Perasaan Inilah yang Dirasakan Seorang Ayah Saat Putrinya Menikah
Sumber: A Perfect Blend Entertainment

Parenting / 9 November 2017

Kalangan Sendiri

Perasaan Inilah yang Dirasakan Seorang Ayah Saat Putrinya Menikah

Lori Official Writer
7205

Adalah suatu kebahagiaan yang nggak terkira ketika orangtua menyaksikan anak-anaknya tumbuh dewasa dan menikah. Hal itu semacam pencapaian terbesar orangtua untuk anak-anaknya, khususnya kalau anak gadisnya akan melepas masa lajang.

Di satu sisi hal ini memang cukup membanggakan orangtua, tapi siapa sangka ketika anak perempuannya menikah, para ayah pun memendam suatu perasaan campur aduk di dalam hatinya. Presiden Joko Widodo pun pasti mengalami hal ini saat melepas putri semata wayangnya Kahiyang Ayu menikah dengan Bobby Nasution kemarin.

Baca Juga : ‘Good Girl or Bad Girl’, Pengaruh Ayah Bagi Putrinya

Perasaan inilah yang sebenarnya ayah alami waktu melepas putrinya menikah.

1. Sedih yang berujung melinangkan air mata


Momen paling menyentuh yang terjadi saat pernikahan putri presiden Jokowi kemarin adalah saat prosesi sungkeman yang dilakukan Kahiyang kepada kedua orangtuanya. Di sinilah tampak bagaimana wajah Jokowi terlihat sedih saat merestui putrinya itu untuk menikah. Memang sih Jokowi nggak sampai menitikkan air mata, tapi dari ekspresi wajahnya tampak sekali kalau dia berusaha menahan diri untuk menangis.

Hal ini menunjukkan bahwa seorang ayah masih belum rela melepaskan putrinya. Dia merasa kehilangan karena setelah menikah, dia tak lagi bisa bercengkrama dan punya banyak waktu bersama putrinya.

2. Bangga saat melihat putrinya mengenakan gaun pengantin

Bagi sebagian ayah, mereka akan merasa bangga kalau putrinya akhirnya bisa menempuh kehidupan yang baru seperti perempuan pada umumnya.  Saat putrinya mengenakan gaun pengantin, mereka yakin putrinya sudah siap menjadi wanita dewasa dan mengemban tanggung jawab yang lebih besar.

3. Tak rela karena khawatir sang menantu tak cukup baik untuknya

Ada ayah yang tak senang dengan menantu laki-lakinya. Dia merasa tak rela menyerahkan putri yang selama ini dia jaga dan rawat dengan baik karena takut laki-laki yang akan menjadi suaminya tidak cukup baik.

4. Gugup kalau-kalau sang ayah melakukan kesalahan saat prosesi pernikahan

Selain menahan rasa sedih di dalam hati, seorang ayah juga suka merasa gugup saat harus menghantarkan putrinya sampai ke altar. Dia takut kalau-kalau melakukan kesalahan saat proses pernikahan.

5. Bahagia yang tak terkira karena tanggung jawabnya sudah diambil alih oleh laki-laki lain pilihan putrinya

Perasaan campur aduk memang akan muncul saat seorang ayah menghantar putrinya ke pelaminan. Tapi dibalik rasa sedih, seorang ayah juga merasa bahagia atas pernikahan putrinya. Dia merasa lega karena tanggung jawabnya selama ini sudah diambil alih oleh laki-laki pilihan putrinya.

Baca Juga : Terima Donor Jantung Ayahnya, Pria Ini Antarkan Jane ke Altar

Setiap orangtua pasti akan melewati momen dimana semua anak-anaknya akan menikah, baik laki-laki ataupun perempuan. Wajar saja kalau orangtua akan merasa sedih, bahagia dan bangga. Karena itu, sebelum kamu menikah dan selagi kesempatan masih ada ciptakanlah momen-momen berkesan dan membahagiakan orangtuamu. Berikan waktu luang untuk bisa membangun hubungan yang hangat dan dekat dengan ayah dan ibumu setiap hari. 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami