Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
774


Pernah nggak sih merasa ‘nggak’ gajian setiap baru gajian? Baru gajian tapi, 1 minggu berikutnya udah kere dan dompet menipis.

Mungkin kita udah sering mendengar teguran begini : “Makanya kalau belanja itu yang penting-penting aja.” Yap! Sebuah teguran yang sudah berjamur di telinga dan bahkan sampai hari ini nggak pernah kita lakukan dengan  baik. Ini saatnya kita keluar dari zona nyaman kita dan mengambil sebuah keputusan untuk mengatur keuangan dengan bijak dan disiplin. Walaupun itu sulit.

Seperti yang dikatakan di Roma 7:15 : “Sebab apa yang aku perbuat, aku tidak tahu. Karena bukan apa yang aku kehendaki yang aku perbuat, tetapi apa yang aku benci, itulah yang aku perbuat.”

Firman ini akan kamu mengerti setelah kamu merenungi penyesalanmu setelah membeli begitu banyak barang nggak penting dan mengakibatkan dompet menipis.

BACA JUGA ARTIKEL INI : Punya Anak Berkebutuhan Khusus? Terapkan Cara Ini Supaya Nggak Penuh Utang

“Kenapa aku harus beli ini ya? Bulan depan kan masih bisa. Kalau begini, aku harus cari uang kemana? Uangku sudah habis.”

Penyesalan memang selalu datang terakhir! Namun jangan kuatir, karena selalu ada cara untuk memperbaiki. Misalnya :

1   Coba deh kamu kumpulin semua nota belanjamu dan mulai cari tahu arah  uang kamu setiap bulannya. Lacak semua pengeluaran kamu!


Nah, ini akan menjadi latihan yang sangat jitu buat kamu. Ketika kamu tahu arah keuangan kamu dengan detail, kamu akan mulai mengetahui  arah-arah yang salah dan memperbaikinya.  Lumayankan, uang yang salah arah bisa ditabung atau memenuhi kebutuhan yang jauh lebih penting.

Amsal 27:23 “ Kenalilah baik-baik keadaan kambing dombamu, perhatikanlah kawanan hewanmu.”

2  Setelah kamu tahu arus keuangan kamu setiap bulan, mulailah perbaiki dan bikin rencana keuangan.


Kalau kamu sudah menikah, ajaklah suami/istrimu untuk duduk bersama-sama dan membuat rencana anggaran keuangan setiap bulannya. Kamu bisa pakai spreadsheet Excel dan buat rangkuman sederhana menurut kategori pengeluaranmu. Misalnya utang, makan, rumah, wifi, dll.

Dengan bikin anggaran perbulan begini. Percaya deh, keuangan kamu akan tertata dengan baik.

3  Tahan selera untuk ngikuti teman-teman yang lain,dan segera lah non aktifkan serta potong kartu kreditmu.


Salah satu pemicu utang adalah kartu kredit. Apalagi kalau kamu laper mata dan suka belanja.

Mending nunggu 30 hari sampai gajian baru beli barang yang kamu kehendaki. Dari pada beli pakai kartu kredit dan akhirnya malas bayar. Numpuk terus, utang kamu bisa jadi selangit lho!

4  Jangan anggap sepele sama uang 20 ribu atau 50 ribu. Mulai sekarang, nabunglah di celenganmu. Lumayan kan untuk jajan anakmu ?


Kalau kamu nggak ingin berutang bahkan ingin menyelesaikan utang, kamu harus berani menabung.

Memang sih nggak gampang, tapi kamu harus belajar dan komitmen.

Nah, demikian 4 hal sederhana yang kamu harus lakukan demi keuangan kamu jauh lebih baik. Tuhan adalah pemilik segalanya. Bahkan keuangan kamu ada dibawah kendaliNya. Itu sebabnya kamu harus menghargai Dia sebagai sumber keuanganmu dengan mengatur keuanganmu dengan baik.

Sumber : crosswalk.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Tomy Cimot 16 December 2017 - 21:44:40

paus

0 Answer

Muhammad Ammar 16 December 2017 - 11:46:15

Hasil pembongkaran protein di hati yang selalu di .. more..

0 Answer

???? ???? 15 December 2017 - 23:30:36

gimana cara kurangi like

0 Answer


Emille Paulus Lumena 16 December 2017 - 09:08:00
Ya Tuhan Yesus Kristus Tuhan dan Raja diatas segal... more..

Melva Sinurat 15 December 2017 - 18:33:02
Min aku mohon bantuan untuk mendoakan saya supaya ... more..

Fian Oh 15 December 2017 - 14:27:28
Saya seorang pecandu narkoba, dan saat ini hidup s... more..

Siska Agustina Parhusip 14 December 2017 - 09:40:49
Saya minta bantuan doa teman2 semua untuk mendoaka... more..

Banner Mitra Week 2


7335

advertise with us