Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
1994


Apakah kamu termasuk orang yang gampang lupa? Jika iya, apa yang harus kamu lakukan?

Pertama, tama kamu harus tahu dulu bahwa pelupa bisa diakibatkan oleh banyak fakor. Misalnya stress,kurang tidur, atau mungkin asupan makananan yang nggak sehat serta trauma terhadap sesuatu.

Menjadi pelupa di usia dini sering sekali dikaitkan dengan gejala penyakit Alzheimer yang adalah kondisi kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, penurunan kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku pada penderita akibat gangguan di dalam otak yang sifatnya progresif atau perlahan-lahan.

Jangan kuatir, karena menurut Dokter spesialis saraf, Yuda Turana , lupa di usia muda belum tentu indikasi terkena penyakit yang dapat menurunkan memori secara cepat seperti Demenzia Alzheimer.

"Lupa itu belum tentu Alzheimer, bisa juga gangguan memori maupun gangguan atensi," katanya dikutip dari CNN Indonesia.

Gangguan memori dan gangguan atensi dapat terjadi jika otak seseorang memiliki informasi terlalu banyak.

Nah, untuk menghindari dan menyembuhkan penyakit pelupa tersebut, ada beberapa cara yang sangat sederhana dan bisa kamu lakukan sendiri tanpa bantuan dokter:

1. Kepalkan Tangan


Terdengar sangat sederhana bukan?

Yap! Namun perlu kamu ketahui bahwa hasil penelitian Amerika Serikat mengatakan bahwa mengepalkan tangan dapat memperkuat ingatan seseorang.

Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh Dr. Ruth Proper, dimana partisipan diberi bola karet dan diminta untuk meremasnya sekuat mungkin sebelum mengingat 72 kata. Alhasil dalam waktu 20 menit, dia berhasil mengumpulkan banyak kata-kata untuk diingat.

Nggak hanya itu, mengepal tangan secara bersamaan seperti tangan kanan dan kiri, akan jauh lebih baik dan meningkatkan daya ingat.

Menarik ya! Nggak ada salahnya dicoba kok.

2. Main Game atau Olahraga


Buat kamu yang senang dengan game, kamu tentu tahu bahwa banyak game yang bertujuan untuk meningkatkan daya ingat dan mengasah kemampuan otak berpikir, misalnya tebak gambar, acak gambar dan lain sebagainya.

Nggak hanya itu, olahraga seperti jogging, berlari atau nge-gym juga bagus untuk merangsang pertumbuhan otak dan sel saraf untuk bekerja dengan baik sehingga tidak gampang untuk lupa. Coba yuk!

3.  Kunyah Permen Karet Jangan Terlalu Lama


Tahukah kamu kalau kebiasaan mengunyah permen karet terlalu lama akan membuat kemampuan otak menurun saat menyimpan memori jangka pendek. Hal ini sudah di buktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh seorang pakar psikologi dari Cardiff University, Michall Kozlov, yang menemukan fakta bahwa mengunyah permen karet terlalu lama memiliki efek buruk terhadap daya ingat.

Jadi, mulai dari sekarang , sebaiknya kamu harus mengurangi kebiasaan ini.

4.   Komsumsi Makanan Yang Mengandung Omega 3


Dalam sebuah penelitian di Univesity of Pittsburg Us, menemukan bahwa mengkomsumsi omega 3 bagus untuk meningkatkan daya ingat orang dewasa.

Nah kamu bisa mendapatkan Omega 3 di dalam makanan seperti salmon, tuna,kerang, kubis, biji labu dan buah kenari. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkannya dari suplemen instan. Nustrisi ini sangat bermanfaat bagi otak.

( BACA JUGA : Flu Bikin Kesel? Perangi Dengan Cara Ini )

Demikian 4  cara yang patut kamu ketahui demi menghilangkan penyaki pelupa sekian lama.

Nah, itu sebabnya ekarang kamu bisa memulai melatih ingatanmu dengan mencoba mengingat dan melakukan hal-hal yang sudah disampaikan diatas. Semoga berhasil.  

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Melinda 23 October 2018 - 16:31:33

Doa kesembuhan

0 Answer

Sisca 23 October 2018 - 02:10:19

Utang usaha

0 Answer

Novi Aulia 22 October 2018 - 20:14:04

Tentang arti dan makna Seluruh kekayaan alam dan s.. more..

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week  3


7277

advertise with us