Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta Destria

Official Writer
1274


Liburan panjang sudah di depan mata, berbagai persiapan sudah dilakukan dari sekarang. Setelah pesan tiket pesawat, kamu juga punya banyak peer supaya pulang-pulang kantong nggak bolong. 

Ini dia cara selamatkan dompet dari bangkrut saat travelling ke luar negeri:

1. Jujur itu yang utama, termasuk jujur terhadap diri sendiri. 

"We buy things we don't need with money we don't have to impress people we don't like." Ingat quotes ini agar kamu nggak bangkrut waktu travelling. Coba deh, kamu pikirkan kembali, jangan-jangan kamu pergi liburan cuma biar bisa eksis bareng teman-teman atau kehabisan bahan postingan di instagram. Kalau memang kamu merasa kamu butuh travelling alias keinginan ini berasal dari hati, maka lanjutkan. Nah kalau cuma ikut-ikutan, lebih baik kita menjadi lebih bijak dengan selektif dalam membelanjakan uang kita.

2. Tentukan prioritas; penting dan lebih penting

Buatlah list ke tempat mana yang akan kamu kunjungi, lakukan riset kira-kira berapa uang yang kamu butuhkan untuk ke tempat tersebut. Lalu tentukan mana kegiatan yang penting dan lebih penting. Dengan mempertimbangkan hal ini, kamu bisa mengurangi aktivitas yang bikin kantong kebobolan. 

3. Disiplin dan sesuai dengan list 

Bilang sama diri sendiri kalau kamu akan disiplin dan berpegang teguh terhadap list yang kamu buat. Termasuk ketika membeli oleh-oleh, coba kamu pikir kembali deh, bukannya tujuan travelling sebenarnya adalah untuk memperkaya pengalaman? 

4. Cari teman diskusi yang nggak gampangan

Nggak gampangan disini maksudnya adalah mereka yang sedikit 'pelit.' Siapa bilang punya teman macam begini tidak ada untungnya? Coba deh kalau sedang travelling dengan budget pas-pasan, kamu mendingan ajak mereka diskusi mengenai rencana yang sudah disusun. Catatlah semua masukannya, kemudian pilih yang membantu, lupakan yang kamu anggap tidak penting. 

5. Gunakan kartu kredit 

Ibarat hendak berperang, kartu kredit adalah senjata yang perlu kamu bawa. Gunakanlah kartu kredit yang bisa diterima di mana saja seperti VISA atau Master Card. Selain lebih irit karena nilai tukar yang baik, pembayaran non tunai jauh lebih aman dan mengurangi potensi tindak kejahatan. Sama halnya seperti senjata, mereka yang menggunakan dengan bijaklah yang tidak akan merugi.

6. Bekali diri sendiri dengan uang yang sudah ditukar 

Sebelum pergi, cobalah untuk menukar uang sesuai dengan negara tujuanmu. Salah satu keuntungan yang bisa didapat adalah banyaknya opsi yang tersedia. Pilihlah perusahaan jasa penukaran yang memiliki rate terbaik dan masuk akal. 

7. Gunakan ATM lokal  

Walaupun dalam satu kali transaksi kita dikenai tarif sekitar 2-5 USD, namun menggunakan ATM lokal jauh lebih irit dibandingan mengunjungi jasa penukaran uang disana.

Wah, dengan begini, kita jadi lebih siap nih merayakan Natal dan tahun baru di negeri tetangga. Gimana ya kira-kira meriahnya Natal di negara orang? 

Sumber : dokudoku.id

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Michael Owen James Mayau 15 December 2017 - 21:10:48

shalom... salam damai bagi kita semua... mohon did.. more..

0 Answer

Michael Owen James Mayau 15 December 2017 - 21:06:49

PRAYER

0 Answer

Yuzin Mbem 15 December 2017 - 08:29:53

Tlong tegaskan lagi apa gunanya BPJS. Ibunda sya s.. more..

1 Answer


Melva Sinurat 15 December 2017 - 18:33:02
Min aku mohon bantuan untuk mendoakan saya supaya ... more..

Fian Oh 15 December 2017 - 14:27:28
Saya seorang pecandu narkoba, dan saat ini hidup s... more..

Siska Agustina Parhusip 14 December 2017 - 09:40:49
Saya minta bantuan doa teman2 semua untuk mendoaka... more..

Lielie Love 13 December 2017 - 21:49:20
Sy ingin punya pasangan hidup yg bukan hanya cinta... more..

Banner Mitra Week 2


7335

advertise with us