Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
227


Kapan waktu terbaik untuk mengajar anak-anak mengenai keuangan? Saat anak kamu masih usia dini pun, kamu sudah bisa mengajarkan mereka mengenai keuangan.

Misalnya saat pergi ke mall dan berjalan mengintari  kuliner makanan, anak-anak akan sering sekali berkata: “Ma, mau yang ini dan itu,” sambil menunjukkan barang keinginan mereka.

Dalam hal ini, sebagai orangtua kamu nggak perlu takut menolaknya. Karena nggak semua yang diinginkan harus digapai saat itu. Ajar mereka menunggu dan tidak manja.

Nah, untuk lebih jelas, saya akan tuliskan beberapa tips untuk mengajarkan anak-anak mengenai uang:

1.  Berani mengatakan tidak!


Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, kita harus berani menolak saat anak menginginkan apa yang mereka lihat.

Mereka ngga harus memiliki semua yang mereka lihat. Kita hidup dalam masyarakat yang ingin cepat puas. Ajari anak-anak bagaimana menunggu dan mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan benar.

2.  Ajar anak kamu menunggu dengan cara menunda pembelian

Setelah dia mengatakan hal yang diinginkannya, jangan langsung membelinya. Buat anak kamu menunggu seminggu dan lihatlah apakah mereka masih menginginkan barang tersebut? Ini akan mengajarkan mereka untuk berpikir secara rasional mengenai barang apa yang penting untuk dibeli dan mengajarkan mereka untuk mempertimbangkan segala sesuatu sebelum membelinya.

3. Ajar anak-anak kamu untuk merenungkan dan mempertanyakan kembali pengeluaran mereka.


Yap! Ini sangat baik supaya anak-anak kamu memiliki sikap yang nggak terlalu buru-buru serta segala sesuatu yang ingin dibelinya tepat pada yang dibutuhkan.

Tanya anakmu, apakah dia benar-benar membutuhkan dompet? Atau tiket konser? Atau apakah dia benar-benar butuh baju tersebut saat ini?

Ajak anak kamu untuk menimbang pro dan kontra jika membeli barang-barang yang dipikirkan tersebut, apakah akan sia-sia atau justru dapat digunakan dalam jangka panjang.

4. Sudahkah anak-anak kamu belajar disekolah mengenai aturan uang?


Yap, pendidikan adalah kuncinya. Ada ribuan buku yang bagus dan dapat dipelajari oleh anak kamu tentang apa yang harus dilakukan dengan uang. Alih-alih bermain dengan game, didiklah dia untuk membaca buku dan belajar mengenai uang. Kamu bisa membeli buku “ABC Making Money for Teens” ole Denis Cauvier & Alan Lysaght di toko buku, dna tentu masih banyak buku lainnya.

5.  Jadilah contoh untuk dapat dilihat oleh anak-anakmu.


Ya, sia-sialah apa yang diajarkan jika kamu nggak sesuai dengan hal tersebut. Jadilah contoh dan lakukan terlebih dahulu apa yang kamu sedang ajarkan kepada anak-anakmu masalah keuangan. Ajarlah mereka dengan hidupmu dan cara mu menyikapi keuanganmu secara pribadi bahkan dalam keluarga.

BACA JUGA:Orang Bijak Akan Lakukan Hal Ini Dalam Keuangannya

Bayangan masyarakat mengenai generasi penerus kita adalah sukses dan kerja keras. Nah itu sebabnya kita harus menerapkan kepada mereka bagaimana harus bertanggung  jawab dengan uang seperti diatas, karena nggak hanya kerja keras tetapi juga rasa tanggung jawab.

Sumber : crosswalk.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Tomy Cimot 16 December 2017 - 21:44:40

paus

0 Answer

Muhammad Ammar 16 December 2017 - 11:46:15

Hasil pembongkaran protein di hati yang selalu di .. more..

0 Answer

???? ???? 15 December 2017 - 23:30:36

gimana cara kurangi like

0 Answer


Emille Paulus Lumena 16 December 2017 - 09:08:00
Ya Tuhan Yesus Kristus Tuhan dan Raja diatas segal... more..

Melva Sinurat 15 December 2017 - 18:33:02
Min aku mohon bantuan untuk mendoakan saya supaya ... more..

Fian Oh 15 December 2017 - 14:27:28
Saya seorang pecandu narkoba, dan saat ini hidup s... more..

Siska Agustina Parhusip 14 December 2017 - 09:40:49
Saya minta bantuan doa teman2 semua untuk mendoaka... more..

Banner Mitra Week 2


7335

advertise with us