Tegas, Paus Fransiskus Perintahkan Larangan Penjualan Rokok di Vatikan Mulai 2018 Nanti
Sumber: CNN.com

Internasional / 10 November 2017

Kalangan Sendiri

Tegas, Paus Fransiskus Perintahkan Larangan Penjualan Rokok di Vatikan Mulai 2018 Nanti

Puji Astuti Official Writer
2428

Masalah rokok telah lama menjadi pro-kontra di berbagai negara, terutama karena dampak buruknya bagi kesehatan. Hal ini juga menjadi perhatian Vatikan, negara kota yang menjadi pusat keagamaan umat Katolik. Walau cukai rokok menjadi salah satu pemasukan bagi negara itu, Paus Fransiskus dengan tegas memerintahkan untuk melarang penjualan rokok di Vatikan mulai 2018 nanti.

"Latar belakangnya jelas, Paus Fransiskus tidak bisa lagi membiarkan praktik yang jelas-jelas merusak kesehatan masyarakat," demikian pernyataan juru bicara Vatikan, Greg Burke, yang dikutip Reuters, Kamis (9/11). 

Salah satu dasar keputusan itu menurut Burke adalah data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang mengungkapkan bahwa rokok menjadi penyebab kematian lebih dari 7 juta orang di seluruh dunia setiap tahunnya. 

Baca juga :

Apakah Merokok Itu Dosa? Ini Kata Alkitab

Nonton Solusi, Pecandu Rokok Dijamah Tuhan

Pacar Perokok Bikin Kesal? Lakukan Langkah Ini Untuk Membantunya Berhenti Merokok

Dengan adanya keputusan ini, maka Vatikan menjadi salah satu dari sangat sedikit negara yang melarang peredaran rokok dinegaranya, sebelumnya pada tahun 2005, Bhutan juga telah melakukan hal yang sama. Walau demikian, Vatikan masih mengijinkan penjualan cerutu ukuran besar karena dianggap asapnya tidak ditelan oleh penggunanya. 

Efek buruk rokok memang tidak langsung terasa atau terlihat, namun dampaknya mematikan dan masih akan terasa hingga 20 tahun ke depan sekalipun sudah berhenti mengkonsumsinya. Data mengungkapkan bahwa rokok menjadi penyebab 20% kematian karena serangan jantung, selain itu juga memicu kanker dan berbagai penyakit pernafasan dan paru-paru. 

Sumber : Detik.com
Halaman :
1

Ikuti Kami