sriwahyuni Sulistyowati,MM, kita dapat mencegah diabetes sejak dini dengan melakukan hal-hal penting dibawah ini:

1. Nggak perlu berjam-jam tapi cukup berolahraga 30 menit setiap hari. Diabatesmu akan terhindar!


Olahraga nggak harus pergi ke fitness club, namun kamu juga bisa melakukannya dirumah, seperti lari di kompleks, berenang dan angkat beban.

Silahkan beli dumbbell dan lakukanlah setiap hari selama 30 menit. Selain menjaga bentuk tubuh kamu, olahraga akan mencegah terjadinya diabetes atau kadar gula darah yang naik.

2. Segalanya memang butuh pengorbanan, contoh kecilnya mengkomsumsi sayur bagi yang nggak suka makan sayur.


Yap! Nggak ada alasan untuk menolah makanan sehat seperti sayur jika ingin terhindar dari diabetes dan penyakit lainnya.

Bagi beberapa orang, makan sayur merupakan hal yang sangat dibenci. Tapi kamu harus berusaha menyukai dan rutin memakannya setiap hari. Setidaknya makanlah 3 atau 5 porsi sayuran setiap hari. Nggak hanya itu, kamu juga harus menyeimbangkannya dengan buah-buahan. Selain mengurangi asupan gula, garam dan lemak jenuh pada tubuh, dengan makan sayur dan buah yang tepat, kamu pun bisa bebas menikmati makanan apapun.

Jangan menunggu sakit dulu baru menyesal ya!

3.  Paling penting adalah menghindari alkohol dan rokok


Bukan berarti kamu nggak bisa memegang rokok atau botol alkohol. Namun yang dimaksud adalah jangan mengkomsumsi sama sekali. Tembakau atau rokok dapat meningkatkan faktor risikonya diabetes. Nggak hanya itu, rokok dan alkohol juga sangat berbahaya untuk kesehatan kamu, seperti menyebabkan penyakit paru-paru, dan lain sebagainya.

4. Daripada stress berlebihan, sebaiknya ambil waktu untuk liburan dan tenangkan pikiranmu dengan hal yang baik


Stress sih bisa saja, namun jangan berlebihan, karena nggak hanya bikin kamu pusing tapi juga dapat meningkatkan kadar gula darah atau diabetes. Nah, itu sebabnya kamu perlu liburan atau istrahat secukupnya. Kelola stress kamu dengan baik supaya nggak menjadi sebuah penyakit.

5.  Jangan menunggu sakit dulu baru ke dokter. Kamu juga perlu cek kesehatan kamu secara rutin untuk mengetahui perkembangan kesehatan kamu dari tahun ke tahun.


Cek ke dokter dan konsultasi itu nggak harus sekali sebulan kok, kamu bisa melakukannya sekali dalam tiga atau empat bulan.

Pastikan kamu mengetahui perkembangan tubuhmu dengan baik, pastikan nggak ada penyakit didalamnya.

Dengan melakukan konsultasi atau cek ke dokter, kamu bisa mencegah penyakit sejak dini, terutama penyakit diabetes.

(BACA JUGA: Kekinian, Ternyata Ini Dampak Rokok ELetrik dan Wajib Kamu Tahu)

Kesehatan adalah sesuatu yang penting untuk dipikirkan dan dijaga terus menerus. So, mari menjaga kesehatanmu dengan baik, supaya panjang umurmu dan terus memuliakan nama Tuhan hingga kita bisa menyelesaikan kehendakNya dalam hidup ini.

Sumber : kartini.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Tomy Cimot 16 December 2017 - 21:44:40

paus

0 Answer

Muhammad Ammar 16 December 2017 - 11:46:15

Hasil pembongkaran protein di hati yang selalu di .. more..

0 Answer

???? ???? 15 December 2017 - 23:30:36

gimana cara kurangi like

0 Answer


Emille Paulus Lumena 16 December 2017 - 09:08:00
Ya Tuhan Yesus Kristus Tuhan dan Raja diatas segal... more..

Melva Sinurat 15 December 2017 - 18:33:02
Min aku mohon bantuan untuk mendoakan saya supaya ... more..

Fian Oh 15 December 2017 - 14:27:28
Saya seorang pecandu narkoba, dan saat ini hidup s... more..

Siska Agustina Parhusip 14 December 2017 - 09:40:49
Saya minta bantuan doa teman2 semua untuk mendoaka... more..

Banner Mitra Week 2


7335

advertise with us