Keren, Tradisi ‘Wajib Berdoa’ Bakal Masuk Pergub Papua Tahun Depan Loh!
Sumber: Benang Merah

Nasional / 20 November 2017

Kalangan Sendiri

Keren, Tradisi ‘Wajib Berdoa’ Bakal Masuk Pergub Papua Tahun Depan Loh!

Lori Official Writer
4197

Pertama kali dalam sejarah Indonesia, Provinsi Papua rencananya bakal mewajibkan tradisi berdoa kepada semua warganya. Hal ini pun sudah dipastikan masuk dalam peraturan gubernur (pergub) pada tahun depan.

Pergub ini berisi kewajiban warga Papua melakukan doa setiap pukul 12.00 WIT. Pemberlakuan ini dibuat untuk merefleksikan bahwa Tanah Papua adalah tanah perjanjian yang sudah dikenal sejak lama.

“Tanah Papua adalah tanah perjanjian dan harus ada refleksi bagi seluruh umat di atas tanah ini, tidak mengenal siapa pun, tidak mengenal agama apapun. Namun semua yang hidup di atas tanah ini dengan tugas dan fungsinya masing-masing berdoa kepada Tuhan yang Maha Kuasa,” ucap Sekda Provinsi Papua TEA Hery Dosinaen, seperti dikutip Beritasatu.com, Minggu (19/11).

Sementara Hery Dosinaen masih belum memastikan berapa lama durasi doa yang akan ditetapkan nantinya. Tapi yang pasti doa ini akan dilakukan mulai tahun depan.

Baca Juga : Gubernur Papua: Papua Tanah Injil, Bukan Tanah Miras!

Menanggapi hal ini, Uskup Jayapura Mgr Leo Laba Ladjar OFM menyampaikan kalau tradisi wajib berdoa ini sebenarnya sudah ada sejak lama di kalangan Gereja Katolik. Biasanya doa di kalangan gereja sudah dimulai sejak pagi hari, dan hal itu sudah berlangsung sejak lama di daerah-daerah terpencil.

“Kalau di kampung-kampung itu lonceng gereja berbunyi, waktu sekitar jam 6 sore, dan seluruh umat yang beraktifitas, baik di kebun bahkan di mana saja, semua umat berhenti dan berdoa, tengah hari juga demikian,” ucap Uskup Leo Laba.

Tapi dia menyampaikan tradisi seperti itu memang sudah lama hilang. Karena itulah rencana untuk menghidupkan kembali tradisi doa itu dipandang baik. Karena dia berpikir doa semacam ini harusnya tidak hanya dilakukan oleh umat beragam lain, tetapi umat Kristen pun bisa mengambil waktu untuk berdoa di jam-jam tertentu.

Baca Juga : Menara Gereja Setinggi 35 Meter Ini Jadi Simbol Agama Jayapura

Keren ya, kalau peraturan ini akhirnya diterapkan maka Papua bisa jadi kota yang membawa gebrakan baru bagi penginjilan di tanah air. 

Sumber : Beritasatu.com/Suara.com
Halaman :
1

Ikuti Kami