Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
2251


Hari ini, gereja Lutheran atau Protestan merayakan 500 tahun Reformasi Gereja yang digebrak oleh Martin Luther. Inilah momen yang tepat bagi gereja Lutheran untuk membangun kembali hubungan dengan Gereja Katolik Roma.

Pendeta Ryan Mills dari Gereja Trinity Lutheran menyampaikan bahwa perayaan reformasi 500 tahun ini menjadi momen untuk menyatukan Protestan dan Katolik.

Untuk itulah mereka melakukan gebrakan baru tahun ini yaitu dengan mengadakan pertemuan bersama dan mempelajari bersama khotbah Luther. Mereka juga mengucapkan terima kasih atas komunikasi yang sangat terbuka dari pihak Gereja Katolik.

Baca Juga : Sambut Peringatan 500 Tahun Reformasi Protestan, Inilah Sejarah Perjuangan Martin Luther

Bagi umat Katolik, mungkin terdengar lucu sekali saat mereka harus belajar tentang unsur iman yang dicetuskan oleh Luther sejak awal reformasi. Tapi bagi mereka, reformasi Luther sejalan dengan semua pemahaman iman yang diyakini oleh umat Katolik.

Hari ini, Gereja Lutheran dan Katolik tampak sudah bersatu. Meskipun masih tetap ada perbedaan yang begitu kentara terkait prosesi ibadah di dua gereja ini.


Deklarasi Bersama tahun 1999 tentang Doktrin Pembenaran bahkan telah memungkinkan orang-orang Lutheran dan Katolik untuk memahami bahwa ‘pembenaran oleh kasih karunia Allah itu hanya melalui iman kepada Kristus’. Meski hal ini sudah disepakati oleh kedua gereja, tapi tetap saja masih ada perbedaan pendapat soal boleh tidaknya seorang wanita menjadi imam serta aturan hidup tidak menikah dalam Katolik.

Untuk menyatukan kembali pandangan itu, Gereja Trinity Lutheran pun berdoa supaya terjadi kesatuan yang utuh antara Lutheran dan Katolik melalui reformasi 500 tahun ini.

Baca Juga :Rajut Hubungan Katolik dan Lutheran, Martin Luther Jadi Panutan

Upaya untuk mewujudkan persatuan antara Lutheran dan Katolik juga sudah dilakukan oleh pemimpin tetringgi Gereja Katolik Roma, Paus Fransiskus. Ada banyak transformasi yang juga sudah dia lakukan sejak dirinya menjabat sebagai paus. Salah satunya adalah mengijinkan wanita menjadi uskup di paroki Gereja Katolik.


Tentu saja kita juga berharap supaya gereja-gereja Lutheran juga bertindak aktif untuk mewujudkan kesatuan hati dan keyakinan dengan Gereja Katolik.

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Melinda 23 October 2018 - 16:31:33

Doa kesembuhan

0 Answer

Sisca 23 October 2018 - 02:10:19

Utang usaha

0 Answer

Novi Aulia 22 October 2018 - 20:14:04

Tentang arti dan makna Seluruh kekayaan alam dan s.. more..

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week  3


7277

Konselor