Akhirnya Terkuak! Ini Dia Yang Akan Terjadi Kalau Mendadak Bangun Saat Sedang Dioperasi
Sumber: https://image.freepik.com/free-photo/sur

Health / 26 November 2017

Kalangan Sendiri

Akhirnya Terkuak! Ini Dia Yang Akan Terjadi Kalau Mendadak Bangun Saat Sedang Dioperasi

Inta Official Writer
2193

Pernah nggak sih kamu mikirin apa yang akan terjadi kepada seorang pasien yang mendadak bangun ketika sedang dioperasi? Segala kemungkinan kan pasti ada dong ya, walaupun sebenarnya pasien tersebut sudah dibius secara total. 

Menurut sebuah penelitian, dari sekitar 19.300 pasien yang dibius total di UK dan Irlandia, ada satu orang yang terbangun ketika dioperasi. Situasi seperti aini disebut sebagai accidental awareness. Sesuai namanya, peristiwa ini memang tidak sengaja terjadi. Hmm kira-kira apa ya yang bakalan terjadi kalau udah bangun begitu? 

Ada tiga jenis anestesi atau pembiusan, yaitu anestesi lokal, regional dan general. Biasanya, dokter akan menggunakan obat untuk merelaksasikan otot sebagai bagian dari anestesi. Obat ini sebenarnya akan bikin kita berhenti bernafas. Tapi nggak usah khawatir, karena dokter biasanya menggunakan ventilator atau mesin pernapasan untuk membantu kita agar tetap bernapas. 

Baca juga: Oh no! Ketemu Calon Mertua Pertama Kali? Gini 5 Cara Menangin Hatinya

Selain oleh dokter ahli, operasi kita juga dibantu oleh alat-alat canggih yang bisa memonitor jika terjadi kesalahan tertentu. Namun, namanya buatan manusia yang tidak luput dari kesalahan, terkadang alat-alat yang digunakan tersebut tidak bisa mengirimkan sinyal ketika terjadi kesalahan, sehingga memungkinkan kita terbangun pada saat dioperasi. 

Kalau udah bangun begini, apa dong yang akan terjadi? 

Beberapa kasus yang pernah terjadi, terbangun pada saat operasi cuma hanya membuat kita bisa mendengar apa yang sedang terjadi. Karena ada dibawah pengaruh anestesi atau obat bius, tubuh kita tidak bisa bergerak. Jadi cuma kesadaran kita saja yang pulih. 

Sebenarnya, ini cukup melegakan lho. Coba deh bayangin kalau tiba-tiba kita bangun dan berdiri karena pengaruh obat bius tiba-tiba menghilang. Beberapa orang yang merasakan hal ini mengaku bahwa kejadian ini seperti sedang bermimpi buruk, dimana kita bisa teriak tapi tidak ada yang bisa mendengarnya. 

Ada juga pasien yang mengalami sensasi yang aneh seperti merasa tersedak, lumpuh, nyeri, behalusinasi bahkan merasa seperti dirinya hampir meninggal. Tetapi kejadian ini biasanya tidak berlangsung lama, berdasarkan laporan dari para pasien, biasanya keadaan ini berlangsung tidak lebih dari lima menit. 

Dokter tahu nggak sih kalau tiba-tiba kita bangun? 

Pasti dong para dokter sedang fokus pada tindakan operasi tersebut dan menjaga kondisi pasien agar tetap stabil. Kondisi ini yang kemudian membuat dokter sulit untuk menyadari kalau pasien sebenarnya mendapatkan kesadarannya kembali. Meski begitu, kalau pasien menunjukkan peningkatan denyut jantung dan tekanan darah yang bisa mengindikasikan bahwa si pasien sedang terbangun. 

Kalau kita sampai mengalami kejadian seperti ini, biasanya mengakibatkan trauma pada pasien. Namun ada juga pasien yang menduga kalau kejainan ini normal-normal saja, padahal kondisi ini sebenarnya tidak normal. Ada baiknya kita langsung bertanya kepada dokter ahli yang menangani operasi kita ini. Bisa juga berbicara kepada psikolog atau psikiater karena biasanya kejadian ini bisa menyebabkan depresi atau trauma.


Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami