Teruntuk Kamu Yang Boros. 5 Alasan ini Akan Bikin Kamu Hemat dan Semangat Menabung!

Finance / 6 November 2017

Kalangan Sendiri

Teruntuk Kamu Yang Boros. 5 Alasan ini Akan Bikin Kamu Hemat dan Semangat Menabung!

Naomii Simbolon Official Writer
3855

 

Berapa banyak diantara kamu yang sering terjebak sehingga kehilangan fokus untuk menghemat demi masa depan?

Saya juga demikian. Dulu, saya sering membeli pakaian mahal di mall . Dan memang saya sanggup membelinya karena saya sudah bekerja.

Dan kalau saya melihat sekarang ini, justru pakaian itu menjadi bulan-bulanan di lemari bahkan saya berikan kepada orang lain karena saya nggak lagi menyukainya. Saya tidak menyadari bahwa seharusnya uang itu bisa saya berikan untuk membantu sekolah adik-adikku ataupun menabungnya untuk saya gunakan saat ini.

Mengambil uang tunai terlalu banyak menjadi salah satu pemicu dan godaan untuk belanja, saat kita melihat sesuatu yang menarik, kita akan mengambil uang tersebut dan akan berbelanja. Sampai kapan begitu?

Saya menyarankan bahwa sebaiknya kita menabung dan menghemat untuk masa depan mulai saat ini. Ini beberapa alasan atau target mengapa kita perlu hemat dan menabung :

1. Sebagai Payung di Hari Hujan alias Dana Darurat


Seperti kita ketahui bahwa kita nggak pernah tahu kapan datangnya hujan bukan? Yap, setiap orang memiliki keadaan darurat yang muncul dengan nggak terduga, dan kita perlu mempersiapkan payung alias dana untuk itu.

Bayangkan saja jika tiba-tiba kamu butuh uang untuk biaya berobat orang yang kamu sayangi yang sedang sekarat, atau bagaimana kalau kamu sendiri sedang kecelakaan dan butuh dana cepat?

Nah disinilah dana darurat itu dibutuhkan.

Tentu kamu nggak mau kalau harus kehujanan di tengah jalan bukan? Oleh sebab itu, siapkan payung sebelum hujan!

2.  Hadiah


Ya! Kalau kamu punya pacar, masa sih uang beli hadiah diminta dari orangtua? Seharusnya kan usaha kita sendiri?

Atau hadiah buat suami atau anak diambil dari anggaran rumah tangga, tentu ini semakin nggak baik. Itu sebabnya kita perlu berhemat, sisihkan uang dan perkecil anggaran supaya bisa hemat dan menabung, sehingga bulan Desember ini, kamu nggak perlu repot mikirin uang untuk beli hadiah natal buat orang yang kamu cintai.

3.  Untuk Mobil Berikutnya


Kamu mungkin akan berkata “Naomi, tapi saya sudah punya mobil.”

Yap, itu bagus! Tetapi saya mau katakan bahwa kamu sedang mengendarai sepotong logam ataupun kaleng dan tentu itu nggak akan bertahan dengan lama.

Ketika mobil kamu rusak, kamu nggak perlu pusing untuk mikirin uang beli mobil baru, karena kamu sudah memiliki mobil lain. Dengan kata lain, kamu sudah berinvestasi.

Nggak hanya mobil, kamu juga bisa berinvestasi dengan membeli emas ataupun rumah.

Namun perlu kamu ketahui, bahwa itu semua nggak akan kamu dapatkan kalau kamu nggak hemat dan menabung.

4.  Pensiun


Kita semua tentu tahu bahwa salah satu gunanya menabung adalah untuk biaya pensiun, dan kamu akan berkata “Saya masih muda dan masih lama pensiun.”

Pensiun bukan bicara usia tetapi bicara angka.  Angka berapa yang harus kamu gapai dalam keuanganmu dan investasi apa yang sudah kamu bikin sehingga kamu bisa bersiap meninggalkan kantor segera?

Dan setelah kamu memahami ini, silahkan tanya dirimu sendiri “Berapa banyak uang yang akan kamu tabung setiap bulan untuk bisa sampai disana?.” Hanya kamu yang bisa menjawabnya.

5. Perguruan Tinggi


Rata-rata mahasiswa membutuhkan uang yang banyak untuk menyelesaikan studi mereka di perguruan tinggi.

Kamu perlu merenungkan hal ini dan jagalah dirimu dan masa depan anak-anakmu.

Dengan menabung dari sekarang, kamu tidak perlu lagi merasa stress dengan uang sekolah anak-anakmu dimasa depan.  Tidak perduli kamu masih single atau nggak, setidaknya ini menjadi salah satu alasan terakhir mengapa kamu perlu menabung dan hemat.

Jika tidak, silahkan pertimbangkan 4 alasan lain diatas.

Baca Juga : Bahas Mengenai Uang. Firman Ini Sering Sekali Di Salah Artikan

Demikian 5 alasan yang tepat sehingga kamu perlu menabung dan berhemat sejak dari hari ini. Dengan berhemat, kamu sedang menghargai kerja keras kamu dan menghormati Tuhan sebagai sumber pemberi berkat. 

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
1

Ikuti Kami