Jangan Anggap Sepele! Warna Lidah Bisa Mengungkapkan Beberapa Penyakit Serius
Sumber: www.thegrindstone.com

Health / 22 November 2017

Kalangan Sendiri

Jangan Anggap Sepele! Warna Lidah Bisa Mengungkapkan Beberapa Penyakit Serius

Naomii Simbolon Official Writer
6410

Sering sekali kita melupakan kebersihan lidah saat menggosok gigi.  Bau mulut akan terus  nggak sedap jika kita melupakan kebersihan lidah.

Lidah pada umumnnya berwarna merah muda dengan permukaan penuh dengan bintil-bintil yang disebut dengan papillae.

Namun siapa sangka bahwa perubahan warna dan bentuk lidah merupakan pertanda bahwa kamu sedang mengidap beberapa penyakit. Berikut penjelasannya :

1    Lidah berbintik-bintik putih atau seluruhnya putih


Nah, jika kamu memiliki lidah dengan perubahan demikian, itu artinya lidah kamu sedang diserang infeksi jamur mulut.

Perubahan ini biasanya dialami oleh bayi, lansia, orang-orang yang menggunakan gigi palsu hingga mereka yang pelemahan imun.

Selain itu, lidah berwarna putih biasanya terjadi bagi orang yang mengkomsumsi antibiotik, pasien diabetes, ataupun pasien penyakit jantung juga asma yang menggunakan kortikosteroid nbsp;hirup.

2  Lidah merah atau berbintik kemerahan menyerupai peta dipermukaan lidah


Lidah dengan warna merah dan berbintik kemerahan pertanda bahwa kamu kurang vitamin seperti vitamin B12 dan asam folat.

Nggak hanya itu, ini juga bisa terjadi jika kamu mengalami demam yang sangat tinggi.

Bagi bayi, lidah berwarna merah seperti stroberi merupakan pertanda bahwa bayi sedang mengidap penyakit kawasaki alias demam tinggi dan ini sangat berbahaya. Jika bayimu mengalami demikian, segera bawa ke dokter dan jangan berlama-lama!

3  Lidah hitam dan berbulu


Terdengar aneh dan menyeramkan bukan? Namun jangan kuatir, karena lidah hitam berbulu bukan pertanda buruk. Lidah berbulu biasanya terjadi karena bintil lidah tumbuh terlalu panjang sehingga menjadi tempat berkembangnya bakteri yang akhirnya bikin lidah hitam  dan tampak seperti berbulu. Sebaiknya sikat dan bersihkan secara rutin setiap gosok gigi.

Lidah berbulu akan terjadi bagi orang-orang yang sedang menjalani kemoterapi dan bagi orang yang mengkomsumsi antibiotik.

4  Lidah bergelombang dan mengakibatkan rasa nyeri

Nah, orang yang sering merokok akan mengalami iritasi dan sakit pada lidah. Sehingga merokok merupakan penyebab yang paling umum, lalu diikuti dengan penyakit lainnya seperti kanker mulut, diabetes ataupun anemia.

Disisi lain, lidah bergelombang dan nyeri juga bisa terjadi karena memakan makanan yang terlalu panas  atau cedera karena menggigit lidah secara nggak sadar.

BACA JUGA : Masih Muda Kok Udah Pelupa? Atasi Dengan Cara Sederhana Ini Yuk

Nah setelah membaca artikel ini, coba berkaca dan perhatikan bentuk dan warna lidahmu. Dan untuk menghindari kejadian diatas, sebaiknya bersihkan lidahmu dan gosoklah. Meskipun terlihat datar, lidah memiliki celah-celah kecil yang bisa menjadi tempat bakteri bertumbuh. Oleh itu, sikatlah lidahmu dari depan ke belakang dan kiri ke kanan dan berkumurlah dengan air bersih mulai dari hari ini.

 

Sumber : aladokter
Halaman :
1

Ikuti Kami