Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
1822


Pertama kali dalam sejarah Indonesia, Provinsi Papua rencananya bakal mewajibkan tradisi berdoa kepada semua warganya. Hal ini pun sudah dipastikan masuk dalam peraturan gubernur (pergub) pada tahun depan.

Pergub ini berisi kewajiban warga Papua melakukan doa setiap pukul 12.00 WIT. Pemberlakuan ini dibuat untuk merefleksikan bahwa Tanah Papua adalah tanah perjanjian yang sudah dikenal sejak lama.

“Tanah Papua adalah tanah perjanjian dan harus ada refleksi bagi seluruh umat di atas tanah ini, tidak mengenal siapa pun, tidak mengenal agama apapun. Namun semua yang hidup di atas tanah ini dengan tugas dan fungsinya masing-masing berdoa kepada Tuhan yang Maha Kuasa,” ucap Sekda Provinsi Papua TEA Hery Dosinaen, seperti dikutip Beritasatu.com, Minggu (19/11).

Sementara Hery Dosinaen masih belum memastikan berapa lama durasi doa yang akan ditetapkan nantinya. Tapi yang pasti doa ini akan dilakukan mulai tahun depan.

Baca Juga : Gubernur Papua: Papua Tanah Injil, Bukan Tanah Miras!

Menanggapi hal ini, Uskup Jayapura Mgr Leo Laba Ladjar OFM menyampaikan kalau tradisi wajib berdoa ini sebenarnya sudah ada sejak lama di kalangan Gereja Katolik. Biasanya doa di kalangan gereja sudah dimulai sejak pagi hari, dan hal itu sudah berlangsung sejak lama di daerah-daerah terpencil.

“Kalau di kampung-kampung itu lonceng gereja berbunyi, waktu sekitar jam 6 sore, dan seluruh umat yang beraktifitas, baik di kebun bahkan di mana saja, semua umat berhenti dan berdoa, tengah hari juga demikian,” ucap Uskup Leo Laba.

Tapi dia menyampaikan tradisi seperti itu memang sudah lama hilang. Karena itulah rencana untuk menghidupkan kembali tradisi doa itu dipandang baik. Karena dia berpikir doa semacam ini harusnya tidak hanya dilakukan oleh umat beragam lain, tetapi umat Kristen pun bisa mengambil waktu untuk berdoa di jam-jam tertentu.

Baca Juga : Menara Gereja Setinggi 35 Meter Ini Jadi Simbol Agama Jayapura

Keren ya, kalau peraturan ini akhirnya diterapkan maka Papua bisa jadi kota yang membawa gebrakan baru bagi penginjilan di tanah air. 

Sumber : Beritasatu.com/Suara.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Selfira 14 October 2018 - 17:54:07

Pertemanan

0 Answer

Andayan Lintin 14 October 2018 - 13:23:37

Kenapa ada siang dan malam

1 Answer

ceven lodiko 14 October 2018 - 09:31:31

Gms

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week 2


7270

Konselor