Kekinian, Tenyata Ini Dampak Rokok Elektrik Bagi Kesehatanmu. Patut Direnungkan !

Health / 24 November 2017

Kalangan Sendiri

Kekinian, Tenyata Ini Dampak Rokok Elektrik Bagi Kesehatanmu. Patut Direnungkan !

Naomii Simbolon Official Writer
3258

Tentu semua kamu sudah tahu persis mengenai rokok elektrik alias e-cig, vape. Rokok elektrik ini tengah nge-trend di kalangan remaja hingga anak-anak muda saat ini. Anggapan bahwa vaping merupakan cara merokok lebih aman dan kekinian dibanding rokok konvensial. Dan  banyak anak-anak muda berpindah dari rokok konvensial ke rokok elektrik.

Rokok elektrik atau biasa disebut dengan vape, merupakan alat merokok yang menggunakan baterai, pemanas corong hirup  yang tentunya mengandung nikotin.

Apakah merokok dengan cara elektrik berbahaya atau justru sebaliknya, aman bagi kesehatan tubuh?

Berikut saya akan menuliskan apa saja yang terkandung didalamnya serta bahaya fatalnya bagi kesehatan kamu:

1.  Nikotin

Kebanyakan dari rokok, jika dihisap akan menimbulkan kecanduan, karena itulah perlu kamu ketahui bahwa rokok konvensional apalagi rokok elektrik memiliki kandungan nikotin kimiawi.

Nikiotin inilah yang akan bikin kamu kecanduan, lebih emosional bahkan depresi.

Dan efek berbahayanya adalah mempengaruhi daya ingat kamu, daya fokus kamu, jantung, bahkan bagi janin dan perkembangan otak anak-anak.

2.  Propilen glikol dan gliserol.

Produk ini biasanya dibikin sebagai bahan utama dalam rokok elektrik selain nikotin. Dan produk ini bisa membusuk saat dipanaskan dan akan berubah menjadi senyawa beracun seperti formaldehida, yaitu bahan kimia yang biasa dipakai dalam bahan bangunan yang dapat menyebabkan kanker

3. Diacetyl

Diacetyl merupakan zat yang digunakan pada rokok elektrik yang mengakibatkan kerusakan permanen pada bronkiolus alias saluran udara terkecil di paru-paru.


Nggak hanya itu, berdasarkan penelitian rokok elektrik ini sangat berbahaya. Ya! Bagi orang yang belum pernah merokok tembakau lalu merokok dengan elektrik akan berisiko dengan penyakit-penyakit diatas enam kali lebih besar dibanding perokok tembakau. Hal ini dikarenakan mereka ingin merasakan efek nikotin yang lebih kuat . Dan kenyataannya, justru lebih banyak anak-anak muda menghisap rokok elektrik dibanding rokok tembakau.

Selain ini, cairan rokok elektrik juga sangat berbahaya karena sewaktu-waktu bisa tertelan tanpa sengaja karena cemas, atau tertarik dengan rasanya yang manis dan berbau buah.

Rokok elektrik merupakan teknologi yang terbilang cukup baru. Dan sampai saat ini, para ahli masih perlu penelitian berlanjut untuk mengkaji dan memantau dampak rokok ini bagi kesehatan.

BACA JUGA : Warna Lidah Ini Membuktikan Penyakitmu

Nah, buat kamu sebagai orang Kristen. Seharusnya kita sudah tahu persis bahwa merokok bukanlah hal yang benar dan menyenangkan hati Tuhan.

Sejak kamu membaca artikel ini, ajaklah teman-temanmu untuk berhenti merokok, apalagi rokok elektrik dan cobalah untuk menahan diri dari godaan rokok demi kesehatan badanmu dan menyenangkan Tuhan.

Sumber : aladokter
Halaman :
1

Ikuti Kami