Buat Cewek Yang Suka Ngopi, Kamu Harus Tahu Nih Dampak Kafein Bagi Kesehatanmu
Sumber: fizulihuseynov.com

Health / 1 November 2017

Kalangan Sendiri

Buat Cewek Yang Suka Ngopi, Kamu Harus Tahu Nih Dampak Kafein Bagi Kesehatanmu

Naomii Simbolon Official Writer
5266

Kamu mungkin sudah nggak asing lagi dengan manfaat terbaik dari kafein. Yap, kafein bisa bikin kita tetap terjaga dan tetap bangun, kita bisa melewati jam lembur tanpa ngantuk. Itu dia alasannya mengapa ‘The U.S Food and Drug Administration’ melaporkan bahwa 90 persen orang diseluruh dunia mengkomsumsi kafein dari berbagai macam makanan. Dan bahkan di Amerika Serikat, 80 persen orang dewasa makan atau minum produk berkafein setiap hari.

Tapi jika kamu sebagai wanita, secangkir Starbuck favorit akan menjadi sebuah berita buruk bagi kesehatan payudara kamu. Menurut sebuah studi di Duke University, dan juga yang dilansir di Yahoo Beauty, kafein menyebabkan pembuluh darah menjadi melebar, dan pada akhirnya membuat payudara kamu bengkak dan nyeri- seperti yang kamu alami saat PMS.

Bayangkan jika kamu terus-terusan merasa nyeri seperti PMS setiap hari. Sangat tidak menyenangkan bukan? Namun penelitian yang sama menunjukkan bahwa 61 persen wanita yang mengurangi komsumsi kafein merasakan kehilangan nyeri terhadap payudaranya

Baiklah, berikut beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan sebelum mengurangi mengkomsumsi kafein:

Kafein bisa memperberat PMS

Sebuah studi yang dilakukan di Universitas Oregon, menyatakan bahwa komsumsi kopi sangat mempengaruhi PMS. Studi ini menyimpulkan bahwa semakin besar jumlah kopi yang kamu minum, makan semakin buruk gejala yang dialami oleh wanita yang sedang PMS.

Hal itu karena kafein menyebabkan kegelisahan, kecemasan yang menyebabkan stress dan stress bisa bikin PMS kamu semakin berat – menurut womenshealth.gov.

Jadi jika kamu ingin mengurangi gejala PMS kamu yang sakit dan parah, seperti nyeri payudara, disarankan untuk menghindari kafein sebagai gaya hidup.

Kafein bikin penyakit payudara fibrokistik

Payudara fibrokistik adalah sejenis benjolan yang terbentuk dari jaringan dan terasa mirip gumpalan tali yang muncul di payudara.

Benjolan ini sangat normal, namun akan terasa nyeri saat di tekan.

Lalu berapa jumlah kafein yang seharusnya, bagus untuk kesehatan?


Menurut Harvard Medical School, jumlah asupan kafein yang aman per hari adalah 200 – 300 milligram (mg), yaitu sekitar dua cangkir kopi 12 ons. Perlu kamu ketahui bahwa kafein juga bisa ditemui di soda, minuman energy, dan juga coklat).

Jika payudara kamu sensitif terhadap kafein dan kamu mungkin ingin menghilangkan sepenuhnya rasa sakit itu dan menyelamatkan kesehatanmu, California Pacific Medical Center menyarankan untuk berhenti  sama sekali untuk minum kafein selama tiga sampai empat bulan, dan lihat apakah rasa sakitnya membaik. Tapi jika kamu nggak bisa lepas dari kafein, minimal kurangilah asupan kafein hingga 150 miligram perhari, atau sekitar 1 cangkir kopi 12 ons.

Baca Juga : Pingin Liburan Tapi Nggak Mau Sakit Selama Itu? Lakukan 5 Hal Ini Saat Liburan

Kesehatan sangat perlu dijaga, karena jika tubuh kamu lemah maka kamupun tidak akan penuh dengan damai sejahtera untuk melakukan aktivitas.

Tubuhmu adalah bait suci Allah sehingga jaga dan hargailah dengan baik (1 Korintus 6:19).

Sumber : livestrong.com
Halaman :
1

Ikuti Kami