Jangan Anggap Sepele, Buang Gas Bisa Jadi Gejala Usus Buntu Lho!

Health / 20 November 2017

Kalangan Sendiri

Jangan Anggap Sepele, Buang Gas Bisa Jadi Gejala Usus Buntu Lho!

Naomii Simbolon Official Writer
5642

Semua orang tentu pernah dengar istilah penyakit ‘usus buntu’ bukan?

Penyakit usus buntu adalah penyakit yang terjadi karena adanya peradangan di sebuah usus kecil (dalam bahasa latin appendix vermiformis) yang berbentuk seperti jari yang melekat pada usus besar di sebelah kanan bawah rongga perut. Jika usus buntu dibiarkan terlalu lama, kemungkinan buruk yang terjadi adalah usus akan pecah dan menimbulkan penyakit komplikasi pada perut.

Itu sebabnya, jika kamu mengalami sakit usus buntu. Segeralah ke dokter dan periksa lebih lanjut untuk penanganan lebih awal.

Lalu, apa sih ciri-ciri dan gejala penyakit usus buntu?  Berikut perlu kamu ketahui:

1.  Sakit perut yang tiba-tiba muncul dan hilang secara tidak menentu yang dimulai dari perut tengah atau sekitar pusar hingga ke perut kanan bawah.


Ini adalah gejala yang sangat sering terjadi pada penderita usus buntu. Sakit perut dimulai dari perut tengah sekitar pusar lalu menuju perut sebelah kanan bawah dan akan berhenti pada sebuah titik yang disebut dengan titik McBurney.

Jadi,  jangan anggap sepele jika kamu sering mengalami penyakit perut jenis ini. Segeralah kedokter untuk mengetahui kebenarannya.

2. Perut mual


Gejala usus buntu lainnya adalah perut mual dengan sangat hebat bahkan kamu memiliki rasa ingin muntah yang sangat kuat. Jika sering-sering begini, patut kamu waspadai.

3.  Badan terasa meriang, disertai wajah memerah.


Meriang memang tidak selalu menjadi gejala usus buntu. Namun jika kamu meriang disertai wajah memerah, inilah salah satu tanda-tanda penyakit usus buntu.

Nah, sebaiknya kamu langsung periksa ke dokter dan jangan menganggap enteng.

4.  Diare  atau sembelit yang disebabkan oleh sistem pencernaan yang nggak lancar


Biasanya diare disebabkan karena alergi atau salah komsumsi makanan. Namun bagi penyakit usus buntu, diare dan sembelit terjadi justru karena sistem pencernaan yang nggak lancar alias terhambat.

5.  Jumlah darah putih yang meningkat

Kenaikan jumlah sel darah putih terjadi akibat infeksi yang terjadi dari dalam tubuh yaitu usus buntu. Gejala ini biasanya terjadi pada anak-anak.

BACA JUGA : Jaga Kesehatan Demi Lansia Yang Bugar Dengan Cara Ini

6.  Sering buang gas dan juga perut kembung

Gejala ini mungkin terdengar sangat sepele. Namun jika kamu mengalaminya dan dibarengi dengan sakit perut bagian bawah sebaiknya segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan apakah kamu terkena penyakit usus buntu atau nggak.

Beberapa uraian diatas merupakan ciri-ciri awal dan gejala penyakit usus buntu.  Jika kamu mengalami salah satu diantaranya, segeralah periksakan kedokter, karena lebih baik ditangani lebih awal daripada makin parah.

Semoga artikel ini bermanfaat dan tetaplah sehat!

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami