Obati Sulit BAB Itu Nggak Cuma Pepaya, 5 Bahan Ini Juga Ampuh, Lho
Sumber: http://www.arwini.com/wp-content/uploads

Health / 12 November 2017

Kalangan Sendiri

Obati Sulit BAB Itu Nggak Cuma Pepaya, 5 Bahan Ini Juga Ampuh, Lho

Inta Official Writer
11063

Sulit buang air besar (BAB) atau sembelit memang nyebelin. Masalahnya, sembelit ini bikin kita serba nggak nyaman. Duduk pun terasa nggak nyaman karena perut membesar. Kalau dibiarin kelamaan, sembelit bisa berdampak buruk untuk kesehatanmu, lho. Bisa beresiko ambeien sampai gangguan usus pencernaan. 

Emang sih, diluaran ada banyak obat yang menyediakan obat untuk sembelit. Tapi nggak tau kenapa, kok rasanya setiap abis minum obat tersebut, perut rasanya terkuras abis yang otomatis bikin lemes tubuh. 

Produk-produk yang ada di dapur juga bisa mencegah terjadinya sembelit, lho. Simak ulasannya dibawah ini, ya. 

1. Salah satu penyebab terjadinya sembelit adalah kurangnya cairan, kamu udah minum berapa gelas hari ini? 

Membiasakan minum air putih setiap sebelum dan bagun tidur minimal 1 gelas dapat memperlancar pencernaan, lho. Pada dasarnya, air putih memang baik untuk tubuh. Jadi, nggak akan ada ruginya sama sekali kok kalau kamu minum air putih banyak-banyak. 

2. Pahitnya luar biasa, tapi khasiatnya nggak bisa dipandang sebelah mata, nih. 

Mengkudu memang dikenal sebagai buah ajaib karena khasiatnya. Salah satunya adalah untuk mengobati sembelit. Untuk mengonsumsi buah mengkudu, kita bisa mengambil 1-2 mengkudu yang sudah masak, lalu cuci bersih. Kemudian parut hingga halus dan beri sedikit garam, peras dengan kain. Mudah sekali, kan? Kalau menurut kamu masih ribet, tinggal di jus aja buah mengkudu, siap deh di sajikan. 

3. Daun bayam nggak cuma bikin kita kuat kayak popeye, tapi bisa juga menjadi solusi kala sembelit datang.

Daun bayam memang punya banyak serat dan gizi. Sayuran yang memiliki kandungan zat besi tinggi ini juga bisa mengatasi kurang darah. Selain itu, asam folat dan oksalatnya dapat membantu mengatasi kolesterol dan asma. Agar bisa mengatasi sembelit, bayam cukup digiling sampai halus, tambahkan air matang dan satu sendok madu. 

4. Biji-bijian itu kaya akan serat, tapi kalau nggak ada, kamu bisa pilih roti gandum 

Roti gandum dipercaya dapat menjaga kinerja usus, sehingga proses pencernaan lancar. Sembelit disebabkan oleh kurangnya serat yang masuk kedalam tubuh, sementara roti gandum sangat kaya akan serat. 

5. Buahnya memang bisa bikin sembelit, tapi daunnya bisa jadi penawar. 

Kalau punya kebiasaan makan jambu biji sampai ke biji-bijinya, mendingan stop, deh. Pasalnya, biji yang ada di jambu biji justru akan bikin kamu sembelit. 

Ibu-ibu pasti udah tau sama ramuan ini, nih. Cukup ambil beberapa lembar daun jambu biji, rebus dan minum air rebusannya. Daun jambu biji juga mengatasi diare kok. 

Mulai sekarang, ayo jaga pola makan kita untuk kehidupan yang lebih baik lagi. Tuhan sudah menyediakan semuanya yang baik buat kita. Kalau sakit sembelit aja bisa diobati dengan cara diatas, kenapa harus pergi ke dokter, kan?

Sumber : hipwee.com
Halaman :
1

Ikuti Kami