Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
588


Kamu yang lagi rencana mau jalan-jalan ke luar negeri untuk pertama kalinya pasti bakal lebih banyak browsing dong ya soal tempat tujuanmu, gimana daerahnya, gimana orang-orangnya, kalau udah sampai di bandara kamu harus baik transport apa ke hotel tempatmu nginep, dan ada bermacam pertanyaan dah yang kamu pikirin.

Apalagi kondisinya, kamu kebetulan masih belum tahu banyak soal tempat itu. Nah, ponsel adalah teman jalan paling praktis yang dibawa di jaman sekarang ini. Ya, pastinya ponselmu kudu terhubung ke internet dong ya.

Supaya lebih mempermudah persiapanmu waktu jalan di negara asing yang sama sekali belum pernah kamu datangi, ada baiknya bikin persiapan ini.

1. Download peta negara tersebut secara offline

Kamu bisa mengandalkan ponselmu untuk menjelajah daerah tempat tujuanmu. Kamu bisa mengundah peta negara itu secara offline. Yah, buat jaga-jaga aja kan biar kamu nggak kesesat sesampai di sana.

Untuk mendownload peta tertentu caranya gampang: Pertama, buka Google Maps mu dan tentukan lokasi peta yang mau disimpan. Lalu klik menu, pilih peta luring, pilih lokasi yang kamu inginkan, lalu download.

Jadi, saat dibutuhkan kamu hanya perlu membuka peta yang sudah kamu download secara offline dengan memilih menu, masuk ke peta luring lalu pilih peta lokasi itu.

2. Pakai geotag secara offline

Kamu nggak bakal bisa menduga kondisi jaringan di suatu tempat. Bisa saja kamu nggak dapet sinyall sama sekali. Sementara di tengah keasyikanmu jalan-jalan, kamu pastinya berkeinginan untuk pamer atau seenggaknya update soal posisimu sekarang.

Nah, kalau kebetulan jaringan sama sekali nggak ada. Nggak perlu khawatir. Itu sebabnya kamu diminta untuk siap sedia melengkapi ponselmu dengan fitur-fitur tertentu yang bisa dipakai dalam segala kondisi. Salah satunya adalah dengan mengandalkan fitur geotag offline di ponselmu. Pastikanlah untuk mengaktifkan kameramu yang secara otomatis bisa melacak lokasi tempat pengambilan gambar dengan GPS.

Berikut cara mengaktifkannya:

Untuk ponsel iPhone

Buka pengaturan, pilih telepon, gulir ke bawah dan pilih PIN SIM. Lalu aktifkan PIN SIM. Pakailah PIN yang mudah diingat ya. Kalau sudah aktif, kamu bisa mengabadikan foto yang kamu mau yang secara otomatis lokasinya akan terdeteksi oleh GPSmu.

Jika sudah selesai kamu bisa mengubah kembali PIN SIM mu. Karena GPS ini akan sangat menggangu kalau nggak segera dinonaktifkan.

Untuk Android

Sayangnya, Android tidak dilengkapi dengan fitur GPS Offline seperti iPhone. Tapi bagi pengguna android tetap bisa memakai aplikasi Geotag yang disediakan di Play Store. Kamu cuma perlu mengdowload aplikasi ini. Kemudian buka, cari lokasi. Ketiklah lokasi tempat kamu mengambil foto. Aplikasi ini akan memunculkan Google Maps guna memudahkan kamu melakukan ping ke lokasi yang tepat dan menyimpan data GPS setelah mengabadikan gambar.

Selain itu, aplikasi Geo Picture Maap juga salah satu pilihan yang baik dipakai saat jalan-jalan.

3. Pastikan ponselmu dilengkapi dengan alat penerjemah

Kalau kamu bepergian ke negara atau tempat yang kebetulan nggak menggunakan bahasa yang kamu tahu, misalnya bahasa Inggris. Kamu hanya perlu mengandalkan ponselmu sebagai penerjemah. Untuk berjaga-jaga, download lah lebih dulu di ponselmu. Lalu cobalah apakah aplikasi itu bisa maksimal membantumu untuk berkomunikasi.

Ada rencana pengen jalan-jalan di akhir tahun ini? Nah, dari sekarang udah bisa siapin semua kebutuhannya dong ya.

Sumber : Cnet.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Sisca 23 October 2018 - 02:10:19

Utang usaha

0 Answer

Novi Aulia 22 October 2018 - 20:14:04

Tentang arti dan makna Seluruh kekayaan alam dan s.. more..

0 Answer

Cherish Anastasia 22 October 2018 - 10:22:06

Selamat pagi, perkenalkan nama saya Sia. Ada bebe.. more..

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week  3


7277

advertise with us