Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
1535


Membaca Alkitab secara teratur bisa jadi salah satu faktor yang sangat membantu anak-anak muda menjaga imannya sampai mereka benar-benar tumbuh dewasa. Anak-anak yang suka baca Alkitab juga diindikasikan bermanfaat membuatnya bertumbuh secara rohani.

Alkitab yang kita adalah firman Tuhan bisa membentuk kepribadian seseorang, jika benar-benar dipelajari dengan sungguh-sungguh. Itu sebabnya seseorang yang matang secara rohani biasanya adalah mereka yang suka membaca Alkitab.

Baca Juga : Biar Kelak Dewasa Jadi Orang yang Tepati Janji, Ajarkan Anak Cara Alkitabiah ini!

Untuk itulah penting bagi para orangtua untuk membantu anak-anaknya jatuh cinta membaca Alkitab. Berikut 5 cara sederhana yang bisa dilakukan:

#1 Sampaikan ke anak kalau Tuhan itu berkomunikasi ke kita lewat firman-Nya.

Daud pernah berkata bahwa ‘tertindas itu baik supaya dia bisa belajar tentang ketetapan-ketetapan Allah’ (Mazmur 119: 71). Karena itulah anak-anak muda harus tahu kalau firman Tuhan itu begitu berharga. Bukan berarti secara fisik kita dengan senang hati mau ditindas, tapi hal ini menggambarkan bahwa kita perlu punya rasa haus akan firman Tuhan dengan sepenuh hati dan pikiran.

#2 Berikan pemahaman bahwa Alkitab mengajarkan banyak pengetahuan.

Penting sekali untuk membentuk pemahaman anak-anak kita kalau ‘keseluruhan cerita’ di dalam Alkitab itu bicara tentang pengetahuan. Bukan cuma itu, tapi mereka bisa menyaksikan cara kerja Tuhan yang tak terduga sepanjang waktu, mulai dari penciptaan sampai hari ini.

#3 Biasakan baca Alkitab bersama dalam keluarga.

Mezbah keluarga, dalam istilahnya, penting sekali dibangun di dalam keluarga Kristen. Karena lewat hal inilah orangtua bisa mengajarkan tentang pentingnya Alkitab sebagai penuntun hidup setiap hari.

#4 Belikan anak Alkitab yang unik dan beda supaya anak lebih tertarik membaca.

Ada banyak versi Alkitab yang tersedia di toko buku rohani. Nggak ada salahnya kalau orangtua membelikan satu versi yang unik untuk anak. Makin unik tampilan dan isi Alkitab, anak pasti terdorong untuk membacanya. Misalnya, Alkitab yang dilengkapi dengan gambar-gambar.

#5 Tantang anak menghafalkan satu ayat Alkitab tiap hari.

Kebiasaan ini perlu dipupuk di dalam keluarga. Dengan menantang anak-anak kita menghafal ayat Alkitab setiap hari, kecintaan mereka akan firman Tuhan bisa semakin meningkat. Ayat-ayat hafalan ini pun bukan cuma supaya dihafal luar kepala, tetapi bisa juga berguna untuk memperlegkapi anak akan tantangan yang dihadapinya ke depan. Firman Tuhan ini bisa jadi jalan keluar yang dia ingat ketika menghadapi satu masalah.

Membantu anak-anak kita supaya bisa jatuh cinta membaca Alkitab adalah salah satu investasi terbaik yang bisa kita lakukan. Sama seperti perintah Tuhan kepada bangsa Israel supaya mengajarkan dan memberitahukan perbuatan-perbuatan Tuhan yang ajaib, perintah itupun masih terus berlaku untuk kita sampai hari ini.

“…demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya.” (Yesaya 55: 11)

Sumber : Christiantoday.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Mikey Oei 20 November 2017 - 21:25:50

Kenapa dalam Mat 27 : 44 tertulis berbeda dengan L.. more..

0 Answer

Zidan 20 November 2017 - 05:55:45

Apa saja yang termasuk perilaku menghardik anak ya.. more..

1 Answer

Trivandi Sipahutar 19 November 2017 - 20:54:10

Doa bagi para remaja yang terlibat sex bebas

1 Answer


Marusaha F S 18 November 2017 - 12:09:03
Minta bantu doa utk pekerjaan, dan agar hutang hut... more..

DEDEN SURYADI 16 November 2017 - 03:02:20
Sya minta dukungan doa untuk bisa memiliki rumah d... more..

Leticia 15 November 2017 - 11:34:48
Teman2 JC tolong doakan saya supaya dapat pekerjaa... more..

REANI 10 November 2017 - 16:22:17
saya minta dukungan doa dari teman teman untuk sao... more..

Banner Mitra Week  3


7333

advertise with us