Wow! Ratusan Pemuda Lintas Agama  Ini Sedang Berdiri dan Berdoa Untuk Persatuan Indonesia

Nasional / 9 November 2017

Kalangan Sendiri

Wow! Ratusan Pemuda Lintas Agama Ini Sedang Berdiri dan Berdoa Untuk Persatuan Indonesia

Naomii Simbolon Official Writer
2673

Senang rasanya jika Indonesia rukun, dan tidak membeda-bedakan agama, ras ataupun suku, karena ini merupakan salah satu dasar dari negara kita ini yaitu Pancasila sila yang ketiga “persatuan Indonesia.”

Nggak hanya itu, ini juga merupakan slogan) dari negara kita yaitu Bhineka Tunggal Ika yang walaupun berbeda tetap bersatu jua.

Kelihatannya generasi bangsa ini sedang mencoba mematahkan perbedaan itu dan menciptakan toleransi antar umat beragama serta berdoa untuk bangsa Indonesia.

Yap! Tepat hari selasa lalu (7/11/17 ), ratusan pemuda Indonesia lintas agama sedang berkumpul dan membuat satu gerakan yaitu GPMKS alias Gerakan Pemuda Membaca Kitab Suci.

Kegiatan ini diikuti oleh 72 pemuda dari 5 agama yang berbeda yaitu Kristen protestant, Kristen Katolik, Islam, Budha dan Hindu serta berasal dari 34 provinsi di Indonesia. Mereka akan berkeliling untuk melintasi 34 provinsi dan membaca kitab suci masing-masing serta berdoa dengan tema “Persatuan Indonesia.”

Staf khusus bidang pemuda Kemenpora, Zainul Munasichin mengatakan bahwa setiap provinsi hanya disinggahi satu titik saja oleh GPMKS, seperti di Sumatera Selatan yaitu di Kabupaten Ogan Ilir.

Adapun tujuan gerakan ini adalah untuk mendeklarasikan rasa persaudaraan dan persatuan antar umat agama seperti yang di katakan Zainul saat memberikan sambutan selasa lalu di Ogan Ilir SumSel, “Deklarasi damai pemuda antar umat beragama merupakan upaya untuk memperkuat rasa persaudaraan, persatuan sesama anak bangsa.”

Kegiatan positif ini patut di acungin jempol dan didukung dengan baik.

Tidak hanya  membuat kita senang, mereka ternyata bahagia mengikuti kegiatan ini .

 “Senanglah berdoa bersama ini merupakan menunjukkan ke-Bhinekaan kita,” ujar Konyen, peserta beragama Budha.

Semoga kegerakan seperti ini nggak hanya sekedar numpang lewat. Kita berdoa supaya pemerintah mendukung penuh kegiatan seperti ini sehingga ke depan generasi Indonesia semakin rukun dalam toleransi antar 

Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami