Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
1435


Ada banyak dari kita yang kerap menjalankan aktivitas sehari-hari ditemani iringan musik. Misalnya, waktu masuk ke mobil terus mulai menghidupkan radio dan mendengar lagu-lagu yang sama setiap jam. Tiba-tiba, kita tanpa sadar suka menyanyikan lagu tertentu. Lagu itu lalu terus menerus terngiang di kepala. Kalau udah begitu itu tandanya kamu lagi terserang Sindrom Last Song atau Earworm.

Kenapa kita kadang mudah mengingat lagu tertentu di kepala kita? Apa sih yang bikin satu lagu tampak lebih menggema di kepala?

Penelitian dari Universitas Durham menyampaikan kalau ada beberapa lagu yang ternyata memang cenderung mudah lengket di kepala karena lirik yang mudah atau melodinya yang ringan.

“Lagu yang mudah melekat ini memiliki tempo yang sangat senada dengan melodi yang umum dan pengulangan yang tak biasa, seperti yang kita dengar dalam lagu pembuka Smoke On The Water-nya Peep Purple atau Bad Romance-nya Lady Gaga,” ucap Dr. Kelly Jakubowski, penulis utama penelitian dari Departemen Musik di Durham University.

Hasil penelitian ini didapatkan setelah melakukan survey kepada 3000 responden untuk mendengar lagu yang paling sering didengarkan. Lalu mereka kemudian diminta untuk mendengar lagu-lagu populer yang belum pernah mereka dengar sebelumnya. Alhasil, para peneliti menemukan bahwa musik-musik populer dengan genre pop, rock, rap, Rhythm & blues (R & B) jauh lebih mudah melekat di kepala.

“Kami juga tahu bahwa terlepas dari kepopuleran sebuah lagu, ada beberapa fitur melodi yang membuatnya lebih mudah terjebak di kepala,  seperti lagu-lagu pribadi yang sering didengar,” kata Jakubowski.

Baca Juga : Dampak Positif Mendengarkan Musik Sambil Berolahraga

Dia juga menjelaskan kalau setidaknya 90% dari kita mengalami kejadian saat suatu lagu terngiang-ngiang di kepala sekali dalam seminggu. Sebagian diantaranya bisa mengalami lebih dari dua kali. Hal inipun biasanya terjadi saat otak sedang tidak bekerja maksimal atau otak sedang santai. Misalnya, saat sedang mandi, jalan kaki atau bersih-bersih rumah.

Lagu-lagu yang dibuat dengan struktur sederhana dengan pola berirama juga cenderung bisa cepat melekat di dalam kepala. Seperti contoh lagu anak Twinkle Twinkle Little Stars. Lagu lain seperti Moves Like Jagger-nya Maroon 5 yang diawali dengan siulan juga sangat gampang dihafal oleh otak.

Untuk menghilangkan lagu itu dari kepala, sebuah Journal Triangle od Experimental Psychology mengklaim bahwa mengunyah permen karet bisa jadi solusi paling sederhana. Dalam serangkaian uji coba, para peneliti memilih sejumlah peserta untuk mengunyah permen karet. Hasilnya, ada banyak diantara mereka yang tak lagi mudah mengingat lagu tertentu di kepala mereka. Hal ini disebabkan karena mulut kita yang biasanya mengeluarkan vokal dalam bernyanyi sibuk dan rahang pun terus menerus bekerja ketika mengunyah permen karet, sehingga kemampuan mengingat lagu tertentu pun terganggu.

Baca Juga : 4 Jenis Musik yang Harus Anda Dengar Sembari Bekerja

Wah, ternyata permen karet ampuh juga ya! Nah, kamu mungkin punya pengalaman nggak suka sama lagu-lagu tertentu tapi karena suka diputerin sama orang lain lagu itu pun akhirnya terus terngiang-ngiang di kepalamu. Kalau udah ngerasa terganggu dengan itu, kunyah aja permen karet biar lagunya ilang. Gampang kan!

Sumber : Medicaldaily.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Melinda 23 October 2018 - 16:31:33

Doa kesembuhan

0 Answer

Sisca 23 October 2018 - 02:10:19

Utang usaha

0 Answer

Novi Aulia 22 October 2018 - 20:14:04

Tentang arti dan makna Seluruh kekayaan alam dan s.. more..

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week  3


7278

advertise with us