Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
212


Setiap tanggal 10 November Indonesia memperingati HARI PAHLAWAN. Di hari ini, kita mengkhususkannya untuk mengenang kembali perjuangan pahlawan-pahlawan bangsa kita, baik mereka yang berjuang untuk kemerdekaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kemanusiaan dan sebagainya.

Inilah bentuk penghargaan yang bisa diberikan pemerintah atas semua jasa-jasa yang mereka lakukan bagi Indonesia. Nah, tentunya nggak cuma sekadar mengenang atau memperingati. Lewat momen ini kita juga harusnya termotivasi jadi pahlawan masa kini lewat kehidupan sehari-hari.

Pastinya dong kita juga pengen dikenang secara terhormat kayak mereka juga kan? Seenggaknya kita juga pasti pengen nama kita tertulis di antara sederet nama pahlawan yang dikenang itu. Atau paling nggak semasa hidup kita, kita mau dikenal sebagai sosok yang baik dan berguna buat orang lain.

Baca Juga : Hidup Sebagai Pahlawan Iman

Nah,kita-kita anak muda juga bisa banget loh jadi pahlawan-pahlawan masa kini. Bukan berarti kita harus jadi superhero dulu kayak Spiderman atau kayak Batman. Tapi kita juga bisa jadi pahlawan cuman dengan melakukan 5 kebiasaan simple ini.

1. Belajar giat supaya jadi Creator buat bangsa

Hampir semua dari kita pengen supaya hidup kita bisa menginspirasi banyak orang. Kita bahkan punya beberapa tokoh yang sangat menginspirasi hidup kita, sebut aja Nelson Mandela, Mahatma Gandhi, Martin Luther, Soekarno. Atau buat orang Kristen kita biasa suka bilang kalau sang inspirator kita adalah Yesus. Visi hidup yang masing-masing mereka punyalah yang bikin kita termotivasi pengen kayak mereka. Mereka pun dikenang jadi orang-orang yang mengubah suatu bangsa dan bahkan mengubah dunia.

Nah, sebagai generasi muda kita perlu belajar dan menuntaskan pendidikan setinggi mungkin. Dengan itu, kita bisa jadi creator-creator baru yang berguna buat pembangunan bangsa.

2. Punya karakter yang membangun orang lain  

Pernah nggak sih kamu nanya gimana seseorang bisa berdampak buat orang lain? Jawabannya adalah karena mereka menularkan hal-hal positif dan membangun ke orang-orang di sekitarnya. Seorang pahlawan membuat orang-orang merasa percaya diri dan termotivasi untuk meraih mimpi-mimpi mereka.

Pastinya jadi sosok yang dianggap penting itu nggak cuma bisanya kasih motivasi atau dorongan, tapi dia juga tegas dalam mengkritik orang yang salah.

3. Selalu suka menawarkan kebaikan ke orang lain

Sebuah film berjudul Pay It Forward yang diproduksi pada tahun 2000 silam bisa jadi sumber pembelajaran kebaikan. Film ini bicara soal tindakan kebaikan seseorang kepada orang lain. Kita menirunya, misal membantu pendidikan anak yang kurang mampu, bikin aksi sosial untuk orang-orang miskin, menawarkan makanan ke tetangga, menolong seseorang yang kesulitan dana dan sebagainya.

Baca Juga : Inilah Para Pahlawan Iman Saya

4. Memakai bakat diri untuk tujuan yang besar

Pepatah mengatakan ‘kesuksesan itu nggak ditentukan oleh bakat, melainkan kemauan’. Jadi, sebesar dan sebanyak apapun bakat yang kita unya kalau nggak dikembangkan dan diasah bakat itu tetap saja nggak akan bisamenghasilkan sesuatu yang luar biasa.Kita mungkin punya satu atau lebih bakat atau potensi, karena itu jangan pernah mendiamkannya. Sebaliknya, asahlah dan kembangkan bakat itu untuk sebuah tujuan yang mulia. Misalnya, kalau kamu punya suara bagus, pakailah untuk membawa banyak orang bisa merasakan Tuhan saat dalam penyembahan. Atau kalau kamu punya bakat di bidang IT, menulis dan memotivasi, pakailah bakat itu untuk tujuan baik.

5 Memperlakukan orang lain dengan adil sesuai dengan kebenaran

Yesus dalam ke dunia untuk mengasihi semua orang. Bahkan Dia begitu dekat dengan orang-orang yang diasingkan, orang yang hidupnya hancur dan menderita. Itulah sisi keadilan yang Yesus tunjukkan selama Dia bersama-sama dengan manusia di bumi.

Kita sebagai anak muda Kristen, sudah sepantasnya meneladani karakter Yesus ini. Berlaku adil dan menjunjung kebenaran setiap hari adalah bukti kasih dan ketaatan kita kepada Yesus. Mungkin di kehidupan sehari-hari kita bisa membela orang-orang yang diperlakukan nggak adil, sebagai jaksa atau pengacara kita berjuang untuk menolong orang-orang yang nggak bersalah dan banyak contoh sederhana lain yang bisa kita lakukan.

Keren banget dong kalau kita bisa menghidupi kebiasaan ini di kehidupan sehari-hari kita. Mungkin kita nggak sampai mengubahkan sebuah bangsa kayak pahlawan, tapi seenggaknya pola pikir dan tindakan kita akan jadi dampak buat orang-orang di sekitar. Dan di mata Tuhan, kita pantas disebut pahlawan-pahlawan-Nya.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Mikey Oei 20 November 2017 - 21:25:50

Kenapa dalam Mat 27 : 44 tertulis berbeda dengan L.. more..

0 Answer

Tammy Olivia 20 November 2017 - 19:25:33

Sharing testimony

0 Answer

Tammy Olivia 20 November 2017 - 19:25:32

Sharing testimony

0 Answer


Marusaha F S 18 November 2017 - 12:09:03
Minta bantu doa utk pekerjaan, dan agar hutang hut... more..

DEDEN SURYADI 16 November 2017 - 03:02:20
Sya minta dukungan doa untuk bisa memiliki rumah d... more..

Leticia 15 November 2017 - 11:34:48
Teman2 JC tolong doakan saya supaya dapat pekerjaa... more..

REANI 10 November 2017 - 16:22:17
saya minta dukungan doa dari teman teman untuk sao... more..

Banner Mitra Week  3


7334

advertise with us