Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta Destria

Official Writer
309


Pernah nggak sih dengar cerita ibu-ibu yang ngakunya nggak punya uang, tapi tetap bisa upgrade TV baru, kulkas baru, bahkan bisa menyekolahkan anak-anak sampai sarjana? Nah kalo diteliti lebih jauh lagi, ternyata memang ibu-ibu selalu punya jurus jitu supaya keuangan keluarga menjadi stabil. Kita yang masih sendiri perlu banget untuk nyontoh emak-emak ini, nih. Ternyata, jurusnya terletak dari bagaimana  caranya bisa mengelola keuangan di dapur. 

Eits, jangan salah, walaupun belum berumah tangga, kamu juga harus bijak dalam keperluan dapurmu. Selain bisa menjadi lebih hemat, kamu juga jadi punya persiapan untuk masa depan yang lebih mapan.  

Mengatur keuangan dapur itu nggak susah kok, kuncinya adalah kamu harus bijak dalam mengatur keuangan. Dapur disini nggak cuma memenuhi kebutuhan perut juga loh ya, biaya pendidikan, listrik, telepon, sampai biaya kuota bulananmu ini juga mencakup dunia perdapuran ini. 

Langkah-langkah dibawah ini merupakan kunci sukses ibu dalam mengelola keuangan dapurnya.  

1. Tagihan itu yang pertama. Kesejahteraan dunia perdapuran selama sebulan kedepan dimulai dari sini, nih. 


Membayar tagihan adalah wajib. Pada kunci ini, coba kamu catat berapa jumlah uang yang perlu kamu keluarkan setiap bulannya. Dimulai dari listrik, bensin, telepon, kuota internet, angsuran kredit kendaraan, kredit rumah, dan lain sebagainya. Perlu menjadi catatan buat kamu yang memiliki penghasilan tetap, ketika menerima pemasukan kamu harus segera membayarnya tanpa harus menunggu tanggal maksimalnya. Sementara buat kamu yang pemasukannya tidak tetap, kamu bisa memanfaatkan tenggat waktu maksimal pembayaran, asal kamu tahu kalau uangmu akan ada pada masanya jatuh tempo.

2. Menabung dan investasi itu nggak harus nunggu kaya, kok. Nabung pangkal kaya itu masih berlaku. 


Dewasa ini, orang-orang menjadi lebih pintar. Dibandingkan membiarkan uang mengendap di tabungan, lebih baik mulai berinvestasi. Kalau ibu-ibu biasanya berinvestasi pada emas, kamu bisa mulai belajar investasi modal receh. Mulai riset mengenai reksadana, ya. 

Hal ini nggak berarti kamu harus menginvestasikan semua uangmu. Kamu juga harus pintar menyiapkan dana cadangan. Sesuai dengan namanya, dana cadangan ini akan menjadi back up jika terjadi sesuatu yang mendadak dan mendesak. Misalnya untuk biaya ke klinik jika tiba-tiba kamu sakit, servis kendaraan atau hal -hal lain yang sifatnya tidak dapat ditunda. 

3. Belanja memang menyenangkan, jika bijak dalam mengaturnya, masa mapan kamu akan ada di depan mata. 


Biasakan untuk membawa daftar belanja sebelum pergi ke supermarket. Jika tidak, pasti kita cenderung melupakan apa yang sebenarnya penting dan justru membeli hal-hal yang tidak kita butuhkan. Benar, kan? hayo ngaku.. 

Baca Juga: Teruntuk Kamu Yang Boros. 5 Alasan ini Akan Bikin Kamu Hemat dan Semangat Menabung!

Tips dan trik lainnya dirangkum dalam 3 poin berikut ini:

a. Catat keperluan bulanan dengan detail. 

Sebal? Memang sih. Namun hanya dengan cara ini kamu bisa mengendalikan nafsu untuk berbelanja hal-hal yang sebenarnya tidak kamu butuhkan.

b. Namanya juga belanja bulanan, cukup dilakukan sekali dalam sebulan ya. 

Penghematan ini penting. Pusat perbelanjaan harus menjadi tempat yang dihindari buat kita semua. Selain itu, dengan berbelanja sekali sebulan, kita jadi berbelanja dalam jumlah banyak. Semakin banyak, bukannya semakin murah? 

c. Jajan harian juga harus di-rem, jika tidak, semuanya akan menjadi sia-sia. 

Misalnya, uang makan dalam sehari adalah 100rb. Maka belanjalah sesuai atau kurang dengan jumlah uang tersebut. kalau kamu Khilaf dan membelanjakan lebih dari itu, maka kamu harus rela uang jajanmu dikurangi pada hari esoknya.

Tuhan Yesus juga berpesan kepada kita agar menjadi lebih bijak dalam mengelola keuangan kita. Lukas 14:28 dituliskan bahwa “Sebab siapakah diantara kamu yang kalau mau mendirikan sebuah menara tidak duduk dahulu membuat anggaran biayanya, kalau-kalau cukup uangnya untuk menyelesaikan pekerjaan itu?” 

Perencanaan keuangan disebut di dalam alkitab dan merupakan pelayanan yang baik untuk terlepas dari materialisme dan cara untuk melindungi diri dari membuang-buang berkat yang Tuhan percayakan pada kita, sesuai pada 1 Korintus 14:40, “Tetapi segala sesuatu harus berlangsung dengan sopan dan teratur.” 


Sumber : dokudoku.id

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Mikey Oei 20 November 2017 - 21:25:50

Kenapa dalam Mat 27 : 44 tertulis berbeda dengan L.. more..

0 Answer

Zidan 20 November 2017 - 05:55:45

Apa saja yang termasuk perilaku menghardik anak ya.. more..

1 Answer

Trivandi Sipahutar 19 November 2017 - 20:54:10

Doa bagi para remaja yang terlibat sex bebas

1 Answer


Marusaha F S 18 November 2017 - 12:09:03
Minta bantu doa utk pekerjaan, dan agar hutang hut... more..

DEDEN SURYADI 16 November 2017 - 03:02:20
Sya minta dukungan doa untuk bisa memiliki rumah d... more..

Leticia 15 November 2017 - 11:34:48
Teman2 JC tolong doakan saya supaya dapat pekerjaa... more..

REANI 10 November 2017 - 16:22:17
saya minta dukungan doa dari teman teman untuk sao... more..

Banner Mitra Week  3


7333

advertise with us