Dibalik Keindahan Raja Ampat, Deretan Rahasia Ini Perlu Kamu Tahu
Sumber: TribunTravel.com

Entertainment / 17 November 2017

Kalangan Sendiri

Dibalik Keindahan Raja Ampat, Deretan Rahasia Ini Perlu Kamu Tahu

Inta Official Writer
4005

Raja Ampat adalah salah salah satu lokasi wisata yang diburu oleh turis. Nggak heran sih, secara Raja Ampat ini memang menyuguhkan wisata laut yang eksotis bagi para penyelam. Namun dibalik cantiknya Raja Ampat, ada rahasia yang tersembunyi yang patut kalian ketahui. Berikut adalah ulasannya. 

1. Awal mula nama Raja Ampat 

Seperti sebuah tempat pada umumnya, Raja Ampat juga punya cerita. Konon, dulu ada sepasang suami istri yang menemukan 6 butir telur naga, dimana dari 6 butir telur tersebut, menetas 5 diantaranya. Bukannya naga, tetapi telur ini justru menetaskan manusia. 5 manusia ini terdiri dari 4 lelaki dan 1 perempuan. Tragisnya, 1 anak perempuan ini dibunuh oleh 4 anak lelaki yang lain. 4 anak lelaki ini kemudian menjadi raja yang berkuasa atas 4 pulau yang ada di Raja Ampat, yaitu Pulau Waigeo, Misool, Salawati dan Batanta. 

Dari 4 pulau yang ada di atas, ternyata ada total sebanyak 610 pulau yang dimiliki oleh kabupaten ini. Namun, ada 35 pulau saja yang berpenghuni, sementara pulau lainnya belum berpenghuni. Bisa bayangin nggak sih gimana keindahan pulau yang belum terekspos ini?

2. Surga wisata ini justru ditemukan oleh bule berkebangsaan Belanda, Max Ammer. 

Pada tahun 1990, Max Ammer menemukan Raja Ampat yang kemudian memboyong peneliti untuk meneliti Raja Ampat. Ia membawa seorang teman yang merupakan seorang ahli perikanan bernama Gerry Allen. Mereka mendapati bahwa terdapat banyak sekali bangkai pesawat akibat sisa-sisa perang dunia kedua. Mengejutkan, bukan? Ternyata, selain dari kacamata pariwisata, Raja Ampat juga memiliki sisi sejarah yang tidak terduga. 

3. Warga yang sangat ramah 


Rasanya kurang lengkap kalau tidak sekalian membahas penduduk lokal Raja Ampat. Masyarakat sekitar Raja Ampat sangatlah ramah pada setiap tamu yang datang ke pulaunya. Masyarakat sekitar juga memiliki kebiasaan menangkap gurita dengan tangan, alasannya adalah agar kehidupan dalam laut dapat selalu terjaga. 

4. Saking indahnya, ada banyak tokoh dunia yang berkunjung ke Raja Ampat 

Sebut saja bos Google, Sergey Brin yang memilih menghabiskan liburan natalnya di pulau Raja Ampat. Bahkan Joko Widodo selaku presiden kita pun pernah mengunjungi pulau yang indah ini. Tidak perlu menyebutkan berapa banyak travel blogger lokal atau luar yang berkunjung, ya. Karena jumlahnya bisa dipastikan tidak terhitung. 

Baca juga: Liburan ke Malang? Puaskan Perut Dengan Pergi ke 5 Wisata Kuliner Ini, Dijamin Enak Banget

5. Demi menjaga kelestarian alam, Raja Ampat tidak membiarkan sembarang orang berkunjung 

Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Raja Ampat sangatlah terbatas, terutama dalam waktu tertentu. Kecintaan akan lingkungan dari masyarakat sekitar adalah alasannya. Mereka siap melakukan apa saja, termasuk membatasi pengunjung yang hendak mampir kesana.

Pengunjung pulau Raja Ampat kebanyakan adalah turis mancanegara. Tak heran bahwa Raja Ampat dikenal sebagai salah satu dari sepuluh situs diving terbaik di dunia. Bahkan Kabupaten Raja Ampat dikenal sebagai daya alam tropis terkaya di dunia.

Sumber : hipwee.com
Halaman :
1

Ikuti Kami