Pacar Perokok Bikin Kesal? Lakukan Langkah Ini Untuk Membantunya Berhenti Merokok

Single / 1 November 2017

Kalangan Sendiri

Pacar Perokok Bikin Kesal? Lakukan Langkah Ini Untuk Membantunya Berhenti Merokok

Naomii Simbolon Official Writer
10802

Apakah merokok itu baik? Ditulisan sebelumnya sudah diberitahukan apa itu merokok menurut Alkitab.

Ya, merokok merupakan tindakan yang nggak memuliakan nama Tuhan.

Lalu gimana kalau kamu sedang menghadapi pacar  atau teman yang perokok. Kamu mungkin ingin supaya dia berhenti karena selain itu nggak baik bagi kesehatannya, merokok juga bikin kamu kesal dengan baunya.

Nah, demikian langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk membantu pasangan kamu berhenti merokok.

Langkah 1

Lakukan penelitian dan siapkan diri kamu dengan fakta tentang bahaya asap rokok bagi kesehatannya bahkan bagi orang lain yang ikut menghirup asap rokoknya. Kalau dia tetap nggak perduli dengan kesehatannya, kamu bisa berikan dia perhatian dengan menunjukkan resiko yang akan dihadapi jika terus menerus merokok.

Langkah 2


Jangan biarkan ini menjadi issu yang diperdebatkan oleh kalian berdua. Kamu nggak akan bisa mempengaruhi dia jika kamu mengeluarkan kata-kata yang menyakitinya. Bicaralah dengannya dengan kasih, ungkapkan kekuatiran kamu dan tunjukkan kalau kamu sedih dengan kecanduannya dan cobalah untuk nggak bikin dia marah.

Langkah 3

Jika dia belum siap untuk berhenti merokok, sarankan dia untuk memulai dengan cara mengurangi jumlah komsumsi rokok dalam sehari.

Langkah 4


Kamu juga bisa membantunya dengan cara mengajak dia untuk menuliskan alasan mengapa dia suka merokok dan manfaat jika dia berhenti merokok. Cara ini akan membantunya untuk menjelaskan motivasinya merokok serta membantu untuk dia memutuskan berhenti merokok.

Langkah 5

Beritahukan padanya bahwa dia bisa berhasil berhenti merokok walaupun dia pernah gagal sebelumnya. Jangan biarkan dia menyerah kepada dirinya sendiri. Terus motivasi dia.

Langkah 6


Bantu dia dengan cara merencanakan bersama tanggal kapan dia harus berhenti merokok. Mungkin pas ulang tahunnya, atau ulang tahun ornagtuanya dan orang yang dikasihinya bahkan bisa jadi berhenti ketika dia diterima kerja disebuah perusahaan. Biarkan dia menyelesaikan dan memuaskan dirinya merokok sebelum akhirnya dia beralih dengan kehidupan sehat tanpa rokok. Bantu dia untuk mengganti rokok itu dengan makanan ringan yang bergizi atau arahkan dia untuk olahraga bahkan kalian bisa mengambil paket gym bersama demi hidup yang jauh lebih sehat.

Langkah 7


Bantu dia untuk menghilangkan kebiasaan merokoknya dengan cara membawanya ke tempat-tempat yang dilarang merokok. Seperti bioskop. Luangkan lebih banyak waktu dengan teman yang bukan perokok.

Langkah 8


Terus dorong dan motivasi dia, biarpun gagal. Bantu dia mencari tahu mengapa dia bisa gagal dan belajar dari proses itu. Dorong dia untuk mencoba lagi dan yakinkan bahwa dia pasti akan berhasil dan sukses. Jangan lupa untuk bertanya bagaimana kamu bisa membantunya untuk berhenti merokok. Jangan berasumsi bahwa kamu memegang jawaban yang paling tepat atas kebutuhannya. Bicaralah padanya!


Baca Juga : Putus Lagi Sama Si Dia? Saatnya Pilih Pasangan Yang Tepat Dengan 2 Alasan Ini

Langkah 9


Jaga semangatnya dengan memuji dan memberinya hadiah saat dia berhasil berhenti dari rokok dengan jangka waktu yang sudah disepakati. Dan biarkan itu terus menerus dilakukan sampai dia terbiasa.

Langkah 10

Hindari kritik. The American Society merekomendasikan untuk kita jangan menghakimi dia, memberi ceramah yang membuat perokok merasa nggak enak terhadap diri mereka sendiri. Mungkin saja pacar atau temanmu memilih merokok karena sebuah alasan supaya dia merasa jauh lebih baik.

Demikian yang bisa kamu lakukan untuk membawa pacar ataupun teman kamu bisa berhenti merokok. Tips terakhir, jalan lupa beritahukan dia kebenaran firman Allah atas apa yang dia lakukan saat ini dan ajaklah teman-temannya baik dalam gereja ataupun diluar gereja untuk mendukungnya berhenti merokok.

Jadilah anak muda yang kudus dengan menjaga diri sesuai dengan firman Allah.

Mazmur 119:9 “Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih ? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu.”

Sumber : livestrong.com
Halaman :
1

Ikuti Kami